SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#26 05 Jul 2011 22:05

rose
Member
From: Indonesia
Registered: 05 Jul 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

kak aku mau nanya nih,kalau mau masuk HI harus jurusan apa kak yg bagus??ato lbh pas??ips ato ipa??

Offline

#27 17 Aug 2011 14:01

nGhass
Member
From: Indonesia
Registered: 17 Aug 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

Kalo dari jurusan ipa peluang bisa masuk HI gmana ??

Offline

#28 08 Sep 2011 16:39

BabySianty
Member
From: Indonesia
Registered: 08 Sep 2011
Posts: 1
Website

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

Kak, daya tampung ui komunikasi/hi 2012 kira-kira berapa ya?
Apakah benar untuk tahun angkatan 2012 simak UI ditiadakan?

Mohon jawabannya ya kak, thanks

Offline

#29 10 Sep 2011 13:05

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

BabySianty wrote:

Kak, daya tampung ui komunikasi/hi 2012 kira-kira berapa ya?
Apakah benar untuk tahun angkatan 2012 simak UI ditiadakan?

Mohon jawabannya ya kak, thanks

1. Saat pendaftaran mahasiswa baru di buka, nanti akan ditulis daya tampungnya.
2. Belum bisa dipastikan menunggu keputusan Mendiknas.

Offline

#30 10 Sep 2011 13:08

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

rose wrote:

kak aku mau nanya nih,kalau mau masuk HI harus jurusan apa kak yg bagus??ato lbh pas??ips ato ipa??

Tidak ada yang bagus dan jelek. Semua jurusan (dari latar belakang jurusan SMA/SMTA apapun) mempunyai peluang yang sama untuk diterima.

Hub. Internasional lebih banyak ngomongin politik dan sosial kalau mau ambil IPS waktu SMA-nya.

Offline

#31 16 Oct 2011 23:41

Fadel Mohammad
Member
From: Indonesia
Registered: 16 Oct 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

Saya pengen masuk HI nieeh kak tolong kasih Inpo ya kak handshake.gif wasntme.gif

Offline

#32 21 Oct 2011 08:26

haniifa
Member
From: Indonesia
Registered: 21 Oct 2011
Posts: 2

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

ka kalo dari jurusan bahasa masuk HI bisa gak ya?
trus peluangnya besar ga ka?

Offline

#33 21 Oct 2011 09:21

d_she
Member
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 126

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

haniifa
sampai sat ni, HI itu jurusan yg paling favorit di FISIP.
menurut sy c bisa2 aja, krna ga ada syarat khusus dari jurusan apa
peluang itu km sndiri yg menentukan..
kalo berjuang dg giat pasti bisa ko'..
insya Allah ada jalan kalo keinginan km kuat..

semangat berusaha ya..wink.gif

Offline

#34 21 Oct 2011 20:34

earlyna_rachmonandes_94
Member
From: Indonesia
Registered: 21 Oct 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

kakaaaaaaaaaaaaaaaaaaa vokasi itu apa? hhe
sebenernya ada tes lagi ga selain smptn ka?
misalnya snmptn ga lolos trs pake jalur mandiri itu  maksudnya apa?
biayanya akan beda ga si ka?
terus aku bingung bgt, kalo FSIP itu kan IPS aku IPA cuma aku emg lbh prefernya ke IPS, nanti pas tes itu jalur IPA/IPS/IPC?
kalo IPC itu IPSnya kaya gmana aja si ka?
trs kalo aku kan IPA bs ga kalo ambilnya pake jalur IPS?
trs ka ilmu hukum internasional itu masuknya hukum ya?
peminatnya bnyak bgt ya?
tolong dijawab ya ka grin.gif aku soalnya pengen bgt masuk HI utk nyenengin Alm. ayahkuuuu grin.gif thanks before for the answer ya....

Offline

#35 21 Oct 2011 21:23

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

earlyna_rachmonandes_94 wrote:

kakaaaaaaaaaaaaaaaaaaa vokasi itu apa? hhe
sebenernya ada tes lagi ga selain smptn ka?
misalnya snmptn ga lolos trs pake jalur mandiri itu maksudnya apa?
biayanya akan beda ga si ka?
terus aku bingung bgt, kalo FSIP itu kan IPS aku IPA cuma aku emg lbh prefernya ke IPS, nanti pas tes itu jalur IPA/IPS/IPC?
kalo IPC itu IPSnya kaya gmana aja si ka?
trs kalo aku kan IPA bs ga kalo ambilnya pake jalur IPS?
trs ka ilmu hukum internasional itu masuknya hukum ya?
peminatnya bnyak bgt ya?
tolong dijawab ya ka  aku soalnya pengen bgt masuk HI utk nyenengin Alm. ayahkuuuu  thanks before for the answer ya....

1.
Vokasi itu jenjang pendidikan yg mempersiapkan lulusannya memiliki keterampilan dan keahlian yg dibutuhkan di dunia kerja. Berbeda dengan jenjang akademik (S1, S2, S3) yg lebih menekankan ke masalah teoritis. Di Vokasi, sebagian besar kuliahnya banyak praktek (60% praktek dan 40% teori) berbeda dengan sarjana yang hampir 80% teori.

Di UI, Vokasi baru sampai jenjang D3 (3 tahun). Di UI Vokasi merupakan fakultas termuda yang didirikan sejak 2008. Kedepannya, Vokasi UI nantinya mempunyai jenjang pendiidkan D4 (sarjana sains terapan), magister terapan, dan doktor terapan.

2.
Biasanya PTN memiliki jalur masuk sendiri yang diperuntukan bagi mereka yang tidak lolos (gagal/tidak diterima) dalam seleksi SNMPTN. Dengan adanya jalur mandiri tersebut mereka diberi "kesempatan kedua" untuk mencoba kembali. Tiap PTN memiliki kebijakan sendiri mengenai biaya kuliah pada jalur mandiri, kalau di UI, mau dari SNMPTN atau SIMAK (Seleksi Masuk UI), biaya pendidikannya sama saja.

3.
- Program studi di UI terbagi menjadi 2 kelompok yaitu program studi kelompok IPA dan program studi kelompok IPS
- Kelompok ujian tulis ada 3 jenis : kelompok ujian IPA, IPS, dan IPC (Campuran)
- Kalau kamu ambil program studi yang seluruhnya berasal dari kelompok IPA maka kamu ambil kelompok ujian IPA
- Kalau kamu ambil program studi yang seluruhnya berasal dari kelompok IPS maka kamu ambil kelompok ujian IPS
- Kalau kamu ambil program studi yang berasal dari kelompok IPA dan juga berasal dari kelompok IPS, maka kamu ambil kelompok ujian IPC
- Pemilihan kelompok ujian tulis, baik pada SNMPTN atau SIMAK, tidak harus berdasarkan sama dengan jurusan ketika waktu SMA-nya

Contoh : 
- Kamu ingin mengambil prodi Hubungan Internasional dan juga Ilmu Hukum, kedua program studi tersebut berasal dari kelompok IPS, maka kamu mengikuti kelompok ujian tulis IPS
- Teman kamu ingin mengambil prodi Kedokteran dan juga Biologi, kedua program studi tersebut berasal dari kelompok IPA, maka teman kamu mengikuti kelompok ujian tulis IPA
- Ada saudara kamu yang ingin mengambil prodi Ilmu Komputer dan juga Akuntansi. Prodi Ilmu Komputer berasal dari prodi kelompok IPA, sedangkan Akuntansi berasal dari prodi kelompok IPS, maka saudara kamu mengikuti kelompok ujian tuls IPC

4.
Seperti penjelasan diatas, yang ambil IPC sebenarnya "belajar dobel" : sosial juga, sains juga. Tingkat kesulitan sama saja sih antara yg ambil kelompok ujian IPS, dengan yang ambil IPC yang juga dapet ujian IPS.

5.
Hukum internasional salah satu konsentrasi/kekhususan di Ilmu Hukum. Pemilihan konsentrasi/kekhususan kalau tidak salah pada semester 5. Jadi, kamu ambil Ilmu Hukum dulu kemudian nanti di tahun ketiga kamu bisa ambil pemilihan konsetrasi dengan memperhatikan nilai waktu semester 1 - 4 yang berhubungan dengan konsetrasi tersebut (prosesnya hampir sama ketika penjurusan SMA : IPA, IPS, dan Bahasa. Kalau waktu kelas 1-nya bagus di mata pelajaran yg berhubungan dengan IPA, maka bisa ambil IPA).

Ilmu Hukum merupakan  salah satu program studi yang peminatanya sangat banyak (sekitar lebih dari 3000 - 6000 peminat)

Offline

#36 27 Oct 2011 11:51

kunkun
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Oct 2011
Posts: 3

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

buat yang pendaftaran tanggal 10 oktober 2011 sebenarnya untuk jalur apa sih? ada gak sih buat yang paralel lulusan SMA?

Offline

#37 27 Oct 2011 11:59

d_she
Member
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 126

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

kunkun

untuk program S1 paralel sistem informasi(dari lulusan D3), S2, profesi, n S3. SIMAk S1 dari SMA tuk tahun depan, belum ada keputusan kapan tanggal pastinya. kalo sama kyk thn ini, ya kemungkinan bulan mei-juni pendaftarannya.grin.gif

Offline

#38 03 Nov 2011 18:20

Afta
Member
Registered: 03 Nov 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

Ka, saya memiliki cita-cita untuk masuk HI, setelah itu insyaAllah mimpi saya selanjutnya ingin menjadi diplomat. saya masih kelas 10 SMA. dan masih bingung untuk memilih kelas, antara IPS dan IPA. banyak sebagian guru menganjurkan saya masuk ke IPA, tapi berhubung dengan cita-cita saya. saya juga menyenangi pel. IPS. daya uji atau tampung HI lebih cenderung ke kelas IPA atau IPS ya?
terimakasih, Ka.. wink.gif ditunggu jawabannya.

Offline

#39 04 Nov 2011 15:08

irarambu
Member
From: Indonesia
Registered: 04 Nov 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

Ka aku dari jurusan IPA, kira-kira akan berpengaruh ga sama penerimaan di UI? soalnya aku mau masuk jurusan Hubungan Internasional. Thx beforeup2.gif

Offline

#40 04 Nov 2011 20:30

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

@afta
sebenarnya ga masalah kalau kamu SMA-nya jurusan IPA atau IPS, toh yg kamu mau pilih itu HI yg notabennya mempelajari tentang bahasa, budaya, diplomasi, dls.
Yang sulit jika pilihannya FE atau FK.
Bagi anak IPA masuk FE (mungkin) akan 'keteteran' belajarnya.
Begitu juga, anak IPS masuk FK keteteran juga.
Tapi sekali lagi, ga masalah kamu jurusan IPA, IPS, atau Bahasa, YANG PENTING kamu bisa lolos seleksi dan masuk jurusan itu.
@irarambu
ga masalah kamu jurusan IPA. Paling kendalanya saat tes nanti mata pelajaran yg diujikan IPS atau IPC.

Offline

#41 04 Nov 2011 20:31

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

@afta
sebenarnya ga masalah kalau kamu SMA-nya jurusan IPA atau IPS, toh yg kamu mau pilih itu HI yg notabennya mempelajari tentang bahasa, budaya, diplomasi, dls.
Yang sulit jika pilihannya FE atau FK.
Bagi anak IPA masuk FE (mungkin) akan 'keteteran' belajarnya.
Begitu juga, anak IPS masuk FK keteteran juga.
Tapi sekali lagi, ga masalah kamu jurusan IPA, IPS, atau Bahasa, YANG PENTING kamu bisa lolos seleksi dan masuk jurusan itu.
@irarambu
ga masalah kamu jurusan IPA. Paling kendalanya saat tes nanti mata pelajaran yg diujikan IPS atau IPC.

Offline

#42 11 Nov 2011 09:58

dilla
Member
From: Indonesia
Registered: 11 Nov 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

kakalo aku dari smk kira2 bisa ga ya pilih jurusan HI?

Offline

#43 12 Nov 2011 15:25

syavirah
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Nov 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

kak mau tanya
kalo penerimaan HI lewat jalur SNMPTN undangan ada gag kak??grin.gif

Offline

#44 12 Nov 2011 21:11

rinrin
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Nov 2011
Posts: 3
Website

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

assalamu'alaikum kak grin.gif

saya rini

saya sangat pengen banget kuliah di UI

saya masih ragu dalam memilih jurusan bsk. saya mohon saran kakak buat kasih info ttg jurusan apa yang daya tampung nya banyak tapi peminat nya dikit kak.

kalau saya ambil jurusan gizi UI gmna kak?

mohon di balas ya kak grin.gif grin.gif grin.gif

Offline

#45 12 Nov 2011 21:20

tiaraaa
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Nov 2011
Posts: 1

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

kak saya jurusan ipa tapi minat nya sama jurusan PSIKOLOGI sama KOMUNIKASI ? gimana ya kak ?itu bukannya jurusan anak ips ?tapi saya suka sama jurusan itu ,minta sarannya ya hoho thanks smile;-)

Offline

#46 14 Nov 2011 19:09

rinrin
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Nov 2011
Posts: 3
Website

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

kakk???
mohon bantuan nya dong

please sad.gif

Offline

#47 14 Nov 2011 20:12

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

dilla wrote:

kakalo aku dari smk kira2 bisa ga ya pilih jurusan HI?

Bisa. Jika nanti ujian SNMPTN atau SIMAK silahkan pilih kelompok ujian IPS.

rinrin wrote:

assalamu'alaikum kak

saya rini

saya sangat pengen banget kuliah di UI

saya masih ragu dalam memilih jurusan bsk. saya mohon saran kakak buat kasih info ttg jurusan apa yang daya tampung nya banyak tapi peminat nya dikit kak.

kalau saya ambil jurusan gizi UI gmna kak?

mohon di balas ya kak

Wa'alaikum salam

Informasi keketatan dapat dilihat di :http://simak.ui.ac.id/prosedur-pendaftaran/vokasi-s1-reguler-s1-paralel-s1-kls-inter nasional/daftar-program-studi/reguler
(Angka keketatan 2% artinya dari 100 pendaftar diterima hanya 2 orang)

tiaraaa wrote:

kak saya jurusan ipa tapi minat nya sama jurusan PSIKOLOGI sama KOMUNIKASI ? gimana ya kak ?itu bukannya jurusan anak ips ?tapi saya suka sama jurusan itu ,minta sarannya ya hoho thanks grin.gif wink.gif

Ga usah galau tongue.gif
Saya dulu IPA, kuliah di juruan IPS mah udah biasa.
Anak FE hampir 80% mahasiswanya dari background IPS tongue.gif

Prinsipnya kalau kamu suka maka jalani jangan setengah-setengah
Kalau kamu suka jurusan tersebut, ketika ujiannya juga belajarnya jangan setengah-setengah....

Ga usah ambil IPC, pusing2in

Langsung aja ambil IPS, karena ketika ujian masuk, mau IPA, IPS, SMK, Bahasa, lulusan SMA LN, udah ga diliat lagi kamu dari jurusan apa, artinya semua peserta punya peluang yang sama untuk diterima untuk masuk jurusan Komunikasi atau Psikologi...

Yang membedakan adalah nilai ketika ujian masuknya, itulah yang menjadi kriteria seleksi...

Maka dari itu, kalau emang lo bener-bener niat mau masuk Psikologi dan Komunikasi, belajarnya harus TOTAL, siap untuk belajar Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Geografi, ataupun IPS Terpadu! Karena ini udah konsekwensi dari jurusan yang lo pilih!

Strategi belajar juga bisa ikut bimbel, kalaupun ga bimbel, beli buku kumpulan soal-soal, pemantapan materi IPS, banyak banget tuh beredar buku-buku kayak gini di toko buku, pastikan juga buku soalnya yang apdet!

Oke gudluk! grin.gif

Offline

#48 23 Nov 2011 10:35

nokomori
Member
From: Indonesia
Registered: 23 Nov 2011
Posts: 5
Website

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

ka, kalo ikutan SNMPTN undangan jurusan HI tapi dari IPA, kira-kira ada peluang buat keterima gk ya?
soalnya, kata kakak kelas aku yang tahun lalu (skrg semester 1), semua yang keterima SNMPTN undangan tuh anak IPS.apa cuma kebetulan aja?
mohon bantuannya kak...

Offline

#49 08 Jan 2012 18:56

Kevin Reis
Member
From: Surabaya
Registered: 08 Jan 2012
Posts: 3
Website

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

Kk di HI itu ntar kita di ajarin ap aj ? Sistem blajarny gmn ? Jam msuk kuliahnya ? N syarat msuk jrsun HI ap ? Tlong jwab yah kk big_smile thx.

Offline

#50 08 Jan 2012 20:36

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: daya tampung dan peminat jurusan hubungan internasional program vokasi dan S1?

Kevin Reis
1. Apa yang dipelajari? Mata kuliah + Penjelasan MK + staf pengajar. Cek ke : http://www.fisip.ui.ac.id/kurikulum/201 … 2010hi.pdf
2. Maksudnya sistem belajar gimana?
3. Jam kuliah tergantung juga mata kuliah yang kamu ambil dan kelas yang kamu pilih, normal kegiatan belajar-mengajar dimulai jam 8.
4. Lulus SMA/MA/A Level/SMK/Paket C atau sederajat dengan batasan tahun lulus 2012, 2011, dan 2010.
Lulus Seleksi Masuk (SNMPTN Undangan atau SNMPTN Tulis atau SIMAK UI)

Offline

Board footer

Powered by FluxBB