SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 12 Feb 2011 19:12

wafibtf
Member
Registered: 12 Feb 2011
Posts: 1

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

Apakah lulusan SMK bisa masuk UI? Samakah prosedurnya dengan SMA?
Karena kegiatan belajar mengajar yang terdapat di SMK berbeda dengan SMA/MA.
Kalau bisa, jurusan apa saja yang bisa diambil? Apakah harus mengikuti prosedur yang berujung dengan tes soal-soal SMA?

Terima kasih sebelumnya.

Offline

#2 13 Feb 2011 01:04

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

Disarankan untuk lulusan SMK melanjutkan Vokasi sebab kegiatan perkuliahan antara SMK dengan Vokasi tidak terlalu berbeda jauh. Lebih mengutamakan skill, keahlian tertentu dan dengan 60% praktek dan 40% teori menjadikan lulusan Vokasi terserap pada pasar kerja lebih cepat dibandingkan sarjana. Ujian seleksi mengikuti prosedur yang ada di SIMAK. Jadi yang ditest seperti soal-soal SIMAK.

Offline

#3 13 Feb 2011 19:43

AdrianoMinami
Member
Registered: 04 Dec 2010
Posts: 395

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

Bisa saja kok, temen saya ada yang lulusan SMK Akuntansi masuk UI lewat SIMAK, tapi jurusannya Sastra Inggris big_smile

Offline

#4 14 Feb 2011 09:51

puttrifitriani
Member
From: Indonesia
Registered: 03 Jan 2011
Posts: 977

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

AdrianoMinami

up2.gif yang terpenting harus belajar semua pelajaran yang akan diujikan nanti grin.gif

Offline

#5 14 Feb 2011 11:07

rendi_2205
Member
From: Indonesia
Registered: 27 May 2010
Posts: 83

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

boleh banget kok.,. persyaratannya kan harus punya ijazah sma dan sederajat., jadi smk boleh donk.,.
kalo menurut ak, anak smk ngga harus memlih vokasi ajahh., tapi boleh memilih s1 dengan jurusan yg diminati., pasti dengan belajar tekun, semua bisa dijalani dengan baik
up2.gif up2.gif up2.gif up2.gif up2.gif

Offline

#6 14 Feb 2011 13:38

puttrifitriani
Member
From: Indonesia
Registered: 03 Jan 2011
Posts: 977

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

rendi_2205

up2.gif up2.gif up.gif

Offline

#7 31 Mar 2011 10:20

dianMarie
Member
From: Indonesia
Registered: 31 Mar 2011
Posts: 3

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

ka admin mau nanya ni .
aku kan di smk jurusannya desain .
mau nyoba vokasi .
kalo mau masuk vokasi lebih baik ngambil broadcast (penyiaran) atau advertising (periklanan)nya ya ?
terus mata pelajaran yg di tesnya apa aja ?
makasi wink.gif

Offline

#8 31 Mar 2011 10:41

puttrifitriani
Member
From: Indonesia
Registered: 03 Jan 2011
Posts: 977

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

dianMarie

dua-duanya tidak masalah, anda punya kesempatan untuk memilih max 3 jurusan. nati diurut berdasarkan skala prioritas saja ( mana yang paling anda inginkan). materi yang diujikan kemampuan ips dan kemampuan dasar.

Offline

#9 31 Mar 2011 10:46

dianMarie
Member
From: Indonesia
Registered: 31 Mar 2011
Posts: 3

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

kemampuan ipsnya kaya apa aja ka ?
dasarnya match ,indo sm english ya ?
kalo tesnya tgl berapa ka ?

Offline

#10 31 Mar 2011 11:10

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

dianMarie wrote:

kemampuan ipsnya kaya apa aja ka ?
dasarnya match ,indo sm english ya ?
kalo tesnya tgl berapa ka ?

1. Kemampuan IPS : Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan IPS Terpadu
2. Kemampuan Dasar : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar
3. Ujian SIMAK UI tanggal 3 Juli 2011

Offline

#11 03 Apr 2011 11:07

dianMarie
Member
From: Indonesia
Registered: 31 Mar 2011
Posts: 3

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

dudulalalala
thx ka .
oiya ka . ui ada d salemba juga ya ?
kalo di situ sama kaya d depok ga ?

Offline

#12 03 Apr 2011 16:46

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

dianMarie wrote:

thx ka .
oiya ka . ui ada d salemba juga ya ?
kalo di situ sama kaya d depok ga ?

Kampus UI Salemba itu Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Kalau kamu nanti diterima di FK atau FKG di sini tempat kuliah anak FK dan FKG di UI Salemba karena dekat dengan RSCM, Rumah Sakit Pusat Rujukan Nasional yang menjadi tempat "praktek" anak FK dan FKG UI.

Offline

#13 12 May 2011 16:27

phenom940
Member
From: Indonesia
Registered: 12 May 2011
Posts: 4

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

kalo SMK kan beda pelajarannya sama SMA, apakah dalam tes nantinya yg SMK akan disamakan dengan SMA??

Offline

#14 12 May 2011 16:56

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

phenom940 wrote:

kalo SMK kan beda pelajarannya sama SMA, apakah dalam tes nantinya yg SMK akan disamakan dengan SMA??

Iya, SMK akan disamakan dengan pelajaran SMA seperti MAFIA (Matematika, Fisika, Kimia) ataupun JAKEO (Sejarah, Ekonomi, Geografi)

Offline

#15 12 May 2011 18:00

phenom940
Member
From: Indonesia
Registered: 12 May 2011
Posts: 4

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

dudulalalala wrote:

Iya, SMK akan disamakan dengan pelajaran SMA seperti MAFIA (Matematika, Fisika, Kimia) ataupun JAKEO (Sejarah, Ekonomi, Geografi)

brarti gak sesuai dong? SMK menurut saya hanya blajar teori dasar . brarti SMK kemungkinannya(masuk UI) lebih kecil dibanding SMA karena penyamaan pelajaran?

Offline

#16 13 May 2011 08:12

puttrifitriani
Member
From: Indonesia
Registered: 03 Jan 2011
Posts: 977

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

phenom940

materi yang akan diujikan :

kelompok IPA : matematika ipa, biologi, fisika, kimia dan ipa terpadu.
kelompok IPS : ekonomi, sejarah, geografi dan ips terpadu.
kemampuan dasar : matematika dasar, bahasa indonesia, bahasa inggris.

Offline

#17 13 May 2011 23:20

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

phenom940 wrote:

brarti gak sesuai dong? SMK menurut saya hanya blajar teori dasar . brarti SMK kemungkinannya(masuk UI) lebih kecil dibanding SMA karena penyamaan pelajaran?

Perlu effort yang besar untuk dapat diterima, tetapi bukan tidak bisa lulus sama sekali.
Semua punya peluang yang sama, dan keberhasilannya tergantung dari usaha dan doa masing-masing. grin.gif

Offline

#18 14 May 2011 13:06

Rezabusmania
Member
From: Indonesia
Registered: 14 May 2011
Posts: 3

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

tapi tahun sebelumnya mahasiswa/siswi yang dari lulusan SMK ada brapa persen??????

Offline

#19 14 May 2011 22:45

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

Rezabusmania wrote:

tapi tahun sebelumnya mahasiswa/siswi yang dari lulusan SMK ada brapa persen??????

Ada, untuk persentase saya kurang mengetahuinya.

Offline

#20 02 Jun 2011 16:02

ukiy
Member
From: Jakarta Selatan
Registered: 02 Jun 2011
Posts: 3
Website

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

dudulalalala
yoiiii kaka up2.gif

Offline

#21 10 Jun 2011 11:55

nitha22
Member
From: Bekbar
Registered: 10 Jun 2011
Posts: 7

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

udah bikin account untuk daftar simak UI, saya dari SMK, ada masalah pas ngisi formulir pendaftaran, di bagian Pendidikan Terakhir (Jenjang Pendidikan) , kok tidak ada pilihan SMK?, SMK bisa daftar atau tidak?,
help help....
makasih,  thinking.gif

Offline

#22 31 Oct 2011 18:18

khotim
Member
From: surakarta
Registered: 07 Oct 2010
Posts: 12

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

apakah smk juga bisa masuk di fk? saya dengar harus ada link antara sekolah dengan UI untuk dapat masuk di UI, apakah rumor itu benar?

Offline

#23 01 Nov 2011 08:22

d_she
Member
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 126

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

khotim
jalur SNMPTN n SIMAK tertulis itu kan terbuka tuk umum,jd bs2 aja. aq jg dari SMK,alhamdulillah bisa kuliah di Kimia UI lewat tes SNMPTN.

kalo ada kemauan, pasti ada jalan..yang penting jangan pantang menyerah n terus berusaha wink.gif

Offline

#24 01 Nov 2011 15:11

khotim
Member
From: surakarta
Registered: 07 Oct 2010
Posts: 12

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

o ya, kakak dulu smk apa? sekarang di fakultas apa?

Offline

#25 01 Nov 2011 16:25

deandhay
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Jun 2011
Posts: 26
Website

Re: Apakah lulusan SMK bisa masuk UI?

bisa aja kali... sbg contoh saya anak smk di snmptn dapet FKM terus di SIMAK dapet farmasi reguler.... prosedur sama aja.... asal bisa ngkikutin pelajarannya aja....bisa ko

Offline

Board footer

Powered by FluxBB