SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 18 May 2011 13:48

shintanur
Member
From: Indonesia
Registered: 18 May 2011
Posts: 1

Re: passing grade UI

sudah bener belum jurusan yang saya pilih, minta pendapat yaaa
lewat SNMPTN.
1. kesehatan masyarakat
2.ilmu keperawatan

oh yaa minta urutan passing grade kesehatan masyarakat, ilmu keperawatan sama gizi ya?

Offline

#2 19 May 2011 14:13

dwansevilla
Member
From: Indonesia
Registered: 24 Mar 2010
Posts: 33
Website

Re: passing grade UI

sebenarnya yang namanya passing grade itu tidak ada, yang ada hanya keketatan. keketatan itu berdasarkan peminat dalam sebuah program studi...

Offline

#3 21 May 2011 20:02

habibatul
Member
From: Indonesia
Registered: 21 May 2011
Posts: 1
Website

Re: passing grade UI

dwansevilla
masa sih kak??

Offline

#4 21 May 2011 23:33

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: passing grade UI

shintanur wrote:

dwansevilla
masa sih kak??

Secara resmi, UI tidak pernah mempublikasikan hasil nilai peserta kepada umum. Dan ini merupakan rahasia dan hanya petinggi kampus yang mengetahuinya.

Istilah passing grade adalah produk bimbel. Pada kenyatannya, tidak ada standar resmi (dan UI tidak menetapkan batasan nilai tertentu) untuk bisa masuk UI kecuali berdasarkan hasil nilai peserta ketika waktu ujian. Semuanya menggunakan sistem kuota yang artinya berapapun nilai peserta selama daya tampungnya terpenuhi, otomatis akan diterima.

Maka dari itu, jika ingin tau passing grade silahkan hubungi bimbel yang bersangkutan. Karena passing grade datanya diambil berdasarkan hasil nilai kakak-kakak senior kamu yang pernah ikut bimbel di situ, kemudian diterima. Lalu dirata-ratakan. Maka terciptalah suatu passing grade.

Offline

#5 22 May 2011 00:53

pranataamelia
Member
Registered: 18 Oct 2010
Posts: 7

Re: passing grade UI

jadi seandainya saja, saya ambil jurusan komunikasi, kemudian akutansi, adakah kemungkinan , komunikasi ditolak, tapi akutansi diterima ( setelah tau bahwa akutansi memiliki passgrade yg lbh tggi ) ?

Offline

#6 22 May 2011 15:55

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: passing grade UI

pranataamelia wrote:

jadi seandainya saja, saya ambil jurusan komunikasi, kemudian akutansi, adakah kemungkinan , komunikasi ditolak, tapi akutansi diterima ( setelah tau bahwa akutansi memiliki passgrade yg lbh tggi ) ?

Iya, bisa saja seperti itu. grin.gif

Offline

#7 15 Sep 2011 21:47

desca
Member
From: Indonesia
Registered: 15 Sep 2011
Posts: 42
Website

Re: passing grade UI

Assalamualaikum wr.wb
saya desca olympia citra dari palembang grin.gif

saat ini saya masih berada di bangku kelas 3 SMA, sumpah demi apapun saya bingung sekali memilih dan memilah jurusan.
saya lebih cenderung minat pada dunia kesehatan (dokter, farmasi, kesehatan masyarakat, dll) + Hubungan internasional.

tolong beri saran dan tipsnya dong cara menentukan / memilih jurusan agar nantinya saya tidak menyesal di kemudian hari ?
atas jawabannya saya ucapkan terima kasih grin.gif

Offline

#8 16 Sep 2011 08:17

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: passing grade UI

desca wrote:

Assalamualaikum wr.wb
saya desca olympia citra dari palembang 

saat ini saya masih berada di bangku kelas 3 SMA, sumpah demi apapun saya bingung sekali memilih dan memilah jurusan.
saya lebih cenderung minat pada dunia kesehatan (dokter, farmasi, kesehatan masyarakat, dll) + Hubungan internasional.

tolong beri saran dan tipsnya dong cara menentukan / memilih jurusan agar nantinya saya tidak menyesal di kemudian hari ?
atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

Saya sarankan kamu ikut tes minat dan bakat. Beberapa tes minat dan bakat yang bisa kamu ikuti diantaranya tes minat dan bakat yang diselenggarakan oleh Lembaga Psikologi Terapan UI. Informasi bisa dilihat : http://www.lptui.com/layan.php?fl3nc=1& … 9udGFpbmVy   PTY1

Kontak LPTUI bidang Konsultasi Pendidikan
Telepon : 021 - 314 5078 ; 021 – 390 7408 ; 021 – 390 8995 (ekstensi 15) atau kirimkan pertanyaan Anda tentang layanan Konsultasi Edukasi via SMS 0888 162 7908

-----

Selain itu, kamu bisa ikutan acara Bedah Kampus UI yang dilaksanakan Desember, agar mengetahui secara lebih dalam jurusan yang kamu minati. Info tiket : http://bedahkampusui2011.com

Offline

#9 16 Sep 2011 18:54

desca
Member
From: Indonesia
Registered: 15 Sep 2011
Posts: 42
Website

Re: passing grade UI

dudulalalala
terima kasih atas info dan sarannya grin.gif
namun saya sekarang berada di Palembang (jauh dari jakarta).
bagaimana bisa saya hadir dalam acara bedah kampus UI tersebut ?

Pada semester 2 nantikan akan ada pendaftaran universitas melalui jalur undangan.
Insya Allah dengan keyakinan hati desca termasuk ke daftar siswa yang bs mengikuti jalur itu.
ada 3 jurusan yang menjadi pilihan di UI, yaitu :
1. Hubungan internasional
2. Psikolog
3. Farmasi

kira-kira susunannya udah benar atau belum kak ? 

Sistem pemilihan jalur undangan itu, dilihat hanya berdasarkan pilihan pertama desca atau dilihat dari passing grade jurusan mana (diantara 3  itu) yang sesuai dengan desca ?

sebelumnya maaf ya kak, desca banyak tanya, habisnya bingung nak bertanya dengan siapa lagi.
grin.gif
atas jawabannya, desca ucapkan terima kasih grin.gif

Offline

#10 17 Sep 2011 21:19

Dian Anggrayuni
Member
Registered: 17 Sep 2011
Posts: 1

Re: passing grade UI

Assalamualaykum. Saya Dian,sekarang duduk di kelas 12 dan itu artinya saya sudah harus tau tujuan pendidikan saya selanjutnya. Butuh sedikit saran dan info nih kak
Saya anak IPA, tapi saya berminat pd jurusan yg berbau ilmu ekonomi dan matematika, seperti akuntansi, dan sangat berminat di UI, apalagi masuk melalui jalur SNMPTN Undangan. Karena jika saya harus mengikuti jalur tertulis, saya harus mengikuti program IPC,bukan?

Pilihan saya :
1. Akuntansi
2. FMIPA (Matematika)
3. Kedokteran Gigi

apa itu urutannya telah benar? Jika dilihat dari persaingan dengan anak-anak IPS, bagaimana peluan saya untuk lulus akuntansi? Belum lagi sesama anak IPA yang berminat pd jurusan yg sama dan nilainya di atas saya. Saya sedikit ragu dalam hal peluang dan persaingan.

Mohon dijawab ya kak.
Terimakasih sebelumnya.
wassalam.

Offline

#11 18 Sep 2011 08:30

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: passing grade UI

@dian
Yupp, klo kamu ikut jalur tes maka tesnya harus IPC.
Urutan pilihan kamu yg benar berdasarkan keketatan:
1.FKG
2.Akuntansi
3.FMIPA (matematika)
..
Tidak bermaksud menjatuhkan, saran saya lebih baik kamu pilih jurusan berdasarkan jurusan kamu di SMA aja. Klo kamu IPA pilihlah yg IPA semua, percaya deh akan sangat sulit anak IPA mendapatkan jurusan IPS di SNMPTN Undangan. Meskipun nilai rapor kamu tinggi & prestasi kamu baik. Karena jika seperti itu, kamu bisa diterima jika & hanya jika pesaing2 kamu nilainya amat minim.
Otomatis kamu yg di SMA tidak ada dasar IPS nya akan kalah dgn mereka yg SMA nya jurusan IPS.
..
Jurusan akuntansi itu jurusan yg "high" alias tinggi & banyak peminatnya di UI.
Tapi jgn khawatir, di UI kecenderungannya justru anak IPA lah yg mendominasi bangku di jurusan tsb. Mereka rata2 lolos lewat jalur tes (SIMAK & SNMPTN tulis).
..
Kalau pilih FKG di jalur undangan, tepat! Hanya saja FKG juga termasuk jurusan 'High'. Kamu harus punya nilai rata2 rapor di atas 8,5 atau minimal di atas rata2 kelas di seluruh semester (dari kelas X-XII).
..
Pilihan kamu yg peluangnya agak tinggi pastinya FMIPA (matematika) karena kamu jg jurusannya IPA. Di SNMPTN Undangan kuotanya sangat tinggi (60%) dari total bangku yg tersedia.
..
Semoga berjakun!

Offline

#12 01 Oct 2011 18:05

gynalifia
Member
From: Indonesia
Registered: 01 Oct 2011
Posts: 1

Re: passing grade UI

saya baca di satu sumber, kalau anak IPA ambil jurusan IPS di SNMPTN Undangan itu tidak jadi masalah.
tapi di sumber lain mengatakan kalau anak IPA yang ambil jurusan IPS di SNMPTN Undangan kesempatannya kecil sekali untuk diterima.
jadi yang benar yang mana ya? saya butuh info pasti soalnya saya salah satu anak IPA yang ingin ambil jurusan IPS di SNMPTN Undangan.
terima kasih grin.gif

Offline

#13 01 Oct 2011 20:50

zafirafir
Member
Registered: 30 Sep 2011
Posts: 2

Re: passing grade UI

kak, mau tanya dong, di UI utk S1 nya ada jurusan Psikologi Klinis ga? kayak yg di Unpad?

Offline

#14 03 Oct 2011 11:13

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: passing grade UI

gynalifia
dua2nya bener.
..
Di SNMPTN (undangan & tulis) atau pun SIMAK UI, memang boleh memilih program studi yg berbeda dgn jurusan SMA-nya, tapi kalau dalam konteks SNMPTN undangan, memang lebih sulit mendapatkan program studi yg berbeda tsb. logikanya, kalau kita tidak pernah belajar akuntansi, lalu kita memilih jurusan akuntansi pada saat kuliah, tentu akan ketinggalan nanti pada kuliahnya alias "keteteran".
..
dalam proses penyeleksian (SNMPTN Undangan), tentu nilai yg diutamakan adalah nilai mata pelajaran yg sesuai dengan dgn jurusan yg dipilih.
singkatnya, jurusan IPS lebih prioritas dpt program studi IPS, IPA->IPA.
..
TAPI, kabar baiknya adalah fakta membuktikan bahwa prodi IPS di UI justru didominasi oleh mahasiswa dari jurusan IPA, namun tidak demikian dengan program studi IPA, mereka (anak2 IPA) tetap mendominasi di prodi tsb.
..
tidak ada yg mustahil, dicoba saja, semoga beruntung!!!
..
zafirafir
di UI? ada donggrin.gif
..
psikologi klinis masuk dalam kuliah Peminatan. nanti klo kamu sudah kuliah, kamu akan tahu apa itu mata kuliah peminatan.

Offline

#15 04 Oct 2011 20:05

desca
Member
From: Indonesia
Registered: 15 Sep 2011
Posts: 42
Website

Re: passing grade UI

adie
Assalamualaikum wr.wb
menambahi pertanyaan dari @zafirafir grin.gif

seperti di UNPAD, itu ada jurusan psikologi IPA (artinya jurusan tsb emang diperuntukan untuk ank yang jurusannya IPA). Bagaimana dengan di UI ?
khusus jurusan psikologi, apakah ank IPA bisa masuk fakultas tersebut melalui jalur undangan ?

misal : Ada 2 ank yang keduanya berbeda jurusan (yang 1 nya IPA dan yang 1 nya IPS).
Dari segi nilai, emang lebih besar ank IPA dari pada ank IPS), nah... dalam konteks ini ank yang mana yang sekiranya bs diterima di UI dalam jalur undangan ?

Desca niat banget buat masuk UI, disini desca yakin bakalan dapat jalur undangan.
fakultas yang sekiranya desca minati meliputi :
1. Psikolog
2. Farmasi
3. Ilmu gizi

dilihat dari segi fakultas tersebut, kira" fakultas apa yang peluangnya lebih besar (dari pengalaman dan pemantauan kk selama ini ) baik dari segi peluang untuk masuk fakultas tsb di UI maupun peluang dlm hal lapangan pekerjaannya ?
atas jawaban kk, desca ucapkan terima kasih grin.gif

Offline

#16 04 Oct 2011 21:54

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: passing grade UI

@desca
di UI ada Psikologi IPA?
Sy kurang tahu ya, sepertinya tidak ada, tapi kalau pertanyaannya anak IPA bisa masuk Fakultas Psikologi?
Bisa banget.
..
bagus jika kmu yakin lolos, itu udah bekal masuk UI.
..
Menyambung pertanyaanmu, jika ada peserta bersaing dgn peserta lain dlm memilih program studi yg sama yg jurusan SMA nya berbeda?
Seperti yg telah sy posting sebelumnya, sepertinya pilihan program studi yg sama dgn jurusan SMA lebih prioritas, tapi ini sifatnya tidak pasti, artinya tetap ada kemungkinan anak dari jurusan IPA dpt prodi IPS atau sebaliknya.
..
Pilihan jurusan kmu levelnya sama semua, jadi semua kemungkinannya diterimanya sama.

Offline

#17 05 Oct 2011 10:09

mejikuhibiniu
Member
Registered: 05 Oct 2011
Posts: 2

Re: passing grade UI

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Saya mau tanya buat FK UI passing gradenya berapa ya untuk 2012?

Terima kasihgrin.gif

Offline

#18 05 Oct 2011 11:17

sherly dien
Member
From: Jakarta
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 149

Re: passing grade UI

mejikuhibiniu
kalo simak ui tidak pake passing grade, tetapi berdasarkan keketatan yang bisa dilihat setelah pendaftaran. bgtu wink.gif

Offline

#19 07 Oct 2011 12:23

iefni
Member
From: Indonesia
Registered: 07 Oct 2011
Posts: 5

Re: passing grade UI

asslkm..
mau nanya y kak, kalau biaya msuk fkultas ekonomi t brapa sh kak????/
jurusan ekonomi t sulit gak kak..
maksih y kak

Offline

#20 07 Oct 2011 13:36

sherly dien
Member
From: Jakarta
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 149

Re: passing grade UI

walaikumsalam. jurusan2 di fakultas ekonomi kebetulan biaya pendidikanya sama. yaitu prodi ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi. biaya pendiidikan untuk  semester pertama
BOP = 5000000 DFKM= 100000 DPP = 600000 UP= 10000000
total = 15700000. namun untuk smster 2 dan selanjutnya biaya pendidikan persemester hanya BOP, DFKM dan DPP saja, tanpa UP.

mengenai sulit atau tidak, tergantung dengan masing2 individu. smangat !!

Offline

#21 10 Oct 2011 01:53

emzeth
Member
From: Indonesia
Registered: 31 Dec 2010
Posts: 17
Website

Re: passing grade UI

di halaman ini dibahas kontroversi mengenai adanya Passing Grade SNMPTN dan dilematikanya.

terimakasih.

Offline

#22 10 Oct 2011 14:52

chasersky60
Member
From: Indonesia
Registered: 10 Oct 2011
Posts: 3

Re: passing grade UI

kak mau tanya deh, aku kan dari smk, kalo berminat masuk UI di arsitektur'n, ada yang bilang itu peluangnya kecil bgt ya kak ? :-(
dijawab ya kak..

Offline

#23 10 Oct 2011 22:30

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: passing grade UI

chasersky60 wrote:

kak mau tanya deh, aku kan dari smk, kalo berminat masuk UI di arsitektur'n, ada yang bilang itu peluangnya kecil bgt ya kak ? sad.gif
dijawab ya kak..

Sebenarnya tergantung dari hasil nilai ujian masuknya.
Kalau ada anak SMK nilai ujian bisa lebih tinggi dari anak SMA, kenapa harus ditolak? Toh, artinya orang tersebut (lulusan SMK) mampu bersaing dengan lulusan SMA.

Kesempatan sebenarnya sama antara yang lulus SMA dan SMK. Cuman yang membedakan usaha, semangat, dan doanya.

Offline

#24 11 Oct 2011 10:11

iefni
Member
From: Indonesia
Registered: 07 Oct 2011
Posts: 5

Re: passing grade UI

kak klu kesehatan msyarakat, apa j sh prsyaratannya??

Offline

#25 11 Oct 2011 10:18

sherly dien
Member
From: Jakarta
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 149

Re: passing grade UI

iefni

persyratan untuk S1 reguler Kesehatan masyarakat mendaftar melalui SIMAK :
1. bebas buta warna
2. lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat 2009, 2010, 2011

bisa dilihat di http://simak.ui.ac.id/prosedur-pendafta … kls-intern asional/s1-reguler

Offline

Board footer

Powered by FluxBB