SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 27 Jan 2012 22:21

C M L
Member
From: Manado
Registered: 23 Jan 2012
Posts: 3

Re: perbedaan paralel dan reguler

ka, denger2 anak paralel dibedakan dengan anak reguler. bahkan ijazahnya pun beda.. bener gak, kak? saya baca di anakui.comgrin.gif mohon dijawab yah, kakgrin.gif makasi

Offline

#2 03 Feb 2012 17:01

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: perbedaan paralel dan reguler

C M L
Ijasah antara reguler dan paralel tidak ada perbedaan sama sekali. Buktinya ketika lulus titel yang di dapat adalah sama antara yang lulus S1 Akuntansi Reguler dengan S1 Akuntansi Paralel yaitu S.E (Sarjana Ekonomi),

BUKAN S.E.Reg (Sarjana Ekonomi Reguler) apalagi S.E.Par (Sarjana Ekonomi Paralel). -_-

Atau jangan-jangan nanti di ketika lulus S1 Reguler juga dibeda-bedain lagi ijasahnya berdasarkan jalur masuknya :
- Sarjana Ekonomi Reguler SIMAK, Gelar : S.E.Reg.SIMAK
- Sarjana Ekonomi Reguler SNMPTN Tulis, Gelar : S.E.Reg.SNMPTN.TuL
- Sarjana Ekonomi Reguler SNMPTN Undangan, Gelar : S.E.Reg.SNMPTN.Und

Yah ga mungkin lah kayak gitu..... XD

----

Di dunia pekerjaan yang terpenting adalah kemampuan dan kompetensi, nah ijasah itu hanya selembar kertas biasa. Selebihnya, kamunya yang berperan untuk sukses atau tidaknya di dunia karir.

Offline

#3 11 Feb 2012 19:39

Putri aishah
Member
From: Indonesia
Registered: 11 Feb 2012
Posts: 2

Re: perbedaan paralel dan reguler

kak, apa benar kalo misalkan saya mendaftar paralel ui dan kemudian lulus..bisa dipastikan saya tidak akan lulus snmptn undangan untuk pil.pertama ui karena dianggap saya sudah punya kursi di ui meskipun paralel ?

Offline

#4 12 Feb 2012 21:46

Shinichi Idan
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Feb 2012
Posts: 5

Re: perbedaan paralel dan reguler

Assalamualaikum wr wb
Saya mau nanya tentang program paralel. Di dalam program studi ekstensi sistem informasi di situ di terangkan bahwa mahasiswa yang mendaftar di program tersebut harus mempunyai pengalaman kerja 2 tahun ? tetapi bagi yang tidak mempunyai pengalaman kerja, tetap bisa mendaftar, tapi apabila diterima kita akan di masukkan ke dalam program paralel ?bener ga si ? confused.gif
trus apa perbedan di terima di reguler dan paralel ? denger" klo program paralel kita ngulang lagi dari semster pertama ? tp klo reguler nglanjutin dari prgram D3 sebelumnya ? mohon penjelasany ? ane msh bingung soalnya confused.gif
Terima Kasih

Offline

#5 12 Feb 2012 22:39

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: perbedaan paralel dan reguler

Shinichi Idan
Wa'alaikum salam,
- Program ektensi untuk Sistem Informasi sejak 2011 sudah berubah nama menjadi S1 Paralel untuk D3. Pengalaman kerja minimal 2 tahun itu tidak harus dalam bidang formal saja, tetapi non-formal juga bisa.
- Jiikapun belum mempunyai pengalaman bisa mendaftar ke program S1 Paralel untuk lulusan SMA (lulus D3 otomatis pasti lulus dari SMTA juga, tetapi lulus SMTA belum tentu lulus D3).
- Walaupun begitu, berdasarkan SK Rektor UI No 4194 tentang transfer kredit, lulusan D3 yang "nyantol ke S1 Paralel untuk SMA", apalagi dari D3 yang sebidang dengan sistem informasi tidak perlu mengulang dari awal. Bisa saja diakui beberapa kredit sks dari D3.
- S1 Reguler sebenarnya untuk SMA yang fresh graduate tahun 2012, 2011, dan 2010. Jadi, memang harus mengulang dari awal kuliahnya.

Offline

#6 12 Feb 2012 22:59

Shinichi Idan
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Feb 2012
Posts: 5

Re: perbedaan paralel dan reguler

trus apa bedanya , yang sudh mempunya pengalaman kerja sama yang tidak ?
kemudian untuk pengalaman kerja di non-formal apakah harus di bidang IT ?
mav ye bnyk nanya big_smile

Offline

#7 12 Feb 2012 23:10

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: perbedaan paralel dan reguler

Shinichi Idan
- Tentunya, mahasiswa yang lolos di S1 Paralel untuk Lulusan D3 memiliki pengalaman kerja  yang mumpuni, otomatis pas kuliah "nyambung" dan tidak canggung ketika bersosialisasi dengan mahasiswa laen apalagi dengan dosen. Apalagi, kuliah berdasarkan studi kasus, bisa diangkat kasus2 kejadian  di dunia kerjanya dan didiskusikan pemecahan masalahnya. Hal ini, mungkin tidak ditemukan di program paralel biasa untuk lulusan SMA.
- Iya pengalaman kerja harus di bidang IT.

Offline

#8 14 Feb 2012 16:33

Shinichi Idan
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Feb 2012
Posts: 5

Re: perbedaan paralel dan reguler

Jadi gne ya "Mahasiswa yg ingin mengambil program ekstensi , harus memiliki pengalaman kerja. tapi, bagi yang tidak mempunyai pengalaman kerja, bisa ikut program paralel lulusan SMA, dan di program ini kita belajar dari ulang lagi, tapi untuk lulusan D3 bisa saja diakui beberapa kredit sks dari D3."
prtanyaan lagi kalai kredit yg di akui itu biasanya apa saja ?

Offline

#9 14 Feb 2012 18:34

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: perbedaan paralel dan reguler

Shinichi Idan
Hoo, mata kuliah acuan transfer kredit di Sistem Informasi :
1. Matematika Dasar (3 SKS)
2. Matematika Diskret I (3 SKS)
3. Matematika Diskret II (3 SKS)
4. Dasar-Dasar Pemrograman (4 SKS)
5. Desain & Pemrograman Berorientasi Objek (4 SKS)
6. Statistika (3 SKS)
7. Struktur Data dan Algoritma (4 SKS)
8. Jaringan Komputer (3 SKS)
9. Basis Data I (3 SKS)
10. Komunikasi Bisnis dan Teknis (3 SKS)
11. Probabilitas Terapan (3 SKS)
12. Perancangan dan Pemrograman Web (3 SKS)
13. Administrasi Sistem (3 SKS)
14. Komunikasi Interpersonal (3 SKS)
15. Proyek Perangkat Lunak (3 SKS)
16. Kerja Praktek (3 SKS)
17. Proyek Mahasiswa  (3 SKS)
18. Manajemen Teknologi Informasi (3 SKS)
19. MPKT (3 SKS)
20. MPK Bahasa Inggris (3 SKS)
21. MPK Agama (2 SKS)
22. MPK Seni & Olahraga (1 SKS)
23. Max 9 SKS Kuliah Pilihan Luar PS (9 SKS)

Mata kuliah yang diakui dari D3 sebelumnya maksimum 72 SKS.

Offline

#10 14 Feb 2012 21:23

Shinichi Idan
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Feb 2012
Posts: 5

Re: perbedaan paralel dan reguler

oke dah ka, thanks a lot nya grin.gif
sory bnyak nanya big_smile

Offline

#11 16 Feb 2012 18:08

Teguh Petrus
Member
From: Indonesia
Registered: 16 Feb 2012
Posts: 7

Re: perbedaan paralel dan reguler

halo,,,mau tanya klo kuliah pararel apakah semua jurusan jam kuliahnya siang smpai sore semua atau ada yg pagi ya?

Offline

#12 17 Feb 2012 00:34

danang07
Member
From: Indonesia
Registered: 17 Feb 2012
Posts: 2

Re: perbedaan paralel dan reguler

permisi ,
kula nuwun

saya ingn tanya ,mengenai jadwal kelas pararel..kuliah malam mulai pukul berapa ?




terima kasih ,

salam

Offline

#13 17 Feb 2012 12:27

bimoghifari
Member
From: Indonesia
Registered: 10 Feb 2012
Posts: 10

Re: perbedaan paralel dan reguler

Saya ingin bertanya .ppkb UI itu persyaratannya semester 3-5 atau 1-5 ya kak? .terimakasih kepada kaka yg menjawab grin.gif

Offline

#14 22 Feb 2012 09:16

JackieChan
Member
From: Indonesia
Registered: 22 Feb 2012
Posts: 9

Re: perbedaan paralel dan reguler

mau nanya nih,, Kelas reguler itu untuk yg ijazah SMA/paket Cnya maksimal 3 tahun ya? Kelas reguler membatasi umur mahasiswanya gak? misal ada mahasiswa yg daftar kelas reguler umur 25, tapi dia emang bru dapet ijazah setara SMA/paket C ya di usia 25.. heu

Offline

#15 23 Feb 2012 11:18

alleman81
Member
Registered: 10 May 2010
Posts: 67

Re: perbedaan paralel dan reguler

Teguh Petrus
Jam kuliah yang diselenggarakan tergantung pihak fakultas masing-masing. Contoh, di fakultas saya, FISIP UI, tidak harus selalu yang reguler dapet kelas pagi setiap hari atau yang paralel dapet kelas siang setiap hari. Penjadwalan kelas (apakah mulai jam pagi atau jam siang) bergantung mata kuliah yang di ambil. Bisa saja di hari-hari tertentu mulai pagi, tapi adakalanya dimulai siang, baik kelas reguler maupun paralel. Yang membedakan antara kelas reguler dan paralel hanya di penyelenggaraan Beasiswa berkeadilan untuk kalangan tidak mampu yang hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Reguler..grin.gif

Offline

#16 23 Feb 2012 11:30

alleman81
Member
Registered: 10 May 2010
Posts: 67

Re: perbedaan paralel dan reguler

Muhammad Fadhil Al Akbar
Penghasilan orang tua "SANGAT TIDAK MEMPENGARUHI" apakah kamu diterima di UI atau tidak. Satu-satunya acuan penilaian yang mempengaruhi kelulusan hanya pada nilai kamu. Kalau di SIMAK atau SNMPTN tulis acuannya adalah nilai akhir pada ujian yang kamu tempuh, kalo PPKB (untuk kelas par, vokasi), SNMPTN Undangan (kelas reg), maupun talent scouting (kelas KKI) semuanya murni dari prestasi belajar kamu yang dilihat dari nilai raport SMA kamu (kalo ga salah dari smt 1 - 5).  wink.gif

Offline

#17 23 Feb 2012 11:34

alleman81
Member
Registered: 10 May 2010
Posts: 67

Re: perbedaan paralel dan reguler

bimoghifari
Kalo ga salah, pada saat di tahun saya (2010), nilai raport yang menjadi acuan adalah dari semester 1 - 5. Mungkin itu masih berlaku hingga sekarang. Namun untuk lebih meyakinkan lagi lebih baik kamu bertanya kepada pihak sekertariat UI agar mendapatkan jawaban yang pasti. wink.gif

Offline

#18 23 Feb 2012 11:48

alleman81
Member
Registered: 10 May 2010
Posts: 67

Re: perbedaan paralel dan reguler

JackieChan
Sepengetahuan saya, yang dibatasi bukan usia kamu, melainkan batasan tahun dihitung saat kamu lulus SMA/Sederajat (maks 3 tahun). Misalkan kamu lulusan SMA/Sederajat tahun 2012, berarti kamu diperkenankan mengikuti SNMPTN dan SIMAK jalur sarjana Reguler untuk tahun 2012, 2013, dan 2014.

Untuk jalur SNMPTN Undangan maupun PPKB, yang diperkenankan mengikuti jalur masuk UI ini hanya bagi lulusan SMA/Sederajat di tahun itu juga. Contoh, SNMPTN Undangan 2012 hanya untuk lulusan SMA/Sederajat tahun 2012 saja.wink.gif

Offline

#19 23 Feb 2012 11:57

JackieChan
Member
From: Indonesia
Registered: 22 Feb 2012
Posts: 9

Re: perbedaan paralel dan reguler

klo jalur SNMPTN kan wajib menyertakan raport 3 tahun terakhir, klo lewat SIMAK gitu juga enggak ya? atau murni dri hasil tes SIMAKnya aja?

Offline

#20 23 Feb 2012 12:00

JackieChan
Member
From: Indonesia
Registered: 22 Feb 2012
Posts: 9

Re: perbedaan paralel dan reguler

saya sebenernya udah dapet S.E dari Binus, dan udh punya bisnis sendiri,,heu, cuma dari dulu pnasaran aja pengen masuk UI, itung2 double degree,, hehe, masalahnya klo pake ijazah SMA saya, udh ketuaan, klo masuk paralel kemahalan,, heu

Offline

#21 23 Feb 2012 12:04

alleman81
Member
Registered: 10 May 2010
Posts: 67

Re: perbedaan paralel dan reguler

JackieChan
Penilaian kelulusan atas dasar nilai raport hanya berlaku bagi jalur SNMPTN Undangan dan PPKB UI. Untuk jalur SNMPTN Tulis maupun SIMAK UI, penilaian kelulusan MURNI dari hasil tes tersebut. wink.gif

Offline

#22 23 Feb 2012 12:06

JackieChan
Member
From: Indonesia
Registered: 22 Feb 2012
Posts: 9

Re: perbedaan paralel dan reguler

SIP,, makasih Mas Alleman grin.gif

Offline

#23 24 Feb 2012 09:29

alleman81
Member
Registered: 10 May 2010
Posts: 67

Re: perbedaan paralel dan reguler

Muhammad Fadhil Al Akbar
Di UI, untuk beasiswa internal yang disediakan oleh pihak UI, kebanyakan beasiswa yang ditawarkan itu ditujukan bagi mahasiswa-mahasiswa yang tidak mampu. Sekalipun kamu nantinya masuk ke kelas reguler dan dikatakan mampu dalam hal finansial, maka kamu juga tidak berhak untuk menerima beasiswa. Namun, baik reguler maupun paralel, mereka diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mencari beasiswa breprestasi dari eksternal UI. wink.gif

Offline

#24 24 Feb 2012 10:07

alleman81
Member
Registered: 10 May 2010
Posts: 67

Re: perbedaan paralel dan reguler

Muhammad Fadhil Al Akbar
Hal itu merupakan kebijakan pihak UI dan tidak pernah dipublikasikan. Yang pasti, yang boleh menerima beasiswa tidak mampu dari internal UI hanya untuk kelas reguler.

Offline

#25 24 Feb 2012 11:34

JackieChan
Member
From: Indonesia
Registered: 22 Feb 2012
Posts: 9

Re: perbedaan paralel dan reguler

oh iya mau tanya lagi, klo teknik Industri UI itu sistemnya paket kayak FKM apa sks? mungkin gak lulus kurang dri 4 taun?

Offline

Board footer

Powered by FluxBB