SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 27 Apr 2012 13:52

VitaHwang
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Apr 2012
Posts: 22

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

Ka2 admn..
Mau tanya,
1.Kalo jurusan sastra korea itu prospeknya ke dpannya apa yah.??
2.trus kalo pelajarannya kyk gmn ya? bisa kasih gmbrannya gak ya.. plissss
3.trus apa calon jrsan sastra korea mesti punya dasar kmmpuan sastra korea? atau nanti smster 1 mank bner2 belajar dari awal n dasar bhs korea?
mohon dijawab ya kak grin.gif smuanya ... Trims

Offline

#2 27 Apr 2012 17:40

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

VitaHwang
Bukan admin, hanya penghuni forum biasa.

Kebudayaan Korea sekarang lagi booming di Indonesia saat in karena demam Korea yang melanda dimana-mana. Ditambah lagi, perguruan tinggi masih sedikit membuka jurusan khusus mengenai Sastra Korea (Yang saya tahu saat ini baru UI dan UGM saja yang membuka S1 BK Korea dan telah terakreditasi) sehingga terjadi demand dan supply yang tidak seimbang terhadap ahli bahasa Korea ini.

Lalu bagaimana prospeknya? Lulusan Korea dapat bekerja sebagai:
- Penerjemahaan : baik berupa penerjemahan buku, film, majalah, dokumen dan lainnya. Kalau kamu doyan film Korea. Sebelum filmya dilepas ke pasaran Indonesia, pastinya harus ada proses penerjemahaan bahasa Korea ke Indonesia. Nah, di sini peran lulusan BK Korea untuk mengalihbahasakan ke Indonesia.

Misalnya kisaran harga penerjemahan adalah Rp 500 per kata. Bayangkan kalau satu episode tentu ada beribu-ribu kata yang mesti diterjemahkan (anggep 20.000 kata per episode). Satu episode saja sudah mengatongi Rp 10.000.000,00 itu belum ditambah satu serial atau seaseon, pastinya akan lebih banyak lagi!

- Interpreter : Kamu pernah nonton film Interpreter? Jika belum, pernahkah kamu melihat di TV ada 2 orang yang berkomunikasi lalu ada 1 orang sebagai penerjemah? Misalnya, saya ke Korea. Karena saya ga bisa bahasa Korea, saya menyewa seorang yang dapat membantu saya dalam berkomunikasi dengan warga Korea. Jadi, selama saya berbicara dan berinteraksi warga sekitar, ucapan saya langsung di-translate ke Bahasa Korea melalui orang tersebut. Nah, itulah profesi interpret!

- Pekerjaan lulusan B & K Korea tidak hanya berhubungan terkait sastra. Lulusan B&K ini memiliki pengetahuan tentang kebudayaan Korea. Jadi, kamu dapat bekerja di bdiang lain selain bahasa. Misalnya sektor Pariwisata, sektor editor majalah/artikel, peniliti, ataupun sektor pendidikan.

Offline

#3 27 Apr 2012 17:50

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

VitaHwang
- Apa saja yang dipelajari di Bahasa dan Kebudayaan Korea. Kamu bisa melihatnya di link berikut:
http://fib.ui.ac.id/index.php?option=co … -studi-bah  asa-dan-kebudayaan-korea&catid=36:program-studi&Itemid=61&lang=
(Liat di Mata Kuliahnya dan kamu bisa lihat tenaga pengajarnya beberapa native speaker)

- Calon mahasiswa Bahasa dan Kebudayaan Korea tidak harus memiliki dasar-dasar pengetahuan mengenai bahasa Korea. Ketika masuk kuliah, semua benar-benar dari NOL dan dasar-dasar. Namun, jika kamu punya dasar-dasar akan lebih baik dalam menunjang perkuliahan.

Bisa dilihat sekilas artikel mengenai prodi Korea UI : http://majalah.tempointeraktif.com/id/a … 7016.id.ht  ml

Offline

#4 30 Apr 2012 12:34

VitaHwang
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Apr 2012
Posts: 22

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

dudulalalala

Wah, kakak... lengkap banget jwbannya. apa kk trmsuk jrusan BK Korea ya? atw jrusan apa kak? sepertinya tau banget ttg jurusan2 di UI ya...dr tadi prtnyaan2 saya kk mulu yg jawab Gomawo ya kak.. hehe (ngebantu banget ini)

hm... bner banget ka "korean wave" saya trmsuk org yg lagi demam korea hihiyy.. tp saya gk ikut2n ko kak.. insya allah mank bner2 udh jtuh hati sma korea. kbdyaan, bhsa, aplgi musik'a huh.. big_smile jd pengen bgt mempelajarinya #loh ko jd curhat
Mianhe, kak..

film korea.. wuh, doyan bgt kak..

ohh,, jadi penerjemah ya kak.. waw, 10 juta ^o^  Hmm, pnrjemah tu gk tetap donk pkrjaannya ? hmm~ intrepeter mksdnya kyk tour guide ya kak grin.gif?

kan kata kakak "- Pekerjaan lulusan B & K Korea tidak hanya berhubungan terkait sastra. Lulusan B&K ini memiliki pengetahuan tentang kebudayaan Korea. Jadi, kamu dapat bekerja di bdiang lain selain bahasa. Misalnya sektor Pariwisata, sektor editor majalah/artikel, peniliti, ataupun sektor pendidikan." ini di luar boomingnya korea kan.. hehe
jd wlpun korea udh gk booming tetep mdah pkrjaan tu ddpat grin.gif

hmmm.. bearti bner kta tmn q bljarnya dr Nol ..

wduh kak, byk bener pelajarannya hihiyy tu tetep mempelajari agama masing2 kan..?

#Mian yah ka nanya lagi

Offline

#5 01 May 2012 21:17

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

VitaHwang
Saya alumni UI yang iseng saja wara-wiri nimbrung di forum beginian. tongue.gif
Kebetulan sebagai seorang yang pernah berkuliah di FIB, jadi tahu seperti apa FIB itu. tongue.gif

Iya, itu pilihan Agamanya sesuai keyakinan yang dianut. grin.gif

Offline

#7 19 Sep 2012 22:40

Tyas Utami
Member
Registered: 19 Sep 2012
Posts: 1

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

kaka.. mau nanya dong
kalo jurusan ipa, tapi masuknya ke BK Korea kira kira bisa ga ka?
di UI ada S2 BK Korea ga? big_smile

makasih

Offline

#8 21 Sep 2012 08:58

olalaboomboom
Member
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 520

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

Tyas Utami

Iya kamu bisa mendaftar nanti tes yang akan diujikan IPS jadi kamu harus siap smile
Untuk S2 BK Korea coba langsusng menghubungi jurusa di no Telp. 021-7863528-29

Offline

#9 27 Sep 2012 06:29

Wichan
Member
Registered: 27 Sep 2012
Posts: 4

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

Kak mw nanya kepanjangan : FIB, PDPT, MKDK, MKP, MKK

Makasih smile

Offline

#10 27 Sep 2012 15:05

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

FIB = Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

PDPT = Program Dasar Pendidikan Tinggi yaitu mata kuliah tingkat dasar yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa jenjang S1 di Universitas Indonesia. Total seluruh SKS mata kuliah PDPT adalah 18 SKS yang meliputi : MPKT A (6 SKS), MPKT B (6 SKS), MPK Agama (2 SKS), MPK Bahasa Inggris (3 SKS), MPK Seni/Olahraga (1 SKS). Seluruh mata kuliah PDPT dikelola di tingkat universitas, makanya mata kuliah PDPT juga disebut mata kuliah wajib tingkat universitas.

MKDK = Mata Kuliah Dasar Keahlian

MKP = Mata Kuliah Peminatan/Pilihan

MKK = Mata Kuliah Keahlian

Offline

#11 27 Sep 2012 22:19

kikonarvaez
Member
Registered: 27 Sep 2012
Posts: 1

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

Buat sambil nambahin kemampuan belajar bahasa Korea sebelom keterima di Satra Korea UI, lumayan juga nih belajar bahasa Korea dari buku- buku latihan bahasa. Bisa dicari di sini http://www.lazada.co.id/buku-musik/?q=k … =&baseUrl=

Offline

#12 17 Oct 2012 08:16

Wichan
Member
Registered: 27 Sep 2012
Posts: 4

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

untuk kak dudulalalala : oooo iya hehe
kak trus emmm, kakak tau nggak apa aja yang akan diujikan ntar kalo pengen ngambil jurusan bahasa dan kebudayaan korea ? mungkin hrus mnguasai kosa  kata berapa banyak gitu contohnya, atau gimana kak?
hmm sama persyaratannya apa aja yaa kak hehehe

Makasih smile

Last edited by Wichan (17 Oct 2012 08:32)

Offline

#13 18 Oct 2012 17:04

4n1t4
Member
Registered: 18 Oct 2012
Posts: 1

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

안녕하세요?
나는 아니따 라고요...반가워요 친구들..:)
waahh sy jd pengen ambil jur sastra korea,,hehe tp umur sya tahun ini 22..klo ambil kelas singkat da ga kira2? yg ditempuh dlm waktu max setahun.
saya btuh karena pekerjaan yang mnegharuskan sy menguasai bhasa korea ini...

Offline

#14 18 Oct 2012 23:24

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

4n1t4 wrote:

안녕하세요?
나는 아니따 라고요...반가워요 친구들..:)
waahh sy jd pengen ambil jur sastra korea,,hehe tp umur sya tahun ini 22..klo ambil kelas singkat da ga kira2? yg ditempuh dlm waktu max setahun.
saya btuh karena pekerjaan yang mnegharuskan sy menguasai bhasa korea ini...

Klo gitu ambil kursus aja, di UI ada kok, kursus bahasa Korea yaitu Lembaga Bahasa Internasional FIB UI:
http://www.lbifib.ui.ac.id/index.php?op … &Itemid=20

LBI FIB UI:
Depok: Gedung V Lt.1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Kampus UI Depok, Depok 16424. Tel.(021) 786 4075, Fax. (021) 7884 9085
Salemba: Gedung Rektorat Lama Kampus UI Salemba, Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta 10430. Tel. (021) 319 02112, 392 2436, 31930335, Fax. (021) 315 6341

Last edited by dudulalalala (18 Oct 2012 23:28)

Offline

#15 19 Oct 2012 00:01

elsaardiana
Member
Registered: 18 Oct 2012
Posts: 1

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

assalamu'alaikum kak, saya mau tanya nih mmmmmmmm bisa dibilang curhat big_smile
saya ini kan lulusan d3 tahun ini, sebaiknya saya kalau mau lanjut atau transfer s1 k ui gt daftar yang kelas paralel apa ekstensi??trz jalur pkkb itu apa kak???mohon jawaban segera ya kak??makasih smile

Offline

#16 20 Oct 2012 13:11

J2kpersonal
Member
From: South Jakarta
Registered: 20 Oct 2012
Posts: 5
Website

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

elsaardiana wrote:

assalamu'alaikum kak, saya mau tanya nih mmmmmmmm bisa dibilang curhat big_smile
saya ini kan lulusan d3 tahun ini, sebaiknya saya kalau mau lanjut atau transfer s1 k ui gt daftar yang kelas paralel apa ekstensi??trz jalur pkkb itu apa kak???mohon jawaban segera ya kak??makasih smile

Kenapa gak lewat jalur khusus aja kk,kan sekarang udah ada sendiri
bisa masuk semua jurusan gak susah lagi pendaftaranya...dah gitu
bisa pilih sendiri sesuai selera...pasti bakalan lebih asik kuliahnya....

Offline

#17 22 Oct 2012 08:28

olalaboomboom
Member
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 520

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

elsaardiana

1. Kelas Ekstensi karena diperuntukkan bagi lulusan D3
2. PPKB adalah jalur undangan yang dibuat oleh ,untuk dan dari UI (Seleksi masuk dengan nilai raport, khusus untuk lulusan 3 tahun terakhir )

Offline

#18 22 Oct 2012 10:12

lolo-loba
Member
Registered: 15 May 2012
Posts: 34

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

kak,klo ingin lulus SIMAK UI sastra inggris pararel kira-kira harus dpt point berapa ya??

Offline

#19 22 Oct 2012 11:58

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

lolo-loba wrote:

kak,klo ingin lulus SIMAK UI sastra inggris pararel kira-kira harus dpt point berapa ya??

Tergantung nilai pesaing kamu karena gak ada batasan grade, semua berdasarkan kuota.

Kalau mau main aman, coba kamu bisa menjawab setengah soal SIMAK UI yang diujikan tanpa salah (50% benar), itu peluang lulusnya pun di jurusan apapun relatif cukup untuk masuk jurusan apapun di UI karena sangat sedkit peserta yang menjawab soal yang diujikan 50% benar dan tanpa salah (jika ada 120 soal, maka kamu harus menjawab sedikitnya 60 soal dengan benar dan tanpa salah atau kalaupun ada salah atau tidak diisi, poin nilai mentah harus mencapai 240 (karena setiap jawaban benar mendapat poin +4, dan setiap jawaban salah -1, kosong 0)).

Offline

#20 25 Oct 2012 10:50

Wichan
Member
Registered: 27 Sep 2012
Posts: 4

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

untuk kak dudulalalala : oooo iya hehe
kak trus emmm, kakak tau nggak apa aja yang akan diujikan ntar kalo pengen ngambil jurusan bahasa dan kebudayaan korea ? mungkin hrus mnguasai kosa  kata berapa banyak gitu contohnya, atau gimana kak?
hmm sama persyaratannya apa aja yaa kak hehehe
Makasih smile

Offline

#21 25 Oct 2012 13:22

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

Wichan wrote:

untuk kak dudulalalala : oooo iya hehe
kak trus emmm, kakak tau nggak apa aja yang akan diujikan ntar kalo pengen ngambil jurusan bahasa dan kebudayaan korea ? mungkin hrus mnguasai kosa  kata berapa banyak gitu contohnya, atau gimana kak?
hmm sama persyaratannya apa aja yaa kak hehehe
Makasih smile

Tidak ada ujian kekhususan tentang bahasa Korea.

BKK termasuk jurusan kelompok sosial humaniora. Kalau mau masuk BKK atau jurusan sastra laen, ataupun jurusan IPS lain
Yang diujikan adalah:
Kemampuan Dasar : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar
Kemampuan IPS : Sejarah, Geografi, Ekonomi, dan IPS Terpadu

Tidak ada ujian kekhususan lainnya (seperti yang kamu bilang).

Soal-soal SIMAK UI tahun lalu bisa kamu download.
http://simak.ui.ac.id/download.html?category=6

-------

BKK membuka dua kelas yaitu Reguler dan Kelas Paralel.

Jalur masuk reguler adalah SNMPTN Undangan/Tulis dan SIMAK.
Persyaratan SIMAK & SNMPTN Tulis: Lulus SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat dengan batasan 3 tahun terakhir (2013, 2012, 2011).

Bagi mereka yang lulus SMA/SMK/MA/Paket C atau sederajat dengan tahun kelulusan 2013, 2012, atau 2011, dan di bawah tahun 2011 (2010, 2009, 2008, 2007, 2006, 2005, 2004, 2003, 2002, 2001, dst) dan berminat kuliah di BKK UI dapat juga mengambil kelas paralel dengan jalur ujian SIMAK.

Last edited by dudulalalala (25 Oct 2012 13:32)

Offline

#22 12 Jan 2013 08:41

dewiwahyuni
Member
Registered: 12 Jan 2013
Posts: 1

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

Annyeong haseyo sunbaenim admin, nama saya dewi, saya ingin bertanya jika saya kuliah dengan jurusan bhasa korea prospeknya bisa jadi Reporter ga?
, krn sbntar lg saya akan lulus dri SMK thun ini dan brencana untuk kuliah jurusan bhasa korea. saya sering bljr stiap ad waktu luang utk bljr bhasa korea scra otodidak.
sekian prtnyaan saya 
Gomapseumnida eonni smile

Offline

#23 12 Jan 2013 10:32

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

dewiwahyuni wrote:

Annyeong haseyo sunbaenim admin, nama saya dewi, saya ingin bertanya jika saya kuliah dengan jurusan bhasa korea prospeknya bisa jadi Reporter ga?
, krn sbntar lg saya akan lulus dri SMK thun ini dan brencana untuk kuliah jurusan bhasa korea. saya sering bljr stiap ad waktu luang utk bljr bhasa korea scra otodidak.
sekian prtnyaan saya 
Gomapseumnida eonni smile

Bukan admin, membantu menjawab.
Pekerjaan pada dasarnya dibagi menjadi dua kelompok profesi dan pekerjaan.

Profesi adalah bidang pekerjaan yang memiliki kode etik dan untuk memasuki profesi pekerjaan kamu harus berasal dari bidang yang sama dengan profesi trsebut. Contoh: dokter, perawat, arsitek, akuntan, hakim, pengacara, dan lain-lain adalah termasuk profesi karena untuk menjadi dokter, kamu wajib kuliah dulu di jurusan kedokteran untuk menjadi dokter, begitu juga perawat, arsitektek, akuntan, hakim, pengacara, psikologi harus berasal dari ilmu yang relevan. Bidang pekerjaan profesi tidak bisa dimasuki dari jurusan lain, misalnya seorang sarjana akuntansi tidak bisa menjadi dokter, atau sarjana kedokteran tidak bisa menjadi akuntan. Kalau bisa, dia harus sekolah lagi untuk bidang profesi tersebut.

Nah, kalau pekerjaan yang bukan profesi dapat dimasuki siapa saja sebab tidak ada tuntutan keilmuan karena yang diutamakan ketrampilan (skill) atau kecakapan. Bidang pekerjaan seperti reporter, penerjemah, pengusaha, koki, pembawa berita, dll tidak wajib harus dari ilmu yang sama sebab dapat dimasuki sarjana ilmu lain asalkan dia punya skill dan terus diasah dan punya kegigihan. Reporter termasuk pekerjaan, bukan profesi. Kalau mau jadi reporter, bisa jurusan apa saja yang penting kamu punya skill yang utama dibutuhkan oleh reporter: kemampuan public speaking. big_smile

Offline

#24 12 Jan 2013 17:43

hanut
Member
Registered: 12 Jan 2013
Posts: 1

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

mau tanya, peluang anak IPA ambil jurusan sastra korea seberapa besar ya?

Offline

#25 18 Jan 2013 21:37

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek Jurusan sastra dan kebudayaan korea

hanut wrote:

mau tanya, peluang anak IPA ambil jurusan sastra korea seberapa besar ya?

Kalau dari jalur ujian tulis (SIMAK & SBM PTN) tergantung dari nilai ujian tulisnya, asal jurusan tidak dilihat.

Offline

Board footer

Powered by FluxBB