SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 08 May 2012 20:24

teddy
Member
Registered: 08 May 2012
Posts: 4

SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

Mohon info tentang:
1. Jika akan mendaftar di SIMAK 2012, berapa maksimal Prodi yang bisa dipilih?
2. Bolehkah pilihan prodi yang ada di SIMAK diambil kelas PARAREL tanpa memilih kelas Reguler?.
3. Bolehkah saya memilih dengan pilihan sbb?: (pilihan dalam 1 Fakultas: 5 Prodi, tanpa memilih Vokasi)
   A.Fakultas/Prodi ILMU SOSIAL dan POLITIK:
      1. Ilmu Administrasi Fiskal            S1 Pararel
      2. Ilmu Administrasi Negara    S1 Paralel
      3. Ilmu Administrasi Niaga      S1 Paralel
      4. Ilmu Komunikasi                    S1 Paralel
      5. Ilmu Politik                            S1 Paralel
   B. 6. Fakultas Hukum                 S1 Pararel
   c. Fakultas Ekonomi                   S1 Pararel
       7. Akuntansi                         S1 Pararel
       8. Manajamen.                      S1 Pararel
4. Apakah data peserta SIMAK ter-integrasi dengan data PTN lain. (Misal dengan SMUP
    UNPAD?).
    Inti pertanyaannya, bisakah peserta yang ikut SIMAK UI dan  SMUP UNPAD diterima
    dikedua PTN tersebut.? (Mengacu pada SMUP UNPAD, Kalo diterima di SNMPTN, SMUP-nya
    pasti GUGUR, karena ujian masuk SMUP UNPAD berbasis data SNMPTN).

    Terima kasih, atas bantuannya. Mohon pencerahan.....Tangyu......

Last edited by teddy (08 May 2012 20:29)

Offline

#2 09 May 2012 11:49

irsalfadj
Member
Registered: 22 Apr 2012
Posts: 48

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

Ini sih setahu saya saja ya hehe

1. maksimal 8 prodi yang bisa dipilih di SIMAK nanti .
2.Boleh kebetulan saya juga akan ambil kelas paralel semua , tapi setahu saya tidak bisa semua kelas paralel kamu pilih . maksimal 3 pilihan prodi.
3.sama seperti jawaban no.2
4.SIMAK UI bukan jalur mandiri di UI dan tidak terintegrasi dengan PTN manapun. tentu saja kalo kamu diterima di SIMAK bisa diterima di SMUP juga .

terimakasih.

Offline

#3 19 May 2012 14:37

riza
Member
Registered: 19 May 2012
Posts: 1

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

sorry numpng tnya kk . emng apa perbedan S1 paralel dengan S1 reguler

Offline

#4 20 May 2012 14:28

merry syafrina
Member
Registered: 20 May 2012
Posts: 5

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

aslmm...kak" kalau D3 kesehatan lingkungan bisa gak nyambung FKM UI...gmna caranya??? mohon informasinya...

Offline

#5 21 May 2012 13:17

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

merry syafrina wrote:

aslmm...kak" kalau D3 kesehatan lingkungan bisa gak nyambung FKM UI...gmna caranya??? mohon informasinya...

1. Membuat akun pendaftaran online SIMAK Ekstensi (http://penerimaan.ui.ac.id/register)
2. Mendaftar SIMAK Ekstensi pada saat pendaftaran dibuka (tanggal pendaftaran : http://simak.ui.ac.id/index.php?option= … temid=490)
3. Menunggah seluruh persyaratan di akun pendaftaran (surat keterangan akreditasi prodi (wajib), ijazah/skl (wajib), sertifikat TOEFL ITP/TPA OTO Bappenas (jika ada))
4. Melakukan verifikasi seluruh berkas pendaftaran
5. Membayar biaya pendaftaran ke bank-bank terdekat dengan menyebutkan nomor pendaftaran
6. Mengunggah kartu ujian peserta SIMAK Ekstensi
7. Mengikuti ujian SIMAK Ekstensi
8. Melihat pengumuman SIMAK Ekstensi

Last edited by dudulalalala (21 May 2012 13:20)

Offline

#6 21 May 2012 22:00

merry syafrina
Member
Registered: 20 May 2012
Posts: 5

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

kak....sekarang aku kan masih kuliah....di poltekkes tu wisudanya september??? kalau yang kaya gitu gmana caranya????

kalau yang S1 paralel dan S1 reguler tu apa bedanya???? hehehe bingung...

Last edited by merry syafrina (21 May 2012 22:03)

Offline

#7 21 May 2012 22:32

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

merry syafrina wrote:

kak....sekarang aku kan masih kuliah....di poltekkes tu wisudanya september??? kalau yang kaya gitu gmana caranya????

kalau yang S1 paralel dan S1 reguler tu apa bedanya???? hehehe bingung...

Kamu bisa mendaftar dengan menggunakan surat keterangan lulus yang dikeluarkan Poltekkes kamu.

S1 Reguler diperuntukan untuk lulusan SMA/sederajat dengan batasan tahun lulus 3 tahun terakhir. Kalau tahun ini 2012, maka yang boleh masuk S1 Reguler adalah lulusan SMA tahun 2012, 2011, 2010.

S1 Paralel diperuntuk untuk lulusan SMA/sederajat tanpa batasan tahun kelulusan. S1 Paralel dibuka untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang punya ijazah SMA ingin lanjut S1, namun terbentur masalah umur dan ijazahnya.

Offline

#8 22 May 2012 10:26

merry syafrina
Member
Registered: 20 May 2012
Posts: 5

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

masalahnya aku wishuda september tahun 2012 ini.....gimana caranya tu kak"?????

sedangkan pendaftaran SIMAK UI di dibukanya juli - agustus...

Last edited by merry syafrina (22 May 2012 18:41)

Offline

#9 24 May 2012 01:13

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

merry syafrina wrote:

masalahnya aku wishuda september tahun 2012 ini.....gimana caranya tu kak"?????

sedangkan pendaftaran SIMAK UI di dibukanya juli - agustus...

sudah dijelasin post sebelumnya:

Kamu bisa mendaftar dengan mempergunakan surat keterangan lulus (SKL).

Surat keterangan lulus itu seperti waktu SMA dulu, ijazah belum ada tetapi pengen daftar perguruan tinggi.
Jadi, kepala sekolah mengeluarkan surat keterangan lulus sebagai penganti ijazah.

Sama halnya di Poltekkes, Kamu dapat meminta SKL kepada bagian akademik atau administrasinya.
Yang jelas, sebelum wisuda itu proses namanya lulus studi/tugas akhir/atau apa istilahnya. Dan biasanya, setelah lolos tugas akhir pastinya kamu sudah dianggap lulus studi.

Offline

#10 24 May 2012 11:20

merry syafrina
Member
Registered: 20 May 2012
Posts: 5

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

S1 kesehatan lingkungan ada gak kak di UI.....

Last edited by merry syafrina (25 May 2012 17:13)

Offline

#11 29 May 2012 15:55

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

@merry
Kesehatan Lingkungan? Semacam kebersihan lingkungan?
#baruDenger
.
Di UI adanya jurusan Kesehatan Masyarakat di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Teknik Lingkungan di bawah naungan Fakultas Teknik (FT).
.

Offline

#12 29 May 2012 22:18

valenciajane
Member
Registered: 07 Jan 2012
Posts: 15

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

kakak2, jadi dari yang aku baca dari post2 sebelumnya, jadi di simak ui kita bisa pilih lebih dari 4 pilihan major skaligus? kalau benar, apa aja pilihan2 nya(for example: 2reguler,2pararel atau 3reguler 1pararel)? atau bagaimana ya? trs prodi itu artinya apa, apakah major?

Mohon dijelaskan kakak2! terimakasiiih big_smile

Offline

#13 30 May 2012 21:48

afif reyhan
Member
Registered: 23 May 2012
Posts: 14

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

teddy wrote:

Mohon info tentang:
1. Jika akan mendaftar di SIMAK 2012, berapa maksimal Prodi yang bisa dipilih?
2. Bolehkah pilihan prodi yang ada di SIMAK diambil kelas PARAREL tanpa memilih kelas Reguler?.
3. Bolehkah saya memilih dengan pilihan sbb?: (pilihan dalam 1 Fakultas: 5 Prodi, tanpa memilih Vokasi)
   A.Fakultas/Prodi ILMU SOSIAL dan POLITIK:
      1. Ilmu Administrasi Fiskal            S1 Pararel
      2. Ilmu Administrasi Negara    S1 Paralel
      3. Ilmu Administrasi Niaga      S1 Paralel
      4. Ilmu Komunikasi                    S1 Paralel
      5. Ilmu Politik                            S1 Paralel
   B. 6. Fakultas Hukum                 S1 Pararel
   c. Fakultas Ekonomi                   S1 Pararel
       7. Akuntansi                         S1 Pararel
       8. Manajamen.                      S1 Pararel
4. Apakah data peserta SIMAK ter-integrasi dengan data PTN lain. (Misal dengan SMUP
    UNPAD?).
    Inti pertanyaannya, bisakah peserta yang ikut SIMAK UI dan  SMUP UNPAD diterima
    dikedua PTN tersebut.? (Mengacu pada SMUP UNPAD, Kalo diterima di SNMPTN, SMUP-nya
    pasti GUGUR, karena ujian masuk SMUP UNPAD berbasis data SNMPTN).

    Terima kasih, atas bantuannya. Mohon pencerahan.....Tangyu......


Kak numpang tanya , jalur paralel simak UI jurusan ilmu administrasi fiskal apa ada kak ? Satu lagi jurusan gegrafi jalur paralel UI ada kak ? Mohon infonya yaa kak , saya baru tamat tahun ini . Makasih Kaka : D

Offline

#14 31 May 2012 00:14

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

merry syafrina wrote:

S1 kesehatan lingkungan ada gak kak di UI.....

Iya ada. Jurusan Kesling termasuk salah satu prodi Kesehatan Masyarakat. Untuk Ekstensi, ketika mendaftar nanti, anda langsung memilih jurusannya. smile

valenciajane wrote:

kakak2, jadi dari yang aku baca dari post2 sebelumnya, jadi di simak ui kita bisa pilih lebih dari 4 pilihan major skaligus? kalau benar, apa aja pilihan2 nya(for example: 2reguler,2pararel atau 3reguler 1pararel)? atau bagaimana ya? trs prodi itu artinya apa, apakah major?
Mohon dijelaskan kakak2! terimakasiiih

Prodi itu kepanjangan program studi. UI belum menerapkan sistem mayor dan minor. Kurang lebih artinya mayor itu prodi dan minor istilahnya adalah jurusan/konsentrasi/peminatan.

Iya, SIMAK UI untuk tanggal 8 Juli dapat memilih maksimal 8 pilihan. Jika kamu mengambil pilihan lebih dari satu prodi, ketentuannya:
- Maksimal pilihan paralel sebanyak 3 prodi dan/atau
- Maksimal pilihan reguler sebanyak 3 prodi dan/atau
- Maksimal pilihan vokasi sebanyak 3 prodi

Kalau memilih 2 reguler, 2 paralel ---> Bisa
Kalau memilih 3 reguler, 1 paralel ---> Bisa

Yang tidak bisa, seperti contoh teddy di atas memilih 8 prodi paralel secara bersamaan sekaligus padahal maksimalnya 3 prodi paralel.

Offline

#15 31 May 2012 00:15

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

afif reyhan wrote:

Kak numpang tanya , jalur paralel simak UI jurusan ilmu administrasi fiskal apa ada kak ? Satu lagi jurusan gegrafi jalur paralel UI ada kak ? Mohon infonya yaa kak , saya baru tamat tahun ini . Makasih Kaka : D

Ilmu administrasi fiskal membuka kelas paralel, sedangkan Geografi tidak membuka kelas paralel.

Daftar lengkap prodi apa saja yang ditawarkan di Paralel dapat dilihat:
http://simak.ui.ac.id/prosedur-pendafta … di/paralel

Last edited by dudulalalala (31 May 2012 00:16)

Offline

#16 31 May 2012 12:09

afif reyhan
Member
Registered: 23 May 2012
Posts: 14

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

dudulalalala wrote:
afif reyhan wrote:

Kak numpang tanya , jalur paralel simak UI jurusan ilmu administrasi fiskal apa ada kak ? Satu lagi jurusan gegrafi jalur paralel UI ada kak ? Mohon infonya yaa kak , saya baru tamat tahun ini . Makasih Kaka : D

Ilmu administrasi fiskal membuka kelas paralel, sedangkan Geografi tidak membuka kelas paralel.

Daftar lengkap prodi apa saja yang ditawarkan di Paralel dapat dilihat:
http://simak.ui.ac.id/prosedur-pendafta … di/paralel

makasih infonya kakak big_smile
satulagi kak , bisa minta biaya masing masing prodi ?

Offline

#17 31 May 2012 18:56

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

^
Biaya pendidikan S1 Paralel tahun akademik 2012/2013 dapat dilihat:
http://www.ui.ac.id/download/biaya-pend … aralel.pdf

Offline

#18 01 Jun 2012 12:54

merry syafrina
Member
Registered: 20 May 2012
Posts: 5

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

makasih kak...informasinya

bisanya ikut SIMAK UI yang program ekstensi S1 ni ,soal ujiannya kayak gimana tu kak??? apa sama kayak soal- soal  SNMPTN????

Offline

#19 01 Jun 2012 22:10

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

merry syafrina wrote:

makasih kak...informasinya

bisanya ikut SIMAK UI yang program ekstensi S1 ni ,soal ujiannya kayak gimana tu kak??? apa sama kayak soal- soal  SNMPTN????

Untuk Ekstensi, soal yang diujikan adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris.

Offline

#20 01 Jun 2012 22:26

Rochendi
Member
Registered: 01 Jun 2012
Posts: 1

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

Yth. Admin.

Mohon maaf mau bertanya:
1. Jika diterima di SNMPTN akan tetapi masih ingin ikut SIMAK UI, apakah masih mungkin diterima? (ujian bisa)
2. Apakah nama  yang telah lulus di UI SNMPTN di Block di SIMAK? sehingga tidak mungkin lulus? (pernah ada kasus
   seperti ini?) berarti ada bangku kosong di snmptn?.  Solusinya seperti apa? (sayang saja).
3. Demikian juga misal yang diterima ditempat lain misal SNMPT UNJ, dan diterima di SIMAK?.

Maaf pak admin tanya, soalnya khan percuma kalo nama kita diterima di pilihan 2 SNMPT, trus ikut simak karena ingin Pilihan 2.  Tapi namanya di BLOCK, khan ngak bisa lolos di SIMAK?. Terima kasih.

Offline

#21 01 Jun 2012 23:07

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

Rochendi wrote:

Yth. Admin.

Mohon maaf mau bertanya:
1. Jika diterima di SNMPTN akan tetapi masih ingin ikut SIMAK UI, apakah masih mungkin diterima? (ujian bisa)
2. Apakah nama  yang telah lulus di UI SNMPTN di Block di SIMAK? sehingga tidak mungkin lulus? (pernah ada kasus
   seperti ini?) berarti ada bangku kosong di snmptn?.  Solusinya seperti apa? (sayang saja).
3. Demikian juga misal yang diterima ditempat lain misal SNMPT UNJ, dan diterima di SIMAK?.

Maaf pak admin tanya, soalnya khan percuma kalo nama kita diterima di pilihan 2 SNMPT, trus ikut simak karena ingin Pilihan 2.  Tapi namanya di BLOCK, khan ngak bisa lolos di SIMAK?. Terima kasih.

Anggota forum mencoba membantu:

  1. Boleh mengikuti SIMAK UI dan dengan peluang kelulusan sama dengan peserta lain yang tidak diterima di SNMPTN Tulis.

  2. UI tidak menerapkan sistem blacklist bagi peserta yang pernah lolos dari jalur masuk sebelumnya, baik yang pernah lolos di tahun ini, maupun tahun sebelumnya. "Bangku kosong" yang tidak diisi tersebut biasanya akan dialihkan ke jalur masuk lain atau tetap dikosongkan.

  3. SIMAK UI adalah ujian tulis yang diselenggarakan oleh UI. Apabila, kamu mendaftar ke ujian mandiri/jalur masuk universitas lain, hal itu tidak akan memengaruhi kelulusan di UI, begitupula sebaliknya (vice versa) karena antara UI dan PTN lain punya "lapak" masing-masing.

Last edited by dudulalalala (01 Jun 2012 23:10)

Offline

#22 02 Jun 2012 17:04

AdrianoMinami
Member
Registered: 04 Dec 2010
Posts: 395

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

Rochendi wrote:

Yth. Admin.

Mohon maaf mau bertanya:
1. Jika diterima di SNMPTN akan tetapi masih ingin ikut SIMAK UI, apakah masih mungkin diterima? (ujian bisa)
2. Apakah nama  yang telah lulus di UI SNMPTN di Block di SIMAK? sehingga tidak mungkin lulus? (pernah ada kasus
   seperti ini?) berarti ada bangku kosong di snmptn?.  Solusinya seperti apa? (sayang saja).
3. Demikian juga misal yang diterima ditempat lain misal SNMPT UNJ, dan diterima di SIMAK?.

Maaf pak admin tanya, soalnya khan percuma kalo nama kita diterima di pilihan 2 SNMPT, trus ikut simak karena ingin Pilihan 2.  Tapi namanya di BLOCK, khan ngak bisa lolos di SIMAK?. Terima kasih.

Tahun lalu saya tembus UI di SNMPTN Tertulis masih bisa tembus UI juga lewat SIMAK kok, bisa-bisa saja big_smile

Offline

#23 02 Jun 2012 20:37

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

@adriano anak Manajemen ya? Haha

Offline

#24 02 Jun 2012 21:36

arnol
Member
Registered: 02 Jun 2012
Posts: 3

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

persyaratan utama yg harus ada utk ikut jalur SIMAK UI apa saja?

saya dan teman-teman saya belum mengerti tentang SIMAK UI.

Offline

#25 03 Jun 2012 15:42

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SIMAK UI- Pemilihan Program S-1 Kelas Pararel.

arnol wrote:

persyaratan utama yg harus ada utk ikut jalur SIMAK UI apa saja?

saya dan teman-teman saya belum mengerti tentang SIMAK UI.

Persyaratan pendaftaran dapat dilihat:
http://penerimaan.ui.ac.id/en/period/requirement/761

Caranya:
a. Buka tautan di atas
b. Cari program studi yang kamu incar
c. Pastikan kamu memenuhi persyaratan utama pada program studi yang ditujuh

Offline

Board footer

Powered by FluxBB