SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 12 May 2012 15:11

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

Sekedar memberikan informasi, berikut ini adalah akreditasi BAN PT program studi jenjang S1 dan Vokasi (D3) Universitas Indonesia.
[Update terakhir: 7 Januari 2014]

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)

Informasi Akreditasi Program Studi Jenjang S1

UNIVERSITAS INDONESIA
(Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi untuk UI: Akreditasi A)

  • RUMPUN ILMU KESEHATAN

    • Fakultas Kedokteran

      • S1 Pendidikan Dokter (Akreditasi A)

    • Fakultas Kedokteran Gigi

      • S1 Pendidikan Dokter Gigi (Akreditasi A)

    • Fakultas Ilmu Keperawatan

      • S1 Ilmu Keperawatan (Akreditasi A)

    • Fakultas Kesehatan Masyarakat

      • S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Akreditasi A)

      • S1 Gizi (Akreditasi B)

      • S1 Kesehatan Lingkungan (Program studi baru dibuka 2014, baru bisa diakreditasi tahun 2018)

    • Fakultas Farmasi

      • S1 Farmasi (Akreditasi A)

  • RUMPUN ILMU SAINS DAN TEKNOLOGI

    • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

      • S1 Matematika (Akreditasi A)

      • S1 Fisika (Akreditasi A)

      • S1 Kimia (Akreditasi A)

      • S1 Biologi (Akreditasi A)

      • S1 Geografi (Akreditasi A)

    • Fakultas Ilmu Komputer

      • S1 Ilmu Komputer (Akreditasi A)

      • S1 Sistem Informasi (Akreditasi A)

    • Fakultas Teknik

      • S1 Teknik Industri (Akreditasi A)

      • S1 Teknik Sipil (Akreditasi A)

      • S1 Teknik Lingkungan (Akreditasi B)

      • S1 Teknik Mesin (Akreditasi A)

      • S1 Teknik Perkapalan (Akreditasi B)

      • S1 Teknik Elektro (Akreditasi A)

      • S1 Teknik Komputer (Akreditasi B)

      • S1 Teknik Metalurgi dan Material (Akreditasi A)

      • S1 Arsitektur (Akreditasi A)

      • S1 Arsitektur Interior (Akreditasi A)

      • S1 Teknik Kimia (Akreditasi A)

      • S1 Teknologi Bioproses (Akreditasi A)

  • RUMPUN ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA

    • Fakultas Ekonomi

      • S1 Ilmu Ekonomi (Akreditasi A)

      • S1 Akuntansi (Akreditasi A)

      • S1 Manajemen (Akreditasi A)

      • S1 Ekonomi Islam (Program studi baru dibuka 2013, baru bisa diakreditasi tahun 2017)

      • S1 Bisnis Islam (Program studi baru dibuka 2013, baru bisa diakreditasi tahun 2017)

    • Fakultas Psikologi

      • S1 Psikologi (Akreditasi A)

    • Fakultas Hukum

      • S1 Ilmu Hukum (Akreditasi A)

    • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

      • S1 Antropologi Sosial (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Hubungan Internasional (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Komunikasi (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Politik (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Kesejahteraan Sosial (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Administrasi Niaga (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Administrasi Negara (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Administrasi Fiskal (Akreditasi A)

      • S1 Kriminologi (Akreditasi A)

      • S1 Sosiologi (Akreditasi A)

    • Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya

      • S1 Ilmu Sejarah (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Filsafat (Akreditasi A)

      • S1 Ilmu Perpustakaan (Akreditasi A)

      • S1 Arkeologi Indonesia (Akreditasi B)

      • S1 Sastra Arab (Akreditasi A)

      • S1 Sastra Belanda (Akreditasi B)

      • S1 Sastra Cina (Akreditasi B)

      • S1 Sastra Daerah untuk Sastra Jawa (Akreditasi B)

      • S1 Sastra Indonesia (Akreditasi A)

      • S1 Sastra Inggris (Akreditasi B)

      • S1 Sastra Jepang (Akreditasi B)

      • S1 Sastra Jerman (Akreditasi A)

      • S1 Sastra Perancis (Akreditasi B)

      • S1 Sastra Rusia (Akreditasi B)

      • S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea (Akreditasi C)

Keterangan :
Akreditasi A = Sangat Baik (A)
Akreditasi B = Baik (B)
Akreditasi C = Cukup (C)
Akreditasi D = Kurang/Tidak Terakreditasi (sudah mengajukan usulan akreditasi tetapi hasilnya kurang memuaskan)
Dalam Proses = Program studi sedang dalam proses pengajuan usulan akreditasi
Belum Terakreditasi = Program studi belum mengajuan usulan akreditasi

Last edited by dudulalalala (07 Jan 2014 01:00)

Offline

#2 12 May 2012 15:29

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

  • PROGRAM VOKASI

    • Bidang Studi Akuntansi

      • D3 Akuntansi Keuangan (Akreditasi A)

      • D3 Akuntansi Sektor Publik (Akreditasi A)

      • D3 Akuntansi Teknologi Sistem Informasi (Akreditasi A)

    • Bidang Studi Administrasi

      • D3 Asuransi dan Aktuaria (Akreditasi B)

      • D3 Keuangan dan Perbankan (Akreditasi A)

      • D3 Perkantoran dan Sekretaris (Akreditasi A)

      • D3 Perpajakan (Akreditasi A)

    • Bidang Studi Kedokteran

      • D3 Fisioterapi (Akreditasi B)

      • D3 Okupasi Terapi (Akreditasi B)

      • D3 Perumahsakitan (Akreditasi B)

    • Bidang Studi Komunikasi

      • D3 Penyiaran (Akreditasi A)

      • D3 Hubungan Masyarakat (Akreditasi A)

      • D3 Periklanan (Akreditasi A)

    • Bidang Manajemen Informasi dan Dokumen

      • D3 Manajemen Informasi dan Dokumen (Akreditasi B)

    • Bidang Pariwisata

      • D3 Pariwisata (Akreditasi B)

Keterangan :
Akreditasi A = Sangat Baik (A)
Akreditasi B = Baik (B)
Akreditasi C = Cukup (C)
Akreditasi D = Kurang/Tidak Terakreditasi (sudah mengajukan usulan akreditasi tetapi hasilnya kurang memuaskan)
Dalam Proses = Program studi sedang dalam proses pengajuan usulan akreditasi
Belum Terakreditasi = Program studi belum mengajuan usulan akreditasi

Last edited by dudulalalala (07 Jan 2014 00:51)

Offline

#3 29 May 2013 14:34

adityaa
Member
Registered: 11 Jul 2012
Posts: 69

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

yah sastra jepang akreditasi b


Cogito Ergo Sum.

Offline

#4 29 May 2013 17:07

utary_putri
Member
Registered: 29 May 2013
Posts: 2

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

yah sastra korea akreditasinya c padahal mau masuk kesitu kalo akreditasinya c kira" ngaruh ga sama peluang kerja ?

Offline

#5 29 May 2013 20:27

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

utary_putri wrote:

yah sastra korea akreditasinya c padahal mau masuk kesitu kalo akreditasinya c kira" ngaruh ga sama peluang kerja ?

Tergantung kamu maunya kemana, biasanya perusahaan BUMN mensyaratkan akreditasi minimal B utk PTN.
Tapi, kalau perusahaan swasta gak terlalu pengaruh...

Offline

#6 29 May 2013 23:18

rosyapc
Member
Registered: 25 Feb 2012
Posts: 3

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

ini gak ada Teknik Industri, agak gimana gitu-_-

Offline

#7 30 May 2013 00:11

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

rosyapc wrote:

ini gak ada Teknik Industri, agak gimana gitu-_-

maap2 saya lupa masukin, akreditasinya A.

Last edited by dudulalalala (30 May 2013 00:18)

Offline

#8 09 Jun 2013 00:04

lintangcahya
Member
From: Yogyakarta
Registered: 08 Jun 2013
Posts: 10
Website

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

Sastra inggris akreditasinya b kak? Nggak nyangka sasing ui segitu yikes

Offline

#9 09 Jun 2013 00:15

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

lintangcahya wrote:

Sastra inggris akreditasinya b kak? Nggak nyangka sasing ui segitu yikes

Setelah saya cek ke BAN PT, akreditasinya berlaku sampai tahun lalu, sekarang lagi diperpanjang. Jadi, lagi di akreditas ulang. Semoga saja, "A" hasilnya. big_smile

Offline

#10 09 Jun 2013 17:17

Dhandy_achmad
Member
From: Bogor
Registered: 17 May 2013
Posts: 77

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

Waduh Psikologi,MTK & Kimia akreditasnya A semua.
Tapi ka,yang lbh bagus urutannya gmn ya ?

Offline

#11 16 Jun 2013 09:47

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

Nice info!

Jurusan gue akreditasinya A. Wkwkwk

Offline

#12 18 Jun 2013 20:30

dabu-dabu
Member
Registered: 02 Jun 2013
Posts: 42

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

utary_putri wrote:

yah sastra korea akreditasinya c padahal mau masuk kesitu kalo akreditasinya c kira" ngaruh ga sama peluang kerja ?

sastra korea jenjang S1 itu baru ada di UI dan UGM, jurusan yg baru dibuka sama2 tahun 2006.
UGM malah belum terakreditasi

Offline

#13 10 Sep 2013 15:47

deecha
Member
Registered: 10 Sep 2013
Posts: 1

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

Kalau mau minta surat keterangan akreditasi, mintanya ke siapa ?

Offline

#14 29 Sep 2013 14:43

mabaui2014
Member
Registered: 29 Sep 2013
Posts: 1

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

Kak kalo pilihannya tek kimia, tek industri, tek metalurgi udah bener belom kak?

Offline

#15 12 Jan 2014 13:13

Ahmad_Luthfi
Member
Registered: 09 Jan 2014
Posts: 8

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

dudulalalala wrote:
utary_putri wrote:

yah sastra korea akreditasinya c padahal mau masuk kesitu kalo akreditasinya c kira" ngaruh ga sama peluang kerja ?

Tergantung kamu maunya kemana, biasanya perusahaan BUMN mensyaratkan akreditasi minimal B utk PTN.
Tapi, kalau perusahaan swasta gak terlalu pengaruh...

#kak dululala
terus kalo jurusan yang belum diakreditasi peluang kerjanya minim dong kak?

Offline

#16 12 Jan 2014 15:44

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

Ahmad_Luthfi wrote:

#kak dululala
terus kalo jurusan yang belum diakreditasi peluang kerjanya minim dong kak?

gak juga, misalnya lulusan BKK, waktu wisuda angkatan pertama sebagian besar sudah ditawari bekerja dan bahkan ditawari beasiswa S2,
padahal waktu itu jurusan tersebut belum terakreditasi

walaupun tidak selalu benar, umumnya reputasi universitas juga membantu menggangkat citra program studi walau prodi belum terakreditasi karena masih baru...

Misalnya, reputasi universitas bisa diukur dari pencapaian UI yang telah terakreditasi institusi pendidikan tinggi (AIPT) dari BAN PT dengan peringkat "A" (Sangat Baik), masih sedikit perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan AIPT peringkat "A"

Last edited by dudulalalala (12 Jan 2014 15:51)

Offline

#17 13 Jan 2014 11:05

ajisaka
Member
Registered: 13 Jan 2014
Posts: 8

Re: Informasi Akreditasi Prodi S1 dan D3 UI

TES KECOCOKAN JURUSAN :

Tahukah bahwa di jurusan Teknik Geologi, mata kuliahnya didominasi oleh  ilmu geografi, biologi dan kimia ?

Ya, sedikit sekali ilmu-ilmu matematika dan fisika dibutuhkan di jurusan ini, walaupun nama awal jurusannya adalah teknik.
Dan tahukah bahwa di jurusan teknik geologi dibutuhkan kemampuan outdoor yang relatif dominan. Dengan kata lain, kamu harus sangat menyukai dunia pencinta alam.
Dan tentu saja, diperlukan minat yang tinggi dan daya juang yang tinggi terhadap mata kuliah dominan dan kemampuan khusus spesifik di jurusan tersebut, karena itulah ‘makanan’ sehari-hari saat kamu kuliah di jurusan ini.

Tahukah juga bahwa jurusan Teknik Planologi (Perencanaan Wilayah dan Kota PWK) membutuhkan kemampuan dominan geografi, ekonomi dan statistik ? Dan di jurusan ini diperlukan kemampuan untuk membuat sketsa (artistik) ?

Jadi, jangan salah prediksi ! Tidak semua jurusan teknik, dominan dengan matematika dan fisika !

Demikian gambaran 2 jurusan tersebut.  Dan ada banyak jurusan lain (IPA dan IPS) yang mungkin belum diketahui, kemampuan dominan apa yang diperlukan dan minat/kemampuan spesifik apa yang diperlukan.
.
Kesalahan dalam menduga seperti apa perkuliahan di sebuah prodi/jurusan di perguruan tinggi bisa berakibat fatal !

Dalam buku "Jangan Salah Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi" (pada bagian 3) diceritakan kisah seorang siswa berprestasi dari sebuah SMA Negeri favorit di Kota Bandungyang gagal kuliah karena tidak tepatnya jurusan yang dipilih dengan kemampuan akademis yang dikuasai dan kemampuan spesifik yang harus dikuasai di jurusan tersebut.

Dengan gambaran seperti itulah, kami menawarkan sebuah Tes yang dinamakan Tes Kecocokan Jurusan (TKJ)

Tujuan dan Manfaat TKJ :
1. Agar siswa memasuki jurusan/prodi yang benar-benar cocok dengan kemampuannya, sehingga siswa akan menjalani perkuliahan dengan lancar sampai lulus kuliah.
2. Agar siswa tidak mengambil pilihan fatal, yaitu salah pilih jurusan/prodi di perguruan tinggi yang dapat menyebabkan perkuliahan tersendat atau bahkan drop out.
3. Bagi siswa yang SUDAH memiliki pilihan jurusan di perguruan tinggi, TKJ akan menguji apakah pilihannya tersebut cocok dengan kemampuannya atau tidak. Jika tidak, TKJ akan memberikan rekomendasi jurusan/prodi yang cocok.
4. Bagi siswa yang BELUM memiliki pilihan jurusan/prodi di perguruan tinggi, TKJ akan memberikan rekomendasi jurusan/prodi yang cocok, dan saran jurusan/prodi yang sebaiknya dihindari.

gabung saja Tes Kecocokan Jurusan (TKJ) Online >> https://www.facebook.com/groups/TesKeco … sanOnline/

mau tahu hasil Tes Kecocokan Jurusan (TKJ) online yang sudah kita lakukan,,silahkan download filenya disini  >> https://www.facebook.com/groups/TesKeco … 040537988/

Apa sih yang diperoleh dari Tes Kecocokan Jurusan (TKJ Online) ini ??

setiap peserta TKJ akan mendapatkan ;
(1). HASIL TKJ yang KONKRIT (Prodi apa yg cocok, prodi apa yg tidak cocok)
(2). E-book “Jangan Salah Pilih Jurusan di Perguruan Tinggi”
(3). Passing Grade PTN (IPA/IPS) se Indonesia
(4). PREDIKSI SBMPTN (IPA/IPS) 2014 (soal + pembahasan)

Offline

Board footer

Powered by FluxBB