SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 07 Jun 2012 21:16

AyuRosyadha
Member
From: Indonesia
Registered: 02 May 2011
Posts: 3
Website

Soal SIMAK UI 2012

Saya mau tanya nih kakak2 smile Lebih sulit soal SIMAK atau SNMPTN Tulis ya ? dan di SIMAK berlaku sistem benar +4, salah -1, dan kosong 0 nggak ? Thanks before big_smile

Offline

#2 07 Jun 2012 21:22

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Soal SIMAK UI 2012

AyuRosyadha wrote:

Saya mau tanya nih kakak2 smile Lebih sulit soal SIMAK atau SNMPTN Tulis ya ? dan di SIMAK berlaku sistem benar +4, salah -1, dan kosong 0 nggak ? Thanks before big_smile

Sulit dan tidaknya itu relatif.
Kamu cicipi sendiri soal SIMAK UI sejak pertama kali digelar dimulai tahun 2009, 2010, 2011 yang bisa diunduh:
http://simak.ui.ac.id/prosedur-pendafta … oal-Simak/
Dan rasakan sendiri pengalamannya.... tongue

Iya, penilaiannya setiap soal yang dijawab benar (+4), salah (-1), dan tidak diisi (0).

Last edited by dudulalalala (07 Jun 2012 21:23)

Offline

#3 07 Jun 2012 21:22

IlmuKomputer_2009
Member
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 34

Re: Soal SIMAK UI 2012

@AyuRosyadha
Betul di simak ui dan snmptn berlaku +4 kalau benar, -1 kalau salah, 0 kalau tidak diisi,.
Berdasarkan pengalaman saya dan rekan2 lain mulai dari tahun 2009,2010,2011 soal simak ui lebih sulit dari soal snmptn,. Tp tetap didesign untuk bisa dikerjakan oleh siswa,.
Semangat terus,.

Offline

#4 07 Jun 2012 22:47

adethyaputra
Member
Registered: 05 Jun 2012
Posts: 1

Re: Soal SIMAK UI 2012

kalo boleh mah minta pembahasannya dong hahahaa big_smile

Offline

#5 08 Jun 2012 06:51

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Soal SIMAK UI 2012

@ade
sebenarnya ada beberapa situs yg menyediakan pembahasan soal SIMAK UI dan/atau SNMPTN Tulis, hanya saja kamu harus lebih gigih utk dpt menemukan pembahasan soal tsb.
.
Saran sy, mending kamu beli buku pembahasan soal SIMAK dan/atau SNMPTN di toko buku: Gramedia. Biasanya dan hampir pasti, di bulan2 menjelang tes masuk PTN ini akan banyak buku2 pembahasan + contoh soal dari tahun ke tahun. Pembahasannya pun lengkap dan praktis.

Offline

#6 08 Jun 2012 16:00

eric.b-and-rakim
Member
Registered: 03 Jun 2012
Posts: 27

Re: Soal SIMAK UI 2012

kalo menurut gw sih susahan SIMAK

Offline

#7 14 Jun 2012 23:10

burnitdown
Member
Registered: 13 Jun 2012
Posts: 20

Re: Soal SIMAK UI 2012

AyuRosyadha wrote:

Saya mau tanya nih kakak2 smile Lebih sulit soal SIMAK atau SNMPTN Tulis ya ? dan di SIMAK berlaku sistem benar +4, salah -1, dan kosong 0 nggak ? Thanks before big_smile

Soal simak jauh lebih sulit

Offline

#8 15 Jun 2012 14:51

madagascaro.aya
Member
Registered: 14 Jun 2012
Posts: 20

Re: Soal SIMAK UI 2012

ada nilai matinya gak kak???
kan denger" kemaren snmptn tulisnya ada nilai mati juga :'(

Offline

#9 15 Jun 2012 16:59

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Soal SIMAK UI 2012

@madagascar
pada SIMAK UI tidak diberlakukan nilai mati.

Offline

#10 15 Jun 2012 17:25

maratun
Member
Registered: 15 Jun 2012
Posts: 4

Re: Soal SIMAK UI 2012

Saya mau tanya kak,kalau misalkan bidikmisi snmptn kan tidak ada biaya pendaftarannya,  apakah pendaftaran bidikmisi simak ui ada biaya pandaftaranya atau tidak  ?

Offline

#11 15 Jun 2012 17:38

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Soal SIMAK UI 2012

@maratun
sama saja dgn SNMPTN, tidak dipungut biaya jg.

Offline

#12 18 Jun 2012 09:36

destiachan
Member
Registered: 17 Jan 2012
Posts: 2

Re: Soal SIMAK UI 2012

Oya kak rata-rata yang masuk teknik melalui jalur simak ui pada ngisi berapa ya kak?

Offline

#13 18 Jun 2012 13:14

Andhika
Member
Registered: 17 Jun 2012
Posts: 19

Re: Soal SIMAK UI 2012

kak dari soal SIMAK dari tahun ketahun adakah persamaannya ?? atau benar benar berbeda dari tahun ketahun ... ?? lalu maksudnya nilai mati apa ka ??

Offline

#14 18 Jun 2012 15:29

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Soal SIMAK UI 2012

@andhika
bisa dikatakan soal2 SIMAK dari tahun ke tahun benar2 berbeda.
.
Nilai mati adalah ketentuan tak tertulis yg berlaku dalam proses penyeleksian (seleksi masuk PTN, misalnya).
Nilai mati berlaku jika nilai pada 1 mapel yg diujikan, total nilai mentahnya kurang dari -2.
Nilai mentah adalah total poin jawaban yg benar dikurang total poin jawaban yg salah.
Contoh:
berlaku ketentuan tertulis, benar = +4, salah = -1, tidak diisi = 0.
1 mapel berjumlah 20 soal. Dari jumlah tsb kamu mengerjakan dgn benar 10, salah 8, dan tidak diisi 2.
Maka nilai mentahnya adalah (10x4) - (8x-1) + (2x0) = 40 - 8 + 0 = 32.
Nilai ini tidak kena nilai mati.
.
Lalu bagaimana nilai mati berlaku.
Contoh
berlaku ketentuan tertulis, benar = +4, salah = -1, tidak diisi = 0.
1 mapel berjumlah 20 soal. Dari jumlah tsb kamu mengerjakan dgn benar 2, salah 12, dan tidak diisi 5.
Maka nilai mentahnya adalah (2x4) - (12x-1) + (5x0) = 8 - 12 + 0 = -4.
Nilai ini yg dinamakan kena nilai mati karena nilai ini kurang dari -2 di satu mapel.
.
#catatan
ada pula anggapan bahwa nilai mati adalah nilai mentah kurang atau =  0 di satu mapel.
Pada SIMAK UI tidak diterapakan ketentuan nilai mati.

Offline

#15 18 Jun 2012 15:49

Andhika
Member
Registered: 17 Jun 2012
Posts: 19

Re: Soal SIMAK UI 2012

oh jadi walaupun kita pada salah satu mapel ada nilai min ... tetapi klo keseluruhan nilai kita masuk kriteria penerimaan kita masih bisa masuk ka ??

Offline

#16 18 Jun 2012 16:34

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Soal SIMAK UI 2012

@andika
coba dibaca ulang postingan sy di atas. Kamu kurang nanggap tuh smile

Last edited by adie (18 Jun 2012 16:35)

Offline

#17 18 Jun 2012 16:38

Andhika
Member
Registered: 17 Jun 2012
Posts: 19

Re: Soal SIMAK UI 2012

iya ka di ui ga berlaku nilai mati kan ... nah bagaimana kalau nilai suatu mapel kita min .. ambil contoh matdas nilai kita nilai mentahnya -4 .... itu bagaimana ?

Offline

#18 18 Jun 2012 18:13

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Soal SIMAK UI 2012

@andhika
dikatakan kena nilai mati jika "di 1 mapel atau bahkan lebih" diperoleh nilai mentah kurang dari -2. Kurang dari -2 itu artinya -3, -4, -5, dan seterusnya. Kamu dpt nilai mentah -3 di 1 mapel saja sudah dikatakan kena nilai mati, apalagi dpt nilai mentah -4 di 1 mapel.
.
Walaupun nilai keseluruhanmu tinggi, tapi jika ada nilai mentah di 1 mapel saja yg kurang dari -2, maka tetap nilai itu dikatakan kena nilai mati. Nilai mati yg diperoleh tsb akan membuat LJK peserta yang bersangkutan tidak akan diproses lbh lanjut alias langsung gugur.

Last edited by adie (18 Jun 2012 18:14)

Offline

#19 18 Jun 2012 18:42

Andhika
Member
Registered: 17 Jun 2012
Posts: 19

Re: Soal SIMAK UI 2012

kalo di SIMAK ui tahun ini ga berlaku yg seperti kk bilang di atas ini kan ka ??

Offline

#20 18 Jun 2012 18:45

Andhika
Member
Registered: 17 Jun 2012
Posts: 19

Re: Soal SIMAK UI 2012

klo di SNMPTN kan berlaku ya ka itu ... klo SIMAK thun ini ndak berlaku kan

Offline

#21 18 Jun 2012 19:05

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Soal SIMAK UI 2012

@andhika
iya, SIMAK UI TIDAK (PERNAH) memberlakukan ketentuan nilai mati.
#sumber: @kerenz
kontributor forum SIMAK UI.

Offline

Board footer

Powered by FluxBB