SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 19 Jun 2012 09:22

cicik
Member
Registered: 19 Jun 2012
Posts: 1

Biaya pendidikan

biaya pendidikan di web.nya katanya disesuaikan penghasilan orang tua, tetapi di pendaftaran simak ui biaya pendidikannya kok tidak ada penggolongannya misalnya penghasilan antara sekian sampai sekian harus membayar sekian...
Mohon penjelasannya ya...... Terimakasihh..... ^_^

Offline

#2 19 Jun 2012 09:57

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Biaya pendidikan

cicik wrote:

biaya pendidikan di web.nya katanya disesuaikan penghasilan orang tua, tetapi di pendaftaran simak ui biaya pendidikannya kok tidak ada penggolongannya misalnya penghasilan antara sekian sampai sekian harus membayar sekian...
Mohon penjelasannya ya...... Terimakasihh..... ^_^

Web Pendaftaran SIMAK yang tertera adalah biaya maksimal.
Program reguler ada mekanisme Biaya Pendidikan Berkeadilan. Mekanismenya ketika lulus nantinya kamu harus memilih opsi BPB ini (pilih salah satu):
a. Membayar penuh
b. Membayar penuh namun dicicil
c. Mengajukan biaya pendidikan berkadilan

Offline

#3 19 Jun 2012 10:02

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Biaya pendidikan

@cicik
biaya yg tertera di situ adalah biaya "asli". Nanti saat  kamu dinyatakan diterima di UI, di akunmu akan ada pernyataan mengenai Tata Cara Pembayaran. Nah, inilah yg disebut mekanisme BOP-B. Kamu akan diberi pilihan, apakah mengajukan keringanan biaya (berarti mengajukan BOP-B), mencicil, atau membayar penuh (tidak keberatan dgn biaya "asli" tadi.
Maka dari itu, biaya yg kamu lihat itu hanyalah daftar biaya "aslinya" saja, bukan biaya final. Istilahnya biasa standar.
.
Saya analogikan ya.
Misal, kamu beli sepatu di pasar. Pedagang sepatu ngasih harga Rp100.000. Tapi kamu cuma punya uang Rp80.000. Pastinya kamu nawar dong. Dengan argumenmu, bilang ke abangnya "80 aja ya bang, saya cuma punya uang segitu". Dalam situasi ini kamu akan melakukan tawar-menawar dgn pedagang tsb. Inilah yg dianalogikan seperti "pengajuan BOP-B". Mahasiswa/i "menawar" biaya kuliah yg diberikan atau biaya asli.
.
Mengerti ya smile

Offline

#4 19 Jun 2012 16:59

azizia_r
Member
Registered: 19 Jun 2012
Posts: 1

Re: Biaya pendidikan

kak tolong dijawab ya.. biaya s1 paralel ilmu politik dan vokasi adm perkantoran&sekertari berapa ya kak? tolong banget dibalas ya kak. terimakasih smile

Offline

#5 19 Jun 2012 17:06

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Biaya pendidikan

azizia_r wrote:

kak tolong dijawab ya.. biaya s1 paralel ilmu politik dan vokasi adm perkantoran&sekertari berapa ya kak? tolong banget dibalas ya kak. terimakasih smile

Paralel : http://www.ui.ac.id/download/biaya-pend … aralel.pdf
Vokasi : http://www.ui.ac.id/download/biaya-pend … vokasi.pdf

Catatan:
Tidak ada fasilitas biaya pendidikan berkeadilan untuk kedua prodi tersebut.

Offline

#6 19 Jun 2012 17:18

ardin
Member
Registered: 16 Jun 2012
Posts: 41

Re: Biaya pendidikan

kak tapi kalo vokasi bener2 ga ada pengurangan biaya? jd harga yg tertera ga bisa dikurangi lg dong?

Offline

#7 19 Jun 2012 18:03

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Biaya pendidikan

ardin wrote:

kak tapi kalo vokasi bener2 ga ada pengurangan biaya? jd harga yg tertera ga bisa dikurangi lg dong?

Tidak ada pengurangan, tetapi bisa dicicil dengan melampirkan bukti2 yang ditentukan.
Pencicilan biaya pendidikan dapat diajukan ketika satu semester berjalannya perkuliah, tetapi semester pertama kamu bayar full.

Last edited by dudulalalala (19 Jun 2012 18:04)

Offline

#8 19 Jun 2012 19:10

ardin
Member
Registered: 16 Jun 2012
Posts: 41

Re: Biaya pendidikan

kak biaya utk regulernya bisa d download?

Offline

#9 19 Jun 2012 21:22

abidianazaruddin
Member
Registered: 18 Jun 2012
Posts: 4

Re: Biaya pendidikan

kak,tadi aku di tanyain temen.saumpama kalo dia uda di terima di jalur paralel.tapi kalo di lepas,dia akan dapat sanksi buat dirinya atau asal sekolahan nya apa gag?mohon penjelasannya

Offline

#10 19 Jun 2012 21:33

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Biaya pendidikan

abidianazaruddin wrote:

kak,tadi aku di tanyain temen.saumpama kalo dia uda di terima di jalur paralel.tapi kalo di lepas,dia akan dapat sanksi buat dirinya atau asal sekolahan nya apa gag?mohon penjelasannya

Kalau lewat jalur SIMAK, paralel dilepas tidak akan mempengaruhi sekolahnya apalagi ke orangnya. big_smile

Last edited by dudulalalala (19 Jun 2012 22:09)

Offline

#11 19 Jun 2012 22:08

abidianazaruddin
Member
Registered: 18 Jun 2012
Posts: 4

Re: Biaya pendidikan

untuk vokasi jg sama?

Offline

#12 19 Jun 2012 22:09

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Biaya pendidikan

^
Idem.

Btw, kalau memang dari awal ga pengen masuk paralel dan vokasi, lalu bertanya kalau diterima terus ga diambil, kenapa milih paralel dan vokasi dari awal? -_-

Last edited by dudulalalala (19 Jun 2012 22:10)

Offline

#13 19 Jun 2012 22:51

abidianazaruddin
Member
Registered: 18 Jun 2012
Posts: 4

Re: Biaya pendidikan

mungkin karena takut ga di terima reguler.

Offline

#14 19 Jun 2012 22:59

Toshikawa
Member
Registered: 19 Jun 2012
Posts: 13

Re: Biaya pendidikan

^

True story

Offline

#15 20 Jun 2012 04:39

salmasaadah
Member
Registered: 19 Jun 2012
Posts: 6

Re: Biaya pendidikan

biologi paralel itu ada tidak? kalo saya lihat di rincian biaya pendidikan yg saya download kok tidak di cantumkan? apakah sama dengan biaya MIPA paralel lainnya?

Offline

#16 20 Jun 2012 08:40

nazhraanez
Member
Registered: 05 Jun 2012
Posts: 4

Re: Biaya pendidikan

coba kak saya giliran nanya.
Tadi udah disebutkan di atas ada yang namanya mekanisme BOP-B. Sama ngga sih BOP-B dengan bidik misi?
Kalo bidik misi kan jelas hanya untuk S1 Reg, kalo BOP-B bisa buat S1 paralel dan vokasi ngga?
Maksudnya berarti ketika mahasiswi keterima di S1 paralel, trus dia bs melakukan pembayaran dengan mekanisme pilihan 3 cara tsb kah?

Thanks before smile

Offline

#17 20 Jun 2012 09:19

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: Biaya pendidikan

@nazhra
BOP-B tidak sama dgn Bidik Misi.
-BOP-B adalah mekanisme pembebanan biaya yg sesuai kemampuan penanggung biaya mahasiswa/i yg bersangkutan.
-Bidik Misi adalah bantuan biaya pendidikan (bisa dikatakan beasiswa) dari Kemdikbud Ditjen Dikti.
Bidik Misi dan BOP-B, keduanya diperuntukkan hanya bagi mahasiswa/i reguler. Mahasiswa/i non-reguler (paralel, vokasi, KKI) tidak disediakan fasilitas beasiswa dan keringanan biaya sama sekali.

Offline

#18 20 Jun 2012 22:37

citraewardani
Member
Registered: 20 Jun 2012
Posts: 8

Re: Biaya pendidikan

bop sama dp apa bedanya ? apa salah satu dari masing2 merupakan biaya semester? mksih kk ^^

Offline

#19 20 Jun 2012 22:41

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Biaya pendidikan

citraewardani wrote:

bop sama dp apa bedanya ? apa salah satu dari masing2 merupakan biaya semester? mksih kk ^^

BOP = Biaya per semester
DP itu istilah lain untuk program vokasi atau paralel. Nama lain di kelas reguler adalah uang pangkal (UP).

UP dan DP dibayar hanya pada semester satu pas pertama kali masuk kuliah, setelah lunas tidak akan ditanggih lagi di pembayaran periode selanjutnya.

Offline

#20 21 Jun 2012 10:47

Shesweetfa
Member
Registered: 04 Jun 2012
Posts: 10

Re: Biaya pendidikan

terus kak, klo DKFM tu pa?apa untuk prog. vokasi dan paralel juga kah??
trimzzz *.*

Offline

#21 21 Jun 2012 11:06

AdrianoMinami
Member
Registered: 04 Dec 2010
Posts: 395

Re: Biaya pendidikan

Shesweetfa wrote:

terus kak, klo DKFM tu pa?apa untuk prog. vokasi dan paralel juga kah??
trimzzz *.*

Dana Kesejahteraan Fasilitas Mahasiswa, khusus untuk Reguler

Offline

#22 21 Jun 2012 11:09

Shesweetfa
Member
Registered: 04 Jun 2012
Posts: 10

Re: Biaya pendidikan

owh gtu, berarti nnt yang hrus dbyar itu BOP, UP, dan DKFM itu ya??

Offline

#23 22 Jun 2012 05:43

hamidah
Member
Registered: 20 Jun 2012
Posts: 5

Re: Biaya pendidikan

ka kalo yg ad keringanan biaya itu cuma buat BOP-B aj ? kalo UP gmn?

Offline

#24 22 Jun 2012 08:43

AdrianoMinami
Member
Registered: 04 Dec 2010
Posts: 395

Re: Biaya pendidikan

Shesweetfa wrote:

owh gtu, berarti nnt yang hrus dbyar itu BOP, UP, dan DKFM itu ya??

Ada satu lagi, dana pelengkap sebesar 600rb yang harus dibayarkan pada saat awal masuk saja


hamidah wrote:

ka kalo yg ad keringanan biaya itu cuma buat BOP-B aj ? kalo UP gmn?

Ada juga kok big_smile

Offline

#25 22 Jun 2012 08:53

jhonathanps
Member
Registered: 21 Jun 2012
Posts: 3

Re: Biaya pendidikan

Kak, uang pangkal itu dapat pengurangan juga tidak??? 0.o

Offline

Board footer

Powered by FluxBB