SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 16 Feb 2013 14:27

novacamelia
Member
Registered: 16 Feb 2013
Posts: 4

berapa biaya tahun 2013/2014

ka, mau tanya. berapa biaya jurusan akuntansi dan matematika persemesternya?

Offline

#2 16 Feb 2013 19:03

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

novacamelia wrote:

ka, mau tanya. berapa biaya jurusan akuntansi dan matematika persemesternya?

Biaya pendidikan tahun 2013 belum bisa dipastikan karena belum dikeluarkan SK-nya, kemungkinan:

Rumpun Sosial dan Humaniora (FE, FIB, FISIP, FH, F.Psi) - Kelas Reguler
BOP-B = Rp 100.000 sampai dengan Rp 5.000.000,00 (maksimal)

Rumpun Ilmu Kesehatan (FK, FKG, FKM, FIK, dan FF) serta Rumpun Sains dan Teknologi (FT, FMIPA, Fasilkom) - Kelas Reguler
BOP-B = Rp 100.000 sampai dengan Rp 7.500.000,00 (maksimal)

Tambah: DPP 600 ribu + DKFM 100 ribu

Ilustrasi:
Semester 1 = BOPB + DPP + DKFM
Semester 2 dst = BOP + DKFM

Catatan: Akuntansi masuk ke rumpun soshum dan Matematika masuk ke rumpun sainstek

BOP-B adalah biaya pendidikan yang hanya ditawarkan di program S1 Reguler. Adapun mekanisme BOP-B:

  1. Membayar lunas semua biaya pendidikan pada batas maksimal
    (batas maksimal Rp 5 juta untuk Rumpun Sosial dan Humaniora atau 7,5 juta untuk Rumpun Kesehatan, Sains, dan Teknologi)

  2. Membayar lunas semua biaya pendidikan pada batas maksimal namun dicicil

  3. Mengajukan pengurangan biaya pendidikan sampai dengan batas minimal terendah (Rp 100 ribu) atau nol rupiah dengan melengkapi seluruh ketentuan persyaratan yang diberikan oleh UI

Setelah peserta dinyatakan lolos seleksi masuk UI (SNMPTN, SBMPTN, SIMAK) pada program S1 Reguler dapat memilih salah satu mekanisme BOP-B sesuai kemampuannya (poin 1 - 3).


----------------------------------------------------------
539077_10151416203624490_758395318_n.jpg

Last edited by dudulalalala (23 Feb 2013 22:11)

Offline

#3 18 Feb 2013 19:44

novacamelia
Member
Registered: 16 Feb 2013
Posts: 4

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

begitu ya ka.. big_smile terimakasih ka.

Offline

#4 19 Feb 2013 14:50

nurizaman
Member
Registered: 19 Feb 2013
Posts: 2

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

ka,,, ku mau tanya,,,,,saya lulusan smk teknik,berniat untuk melanjutkan s1 tapi ingin ambil program studi Yang jalury IPS...
apakah bisa ikut seleksiy...

Offline

#5 19 Feb 2013 15:38

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

nurizaman wrote:

ka,,, ku mau tanya,,,,,saya lulusan smk teknik,berniat untuk melanjutkan s1 tapi ingin ambil program studi Yang jalury IPS...
apakah bisa ikut seleksiy...

tentu bisa. smile

Offline

#6 20 Feb 2013 14:30

parapdoo
Member
Registered: 14 Nov 2012
Posts: 21

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

kaka mau tanya kalo keputusan untuk biaya pararel kira2 kapan keluarnya ya ka? Makasih smile

Offline

#7 20 Feb 2013 17:41

inidetri
Member
Registered: 14 Feb 2013
Posts: 2

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

permisi kak,
boleh tau apa biaya praktikum dan sks itu sudah termasuk di BOP yang 5jt itu? (untuk FEUI)
dan berapa rincian biaya per semester yang harus kita sediakan untuk jurusan Manajemen?
mksh

Offline

#8 23 Feb 2013 22:00

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

inidetri wrote:

permisi kak,
boleh tau apa biaya praktikum dan sks itu sudah termasuk di BOP yang 5jt itu? (untuk FEUI)
dan berapa rincian biaya per semester yang harus kita sediakan untuk jurusan Manajemen?
mksh

UI tidak ada biaya praktikum ataupun biaya SKS.
Manajemen masuk ke Rumpun Sosial dan Humaniora.
Jadi, biaya yang kamu bayar di Manajemen UI per semester hanyalah BOPB + DKFM.
Adapun BOPB: 100 ribu sd 5 juta itu (seperti yang dijelaskan diatas) dan DKFM: 100 ribu
Penjelasan BOP-B untuk S1 Reguler dapat Anda lihat pada post saya sebelumnya yang tertera di atas.

Rumpun Sosial dan Humaniora meliputi:
- Fakultas Ekonomi: Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Ekonomi Islam
- Fakultas Hukum: Ilmu Hukum
- Fakultas Psikologi: Psikologi
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Ilmu Politik, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Administrasi (Niaga, Negara, Fiskal), Kriminologi, Antropologi Sosial, dan Sosiologi
- Fakultas Ilmu Budaya: Ilmu Perpustakaan, Ilmu Filsafat, Arkeologi Indonesia, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Jawa, Sastra Jepang, Sastra Cina, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Arab, Sastra Inggris, Sastra Jerman, Sastra Perancis, Sastra Belanda, dan Sastra Rusia

Last edited by dudulalalala (23 Feb 2013 22:10)

Offline

#9 23 Feb 2013 22:07

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

parapdoo wrote:

kaka mau tanya kalo keputusan untuk biaya pararel kira2 kapan keluarnya ya ka? Makasih smile

Perkiraan bulan Mei 2013. wink

Offline

#10 08 Mar 2013 17:41

parapdoo
Member
Registered: 14 Nov 2012
Posts: 21

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

dudulalalala wrote:
parapdoo wrote:

kaka mau tanya kalo keputusan untuk biaya pararel kira2 kapan keluarnya ya ka? Makasih smile

Perkiraan bulan Mei 2013. wink

Makasih ka, tanya lagi ya ka hehe,berdasarkan tahun2 sebelumnya,biaya paralel naik berapa persen ka? Makasih ya ka smile

Offline

#11 12 Mar 2013 01:39

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

parapdoo wrote:

Makasih ka, tanya lagi ya ka hehe,berdasarkan tahun2 sebelumnya,biaya paralel naik berapa persen ka? Makasih ya ka smile

Kalau untuk biaya paralel 2013, sepertinya sudah bisa dicek ke laman berikut:
http://penerimaan.ui.ac.id/id/ppkb/program/223 (setelah klik silahkan pilih prodinya untuk mengetahui biaya kuliah Paralel)

Offline

#12 10 May 2013 12:58

vifki.leondo
Member
Registered: 10 May 2013
Posts: 1

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

mau nanya dong, update bop untuk angkatan 2012 ga ada y??

Offline

#13 10 May 2013 14:08

admin
Administrator
Registered: 08 Sep 2009
Posts: 1,202

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

vifki.leondo wrote:

mau nanya dong, update bop untuk angkatan 2012 ga ada y??

bop 2013/2014 masih sama dengan bop 2012/2013, tidak ada perubahan.
kelompok ipa Rp 7 juta
kelompok ips Rp 5 juta

Offline

#14 14 May 2013 08:38

parapdoo
Member
Registered: 14 Nov 2012
Posts: 21

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

ka, saya mau tanya waktu saya daftar simak ,dan liat biayanya , untuk akuntansi reguler kok gak keluar ya ka datanya? boleh tau ka untuk UP nya maksimal berapa? makasih ka big_smile

Offline

#15 14 May 2013 10:09

admin
Administrator
Registered: 08 Sep 2009
Posts: 1,202

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

parapdoo wrote:

ka, saya mau tanya waktu saya daftar simak ,dan liat biayanya , untuk akuntansi reguler kok gak keluar ya ka datanya? boleh tau ka untuk UP nya maksimal berapa? makasih ka big_smile


s1 reguler bebas uang pangkal

Offline

#16 04 Sep 2013 21:57

dr. Wempi
Member
Registered: 04 Sep 2013
Posts: 1

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

ka, mau tanya soal biaya pendidikan s1 reguler di ui skrg (tahun 2013) itu pake UKT atau BPO-B yah? trus bedanya apa sama keduanya?? nah, kalo misal milih FK atau FKG itu bakal dipungut biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan jurusan yang lain di UI? atau tetep sama rata sm jurusan yang lain?? dan maksimal 7,5 juta itu benerkah bisa dikuangi sesuai kemampuan orang tua kalo misal masuk FK atau FKG UI? mohon balesanya kak. penting

Offline

#17 05 Sep 2013 08:38

admin
Administrator
Registered: 08 Sep 2009
Posts: 1,202

Re: berapa biaya tahun 2013/2014

dr. Wempi wrote:

ka, mau tanya soal biaya pendidikan s1 reguler di ui skrg (tahun 2013) itu pake UKT atau BPO-B yah? trus bedanya apa sama keduanya?? nah, kalo misal milih FK atau FKG itu bakal dipungut biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan jurusan yang lain di UI? atau tetep sama rata sm jurusan yang lain?? dan maksimal 7,5 juta itu benerkah bisa dikuangi sesuai kemampuan orang tua kalo misal masuk FK atau FKG UI? mohon balesanya kak. penting


biaya kuliah di UI 2013/2014

kelompok rumpun IPA biaya persemester maksimal Rp 7.500.000
kelompok rumpun IPS biaya persemester maksimal Rp 5.000.000
khusus untuk Sarjana Reguler Bisa mengajukan BOP-B yaitu biaya persemester disesuaikan dengan finansial orang tua.

Offline

Board footer

Powered by FluxBB