SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#51 04 Jan 2010 08:40

dudulalala
Member
From: Jakarta
Registered: 19 Oct 2009
Posts: 469
Website

Re: FKUI

@Dewi Noraga
UI tidak menerapkan sistem passing grade. Sistem passing grade itu diterapkan berlaku ketika anda ingin masuk SMA Negeri. Semua proses penerimaan UI ditentukan dari kuota masing-masing jurusan. Artinya, berapapun nilainya selama masih tercukupi kuotanya, tetap akan diterima, begitu pula sebaliknya berapapun tinggi nilainya, selama kuotanya sudah penuh tetap akan ditolak. Dengan demikian, dapat kita simpulkan untuk bisa menjadi mahasiswa UI, simpel aja, cukup nilainya lebih tinggi dari saingan anda. Klo saingan anda nilainya 5 maka cukup 5,1 untuk bisa lolos. wink.gif

Offline

#52 08 Jan 2010 16:36

torks d_o
Member
From: Indonesia
Registered: 08 Jan 2010
Posts: 3

Re: FKUI

mo nanya soal kegiatan belajar di fkui....

kalo kedokteran itu kan deketnya sama praktek tuh, nah, katanya alat-alat buat prakteknya itu beli sendiri ya? Atau, udah disediain sama pihak kampus? Aduh, kalo beli sendiri kan mahal, apalagi kalo buat anak-anak yang ekonomi keluarganya gak mampu.

gara-gara itu, ortu saya gak mengizinkan saya masuk fkui, takut gak punya duit buat beli alat-alat itu, terus akhirnya gak bisa ngelanjutin kuliah, kuliahnya putus di tengah jalan deh, kan rugi. Padahal mau banget nih masuk fkui.

Please, penjelasannya.

Offline

#53 08 Jan 2010 17:55

Dewi Noraga
Member
From: Indonesia
Registered: 03 Jan 2010
Posts: 2

Re: FKUI

mau tanya lagi yaa tongue.gif

daya tampungnya FKUI itu berapa ? kira kira ajaa
terus kalo misalnya mau masuk ke UI (terutama FK) ada berapa jalur ? selain simak, umb, snmptn, ada jalur yang lain lagi gak ?

thxgrin.gif

Offline

#54 17 Jan 2010 18:11

rukti
Administrator
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 235

Re: FKUI

@ torks d_o : alat2 praktikum sudah disediakan oleh fakultas. kalo kamu mau punya sendiri buat praktek ndi rumah juga boleh...hehehe...

@ Dewi Noraga : Daya tampung udah bisa dilihat di http://penerimaan.ui.ac.id/id/period/program/261

Offline

#55 17 Jan 2010 19:39

fildza
Member
From: Indonesia
Registered: 17 Jan 2010
Posts: 3

Re: FKUI

oiya, mau tanya
ksdi itu apa ya?
peluangnya gede mana sama simak?

Offline

#56 18 Jan 2010 11:52

rukti
Administrator
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 235

Re: FKUI

@ fildza : KSDI itu jalur kemitraan, bukan buat pendaftar perorangan...namanya aja KSDI -> Kerja Sama Daerah dan Industri. Peluang masuknya ya sama kayak SIMAK, program ini diperuntukkan siswa luar p.Jawa dan Bali

Offline

#57 18 Jan 2010 20:43

auliaakbarbramantyo
Member
From: Indonesia
Registered: 09 Jan 2010
Posts: 18

Re: FKUI

kira2 berapa standar sumbangan sukarela masuk FKUI melalui SIMAK ya? dengar2 bisa sampe 300juta? apa itu benar?

Offline

#58 18 Jan 2010 20:51

majestic
Member
From: Indonesia
Registered: 18 Jan 2010
Posts: 5
Website

Re: FKUI

auliaakbarbramantyo

liat aja d sni http://www.ui.ac.id/download/biaya-pend … eguler.pdf

Offline

#59 18 Jan 2010 20:56

auliaakbarbramantyo
Member
From: Indonesia
Registered: 09 Jan 2010
Posts: 18

Re: FKUI

majestic
kalau itu biaya pendidikannya ya? yang membuat saya bingung biaya sumbangannya yg mana ya? apakah ada patokan minimum? biaya yang sampai 300juta itu apa dong?

Offline

#60 18 Jan 2010 23:56

riaoktavia
Member
From: Indonesia
Registered: 18 Jan 2010
Posts: 7

Re: FKUI

mau tanya tentang fkg ui bisa disini juga ga ?
biaya sumbangannya itu berapa ya ?
bop itu seperti spp itu kan ya ?

mohon jawabannya

Offline

#61 19 Jan 2010 01:04

dudulalala
Member
From: Jakarta
Registered: 19 Oct 2009
Posts: 469
Website

Re: FKUI

@auliaakbarbramantyo
Biaya yang Rp 300 juta itu buat yang dari jalur KSDI, bukan dari SIMAK, UMB PTN, PPKB, SNMPTN (mohon dibaca baik2)

Di UI tidak ada ketentuan sumbangan minimal, mungkin klo di PTN-PTN lain ada seperti komponen sumbangan dalam ujian mandiri, tetapi di UI tidak ada ketentuan kamu mesti nyumbang berapa.

Biaya pendidikannya seperti yang tercantum dalam link yg diberikan majestic. Biaya program sarjana reguler yang diberikan link diatas adalah biaya maksmal yang akan ditanggih setelah kamu dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UI.

Biaya kuliah program sarjana reguler (saya cetak tebal supaya tidak salah persepsi) UI terdiri dari 4 komponen yaitu
- UP alias Uang Pangkal (dibayar hanya pada semester pertama),
- DPP alias Dana Pelengkapan Pendidikan (dibayar hanya pada semester pertama),
- BOP alias Biaya Operasional Pendidikan (dibayar setiap semester), dan
- DKFM alias Dana Kesejahteraan Fasilitas Mahasiwa (dibayar setiap semester).
Selain empat komponen diatas, tidak adak komponen biaya lainnya yang ditagih. Semua sudah all in dalam 4 paket biaya diatas

Mungkin dari 4 komponen diatas yang memberatkan mahasiswa baru adalah UP dan BOP yang sampai puluhan juta rupiah. Nah, kamu ga usah pesimis dulu dengan biaya diatas. Bagi kamu yang merasa keberatan tersedia banyak keringanan biaya dalam membayar pendidikan tersebut. Keringanan biaya di sini istilahnya disebut BOP Berkeadilan (BOP-B). Maksudnya biaya pendidikan disesuai dengan tanggungan biaya dengan asas pertimbangan biaya kuliah yang berkeadilan sesuai dengan kemampuan keuangan (finansial) penanggung biaya.

Setiap mahasiswa UI yang lolos program sarjana reguler wajib mengajukan BOP-B sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Dalam BOP-B ada tiga opsi pilihan (dan kamu bisa pilih salah satu sesuai dengan kemampuan keuangan penanggung biaya) :
1 ) Biaya kuliah penuh
Maksudnya :
Membayar biaya penuh pendidikan di UI dengan ketentuan biaya maksimal.
Misalnya kamu diterima di jurusan Pendidikan Dokter kelas Reguler. Nah, salah satu  komponen biaya pendidikan dokter UI itu ada biaya UP yaitu nominalnya Rp 25 juta. Jika kamu memilih opsi ini kamu bayar biaya UP tersebut secara penuh (tidak dicicil, tidak dikurangi).

2 ) Biaya kuliah penuh dan dicicil
Maksudnya :
Membayar biaya penuh pendidikan di UI dengan ketentuan biaya nomimal maksimal, tetapi dengan dicicil.
Misalnya kamu diterima di jurusan Akuntansi kelas Reguler. Nah, salah satu komponen biaya pendidikan Akuntansi kelas reguler adalah BOP yaitu nominalnya Rp 5 juta rupiah. Jika kamu memilih opsi ini, kamu menyetujui bahwa kamu bersedia membayar BOP tersebut secara penuh tetapi pembayarannya dicicil/diangsur.

3 ) Pengurangan biaya pendidikan
Maksudnya :
Kamu nga sanggup membayar penuh biaya pendidikan di UI. Kamu mengajukan pengurangan biaya pendidikan. Jika kamu memilih opsi ini, kamu mesti melengkapi syarat-syarat untuk mengajukan pengurangan biaya pendidikan, seperti tagihan telepon (per tiga bulan), tagihan listrik (per tiga bulan), jumlah tanggungan, slip gaji orang tua, dan sebagainya. Untuk bisa mengajukan opsi ini kamu mesti melengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan dengan benar dan valid sesuai dengan realita. (Karena kadang-kadang UI suka melakukan tinjauan ke lapangan secara langsung tanpa memberitahu terlebih dahu). Jika kamu mengajukan opsi 3 ini dan ternyata diketemukan data-data tidak valid atau tidak benar dalam pengajuan keringanan biaya. Akan diberi Sanksi yang tegas yaitu biaya kuliah kamu dibebankan 2 kali lipat dari biaya maksimal.

Offline

#62 20 Jan 2010 14:57

mhuuusss
Member
From: Indonesia
Registered: 20 Jan 2010
Posts: 20

Re: FKUI

kak, tahun lalu, yang ditrima di FK UI lewat SIMAK berapa ya????? prosentase untuk d trima lewat SIMAK, UMB, dan SNMPTN itu banyak an mana????????


mksh

Offline

#63 20 Jan 2010 20:57

rizka
Member
Registered: 20 Jan 2010
Posts: 92

Re: FKUI

helluw admin ..
mau nanya , klu udah lulus FK UI lewat PPKB trus mau nyari kelas internasional gimana caranya ? apa kelas internasional hanya untuk SIMAK UI ?

Offline

#64 27 Jan 2010 20:33

auliaakbarbramantyo
Member
From: Indonesia
Registered: 09 Jan 2010
Posts: 18

Re: FKUI

KSDI itu apa ya?

Offline

#65 27 Jan 2010 23:15

rizka
Member
Registered: 20 Jan 2010
Posts: 92

Re: FKUI

admin, denger dan baca dari internet , katanya FKUI akan dipindahkan dari salemba ke depok . Bener nggak sih ??

Offline

#66 28 Jan 2010 08:29

atul
Member
Registered: 04 Jan 2010
Posts: 432

Re: FKUI

@mhuuus
sekitar 100an orang, kuotanya akan lebih banyak untuk jalur masuk SIMAK
@Rizka
Iya jadi kalau mau ikut kelas internasional, berrati ikut ujian lagi
@auliaakbarbramantyo
Kerjasama daerah dan industri yang merupakan salah satu jalur masuk di UI untuk di luar pulau jawa dan bali
@rizka
iya, tapi kemungkinannya masih lama

Offline

#67 11 Feb 2010 12:51

deasungkono
Member
From: Indonesia
Registered: 11 Feb 2010
Posts: 2

Re: FKUI

@admin
sebenernya pilihan prioritas tu ngaruh gak kak ?
misalkan milih fk ma fkg nih,,
seandainya g dpt fk,bakal lebih didahulukan peserta yg memilih fkg sebagai pilihan pertama untuk menempati kursi fkg ya?

Offline

#68 11 Feb 2010 13:43

admin
Administrator
Registered: 08 Sep 2009
Posts: 1,202

Re: FKUI

deasungkono
dalam kasus diatas, prioritas diberikan kepada peserta yg nilainya lebih tinggi up.gif

Offline

#69 11 Feb 2010 13:59

nikh13
Member
Registered: 19 Jan 2010
Posts: 707

Re: FKUI

@daesungkono:
prioritas itu berpengaruh pada kelulusan ujian. maksudnya nilai ujian kamu bakal menentukan tuh apakah nilai kamu itu bisa masuk di prioritas pilihan pertama atau ga. kalo emang nilainya bisa masuk, ya berarti kamu lulus dengan prioritas pertama. tapi kalo nilai kamu ternyata ga mencukupi pada prioritas pertama, berarti dialihkan ke pilihan kedua dan seterusnya.
semoga bisa membantu.... grin.gif

Offline

#70 11 Feb 2010 14:27

rheaa_sedna
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Jan 2010
Posts: 69

Re: FKUI

admin
Bedanya Vokasi Okupasi Terapi sama Fisioterapi apa kak??
oh iya, apakah kelas Vokasi berpeluang untuk mendapatkan atau mengikuti beasiswa??
trmksh.

Offline

#71 11 Feb 2010 15:15

nikh13
Member
Registered: 19 Jan 2010
Posts: 707

Re: FKUI

@rheaa_sedna:
mengenai informasi kedua program studi tersebut, silahkan membuka link-link di bawah ini
http://vokasi.ui.ac.id/okupasi-terapi.html
http://vokasi.ui.ac.id/fisioterapi.html
mengenai beasiswa untuk vokasi, nanti dapat diketahui setelah dinyatakan diterima di UI pada fakultas masing2...grin.gif

Offline

#72 11 Feb 2010 15:40

rheaa_sedna
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Jan 2010
Posts: 69

Re: FKUI

nikh13
masih bingung kak, perbedaan mendasarnya itu apa ya?
oh, iia, Di biaya pendidikan jenjang Vokasi perumahsakitan kan ada DP Rp 6.500.000, itu maksudnya biaya untuk apa?? mohon penjelasannya.. merci grin.gif

Offline

#73 11 Feb 2010 20:29

taniaiva
Member
From: garut
Registered: 11 Feb 2010
Posts: 1

Re: FKUI

halo smuanyaa... gabung donk,,
aku udah dftar simak fkui reguler + bayar (jd ga bisa diubah lg kan pilihan2nya), tp dipikir-pikir lagi aku pgn skalian ajj ambil yg KKI.
Gimana ya, apa ada seleksi khusus masuk KKI lagi setelah lulus reguler nanti??
Makasih... grin.gif mohon jwb lgsg atw via email jg gapapa... makasihh banyakk
email : iva_2792@yahoo.com

Offline

#74 12 Feb 2010 10:09

nikh13
Member
Registered: 19 Jan 2010
Posts: 707

Re: FKUI

@rheaa_sedna:
Rp 6.500.000 itu untuk biaya DP seperti uang pangkal yang hanya dibayarkan sekali saja pada tahun dan semester pertama. untuk informasi lebih jelas, silahkan hubungi no.program D3 yang bersangkutan 021-3929652

@taniaiva:
untuk KKI, ada gelombang keduanya yaitu akan diselenggarakan bersamaan dengan penerimaan atau ujian pascasarjana. pendaftarannya baru dibuka mei-juli nanti. informasi lebih jelasnya saat pendaftaran nanti yaa.....

semoga bisa membantu......... grin.gif

Offline

#75 21 Feb 2010 00:22

deasungkono
Member
From: Indonesia
Registered: 11 Feb 2010
Posts: 2

Re: FKUI

@nikh13 n admin ..

ngg .. maksud saya kalo misalkan A ga dpt prioritas 1, tp mencukupi prioritas 2 ..
trus B milih prioritas 2 nya si A itu jd pilihan pertama ..
B ga bakal didahulukan krn memilih itu sbg pilihan pertama kan?
seperti kata k admin nilai yg paling berpanguh kan ?confused.gif
kalo nilainya sama gmana ?
sori nih k byk nanya ><
thx ..

Offline

Board footer

Powered by FluxBB