SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 02 Jun 2010 03:07

Rangga
Member
From: Indonesia
Registered: 17 May 2010
Posts: 38
Website

Re: Prospek S1 Sastra Indonesia

Salam,

Mohon informasi dari para  senior dan alumni :
1.Mengenai prospek bidang kerja lulusan s1 sastra Indonesia
2.Lembaga mana yang menyediakan beasiswa S2 untuk lulusan S1 Sastra Indonesia
3.Bagaimana cara yg tepat bila di waktu yang akan datang saya berminat menjadi dosen mata kuliah bahasa Indonesia di universitas luar negeri yang membuka jurusan bahasa Indonesia ? (seperti China dam Australia) ?

Mohon saran dan informasinya!

Terimakasih
Rangga Ekaprasetya

Offline

#2 03 Jun 2010 13:33

nigh_pret
Member
From: Indonesia
Registered: 24 Mar 2010
Posts: 38

Re: Prospek S1 Sastra Indonesia

saya juga mau tahu..

Offline

#3 05 Jun 2010 09:29

adelitacantik
Member
From: Indonesia
Registered: 11 May 2010
Posts: 35

Re: Prospek S1 Sastra Indonesia

iya saya juga mau tahu, kalau sastra perancis bagaimana??

tapi kita kembali lagi ke diri sendiri, rejeki orang lain2, ada yang kerja di kedutaan, ada yang jadi guru ya.....

Offline

#4 05 Jun 2010 14:35

Rangga
Member
From: Indonesia
Registered: 17 May 2010
Posts: 38
Website

Re: Prospek S1 Sastra Indonesia

to adelitacantik : soal rejeki aku setuju, dalam kenyataan hidup , pekerjaan atau profesi kadang di luar rencana kita.
Namun kita yg yunior memang membutuhkan informasi dari para senior dan alumni khususnya.

Offline

#5 18 May 2011 15:12

Ghea Rianty
Member
From: Indonesia
Registered: 18 May 2011
Posts: 2

Re: Prospek S1 Sastra Indonesia

kak mau tanya yaa... saya udah diterima di UI jurusan Sastra Indonesia. tertarik banget masuksitu.. sastra itu mempelajari apa aja ya?apakah cuma mengulas buku-buku aja?

emang bener ya jurusan sastra apapun bisa jadi diplomat?grin.gif up.gif cool.gif

Offline

#6 18 May 2011 20:41

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: Prospek S1 Sastra Indonesia

Ghea Rianty wrote:

kak mau tanya yaa... saya udah diterima di UI jurusan Sastra Indonesia. tertarik banget masuksitu.. sastra itu mempelajari apa aja ya?apakah cuma mengulas buku-buku aja?

emang bener ya jurusan sastra apapun bisa jadi diplomat?

Pertama, selamat yah sudah diterima di Sastra Indonesia! big_smile
Apa saja yang dipelajari? Mngkin salah satunya berbicara mengenai kesusastraan tapi lebih dari itu anda juga mempelajari tentang kebudayaan Indonesia juga. big_smile

Supaya lebih jelasnya, sastra Indonesia mempunyai struktur kurikulum :
a. Mata Kuliah Wajib Universitas (PDPT)
b. Mata Kuliah Wajib Fakultas (MKF)
c. Mata Kuliah Wajib Program Studi (MKWP)
d. Mata Kuliah Lintas Fakultas/Prodi

Di Sastra Indonesia mempunyai 3 peminatan dimana mahasiswa dapat memilih peminatan sesuai keinginannya pd tahun ketiga setelah mahasiswa lulus mata kuliah dasar-dasar pada tahun pertama dan kedua, diantaranya :
1. Peminatan Sastra
2. Peminatan Filologi (ilmu yg mempelajari naskah2/manuskrip kuno)
3. Peminatan Linguistik

Adapun mata kuliah peminatan sastra :
1. Sastra Anak
2. Sastra Melayu Tionghoa
3. Gender dalam Sastra
4. Sastra Populer
5. Sastra Bandingan
6. Sosiologi Sastra

Mata kuliah peminatan filologi
1. Sastra Wayang
2. Tradisi Sastra Nusantara
3. Sastra Sejarah
4. Bahasa Melayu Klasik
5. Sastra Lisan

Mata kuliah peminatan linguistik
1. Pengantar Dialektologi
2. Pengantar Leksikografi
3. Pengajaran Bahasa
4. Bahasa Isyarat Indonesia ---> sepertinya menarik
5. Pengantar Sosiolingustik
6. Bahasa-Bahasa Indonesia

Offline

Board footer

Powered by FluxBB