SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#126 09 Oct 2011 16:27

krisnanda
Member
From: Indonesia
Registered: 09 Oct 2011
Posts: 1

Re: jalur masuk ui

siang kakak2 yg kuliah disini.
ada yang tau ga kira2 kisaran berapa rata2 yang aman buat ngikut Undangan IESP UI?
apakah rata2 reguler dan RSBI berbeda?
contoh klo rata 85 di reguler sama 85 di RSBI apakah lebih prioritas 85 di reguler?

rata2 saya yang nanti diperkirakan 84,5an amannya masuk jurusan mana ya yg berhub dengan ekonomi dan administrasi?thanks grin.gif

Offline

#127 10 Oct 2011 22:40

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: jalur masuk ui

krisnanda wrote:

siang kakak2 yg kuliah disini.
ada yang tau ga kira2 kisaran berapa rata2 yang aman buat ngikut Undangan IESP UI?
apakah rata2 reguler dan RSBI berbeda?
contoh klo rata 85 di reguler sama 85 di RSBI apakah lebih prioritas 85 di reguler?

rata2 saya yang nanti diperkirakan 84,5an amannya masuk jurusan mana ya yg berhub dengan ekonomi dan administrasi?thanks

Sebenarnya hal seperti ini tergantung dari berapa pendaftar nilai yang minat di jurusan Ilmu Ekonomi UI. Katakanlah jika ternyata UI mematok standar 98 untuk jurusan ini (IE UI), tapi ternyata tidak ada satu pendaftar yang memenuhi kriteria. Apakah lantas ditolak pelamarnya dan kuoata dikosongkan?

Begitu pula sebaliknya, andakata UI mematok 98 untuk rapot, kemudian ternyata ada 20 orang yang kemudian memenuhi kriteria. Lalu ternyata daya tampungnya hanya 10 orang. Lantas apakah 10 sisanya tidak diterima?

Hal tersebut makanya sulit diprediksi karena trendnya tiap tahun berbeda-beda. Saya rasa sebaiknya untuk tidak terlalu memusingkan selisih koma sekian. Yang penting, kalau kamu yakin jurusan yang kamu pilih dan yakin peluang besar untuk diterima. Silahkan saja, tapi pertimbangkan faktor-faktor seperti prestasi non-akademis, reputasi sekolah kamu (alumninya berapa yang sukses di UI).

Offline

#128 12 Oct 2011 20:45

desca
Member
From: Indonesia
Registered: 15 Sep 2011
Posts: 42
Website

Re: jalur masuk ui

malam kakak, apakah dalam mendaftar untuk jalur undangan khususnya di UI harus menyertakan sertifikat ?
jurusan apa aja kak yang daya tampungnya lumayan banyak namun peminatnya dikit ?
diantara :
1. Psikologi
2. Farmasi
3. Ilmu gizi

mana yang sekiranya peminatnya kurang kak (dilihat dari tahun sebelumnya) ?
atas jawaban kk, saya ucapkan terima kasih grin.gif

Offline

#129 13 Oct 2011 21:55

irwansyahli
Member
From: Indonesia
Registered: 13 Oct 2011
Posts: 1

Re: jalur masuk ui

hallo , Assalamualikum grin.gif wink.gif

ka , bisa kasih info ga buat taun 2012 , penerimaan ui itu lewat jalur apa saja ? apa masih sama dengan taun 2011 ? dan apakah berita  yang saya baca di Kompas, Pemerintah merencanakan akan menghapus jalur mandiri yang ada di seluruh PTN. Dan hanya akan ada satu jalur seleksi masuk di tahun 2012 untuk memasuki S1 Reguler UI yaitu melalui SNMPTN saja dengan kuota 100% apakah bnar ??/??grin.gif grin.gif grin.gif grin.gif grin.gif grin.gif grin.gif grin.gif
up2.gif

Offline

#130 13 Oct 2011 22:31

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: jalur masuk ui

irwansyahli wrote:

hallo , Assalamualikum 

ka , bisa kasih info ga buat taun 2012 , penerimaan ui itu lewat jalur apa saja ? apa masih sama dengan taun 2011 ? dan apakah berita yang saya baca di Kompas, Pemerintah merencanakan akan menghapus jalur mandiri yang ada di seluruh PTN. Dan hanya akan ada satu jalur seleksi masuk di tahun 2012 untuk memasuki S1 Reguler UI yaitu melalui SNMPTN saja dengan kuota 100% apakah bnar ??/??

Jalur penerimaan untuk 2012 saat ini belum bisa dipastikan karena masih dalam pembahasan di DPR dan Pemerintah terkait penggodokan RUU Perguruan Tinggi yang berimplikasi terhadap statuta perguruan tinggi di Indonesia. Untuk itu, informasi hal ini bisa dicek kembali sekitar Januari 2012.

Offline

#131 14 Oct 2011 13:41

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: jalur masuk ui

@desca
ikut jalur undangan TIDAK harus menyertakan sertifikat, masih banyak faktor lain seperti nilai rata2 rapor, prestasi non akademis, dls.
..
Jangan khawatir mengenai banyak sedikitnya peminat, karena jika kamu dapatkan jurusan yg kamu pilih, kamu akan benar2 termotivasi untuk berprestasi, dibanding jika kamu diterima di jurusan yg begitu kamu minati (hanya karena jurusan itu sedikit peminatnya lalu kamu pilih). Faktanya, banyak mahasiswa yg tidak 'sreg' sama jurusannya lalu berniat ikut tes lagi tahun depan atau pun mengundurkan diri dari jurusannya.

Offline

#132 17 Oct 2011 22:48

desca
Member
From: Indonesia
Registered: 15 Sep 2011
Posts: 42
Website

Re: jalur masuk ui

adie
prestasi non akademis ?
artinya piagam" yang pernah kita peroleh saat mengikuti lomba" boleh diikutsertakan ya kak ?
terima kasih atas infonya kak grin.gif

Offline

#133 19 Oct 2011 14:23

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: jalur masuk ui

@desca
Ya.
Tapi bukan menang lomba 17an ya..
Misal kamu juara I,II,III Lomba Balap Karung. Itu ga bisa.
..
Prestasi Non-akademis itu seperti Lomba Kejuaraan Renang, Basket, Sepak Bola, Futsal ,dls minimal setingkat kabupaten, provinsi, atau nasional.

Offline

#134 20 Oct 2011 13:13

INTAN1988
Member
From: Indonesia
Registered: 20 Oct 2011
Posts: 1

Re: jalur masuk ui

SHARE DUNK,MO NANYA KALW LULUS TAON 2007 MASIH BISA DI FKUI GAK? wink.gif

Offline

#135 20 Oct 2011 15:35

zzzzzzzzz
Member
Registered: 20 Oct 2011
Posts: 4

Re: jalur masuk ui

@intan . . udah nggak mungkin tan . . grin.gif
batasnya biasanya 3 tahun setelah kelulusan maksimal . .

Offline

#136 20 Oct 2011 22:26

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: jalur masuk ui

INTAN1988 wrote:

SHARE DUNK,MO NANYA KALW LULUS TAON 2007 MASIH BISA DI FKUI GAK?

Untuk program S1 kelas reguler dibatasi tahun kelulusan selama maksimal 3 tahun. Tahun penerimaan 2012, dibatasi untuk lulusan SMA/sederajat tahun 2012, 2011, dan 2010. Jadi, lulusan SMA tahun 2007 untuk masuk ke S1 program studi pendidikan dokter UI sudah tidak bisa

Opsi lain, kamu bisa ambil S1 pendidikan dokter kelas khusus internasional FKUI. Program ini tidak membatasi tahun kelulusan SMA. Jadi, mau lulus sma tahun berapapun, bisa mengikuti seleksi masuknya.

Offline

#137 21 Oct 2011 15:51

AjissMahri
Member
From: Indonesia
Registered: 04 Oct 2011
Posts: 2

Re: jalur masuk ui

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

kak minta info tentang jalur masuk FKUI tahun 2012
trus skalian mau tanya kalo siswa mutasi berpengaruh sama penerimaannya gak ?
trus kalo dari sekolah swasta nilai-nilai keagamaan berpengaruh gak ?
Bagaimana kalo skolah asal tidak di ibukota provinsi seperti contoh "Gresik" , Bagaimana ?

Terima Kasih

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Offline

#138 21 Oct 2011 16:12

sherly dien
Member
From: Jakarta
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 149

Re: jalur masuk ui

AjissMahri
walaikmsalam
jalur masuk FK melalui tes simak ui (program S1 reguler, S1 kelas internasional)
atau bisa juga melalui tes snmptn (program S1 reguler saja)
u/ penerimaan melalui tes ini tidak dipengaruhi oleh status siswa mutasi ataupun skolah swata atau tdk. krna persyaratannya adalah lulus SMA.

persyaratan s1 reguler adalah maks 3 thn stlh lulus SMA.
klo Kls internasional adalah TOEFL min 500 dan lulus SMA
smgat !!!!grin.gif up.gif up.gif

Offline

#139 23 Oct 2011 10:49

andikadimas
Member
From: Indonesia
Registered: 23 Oct 2011
Posts: 4

Re: jalur masuk ui

asalamualaikum...
maaf admin UI saya seorang mahasiswa s1 semester 1, pengen bertanya.,
jikalau saya memohon izin pindah dari kampus saya (PTN) ke d3 UI apakah bisa?
jadi  transfer s1-D3 pada smster 1 ini ??

Offline

#140 23 Oct 2011 13:15

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: jalur masuk ui

andikadimas wrote:

asalamualaikum...
maaf admin UI saya seorang mahasiswa s1 semester 1, pengen bertanya.,
jikalau saya memohon izin pindah dari kampus saya (PTN) ke d3 UI apakah bisa?
jadi transfer s1-D3 pada smster 1 ini ??

Bukan admin, bantu menjawab.

Tidak bisa pindah seperti itu. UI tidak menerima mahasiswa pindahan, baik dari internal di lingkungan UI (jurusan S1 UI ke S1 UI lain, S1 UI ke D3 UI, D3 UI ke S1 UI), atau dari eksternal (Perti lain ke UI).

Tidak ada proses pindah jurusan selama semester berjalan berlangsung. Proses pindah-pindahan perguruan tinggi tidak sama ketika SMA. Apalagi sebentar lagi di UI masuk UTS, dan juga kuliah yang sedang kamu jalanin (di PTN tersebut) mata kuliahnya belum ada satu pun yang lulus. Jadi, tidak ada yang bisa ditransfer di  SKS tersebut.

Satu-satunya jalan untuk kamu agar bisa masuk adalah di D3 UI adalah dengan mengikuti seleksi melalui SIMAK pada penerimaan tahun 2012. Jika lulus seleksi dan diterima di UI, baru bisa pindah.

Offline

#141 24 Oct 2011 07:44

andikadimas
Member
From: Indonesia
Registered: 23 Oct 2011
Posts: 4

Re: jalur masuk ui

dudulalalala wrote:

Bukan admin, bantu menjawab.

Tidak bisa pindah seperti itu. UI tidak menerima mahasiswa pindahan, baik dari internal di lingkungan UI (jurusan S1 UI ke S1 UI lain, S1 UI ke D3 UI, D3 UI ke S1 UI), atau dari eksternal (Perti lain ke UI).

Tidak ada proses pindah jurusan selama semester berjalan berlangsung. Proses pindah-pindahan perguruan tinggi tidak sama ketika SMA. Apalagi sebentar lagi di UI masuk UTS, dan juga kuliah yang sedang kamu jalanin (di PTN tersebut) mata kuliahnya belum ada satu pun yang lulus. Jadi, tidak ada yang bisa ditransfer di SKS tersebut.

Satu-satunya jalan untuk kamu agar bisa masuk adalah di D3 UI adalah dengan mengikuti seleksi melalui SIMAK pada penerimaan tahun 2012. Jika lulus seleksi dan diterima di UI, baru bisa pindah.

terima kasih atas jawabannya big_smile, itu sangat mengecewakan...., nyesel juga buang kesempatan masuk ui dan milih PTN yang satu ini....,

Offline

#142 24 Oct 2011 21:47

jia_sen
Member
From: Indonesia
Registered: 24 Oct 2011
Posts: 4

Re: jalur masuk ui

Halo...mas/mbak....apakah SIMAK UI masih tetap diadakan untuk progam S1 Reguler ? Kalau ada kira-kira kapan dibuka pendaftaran SIMAK-UI untuk progam S-1 Reguler tahun ajaran 2012/2013 ?? thanks...

Offline

#143 27 Oct 2011 16:05

meily30
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Oct 2011
Posts: 1

Re: jalur masuk ui

Maaf kak, mau tanya.. Kalau masuk lewat SNMPTN undangan, itu harus ada undangan yang di kirim ke sekolah ya?
Katanya hanya untuk alumni sekolah yang berprestasi di UI saja.
Jadi kalau sekolah lain yang belum ada siswa berprestasi di UI tidak akan di kirim undangan dan tidak bisa lewat jalur SNMPTN undangan ini?

Offline

#144 27 Oct 2011 16:21

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: jalur masuk ui

jia_sen wrote:

Halo...mas/mbak....apakah SIMAK UI masih tetap diadakan untuk progam S1 Reguler ? Kalau ada kira-kira kapan dibuka pendaftaran SIMAK-UI untuk progam S-1 Reguler tahun ajaran 2012/2013 ?? thanks...

Belum ada kepastian mengenai hal tersebut. Cek kembali situs ini pada Januari 2012.

meily30 wrote:

Maaf kak, mau tanya.. Kalau masuk lewat SNMPTN undangan, itu harus ada undangan yang di kirim ke sekolah ya?
Katanya hanya untuk alumni sekolah yang berprestasi di UI saja.
Jadi kalau sekolah lain yang belum ada siswa berprestasi di UI tidak akan di kirim undangan dan tidak bisa lewat jalur SNMPTN undangan ini?

Jalur SNMPTN Undangan, seluruh sekolah yang telah terakreditasi A, B, dan C berhak mengirimkan kandidatnya. Informasi : http://undangan.snmptn.ac.id

Kecuali untuk PPKB UI (semacam jalur tanpa tes) untuk penerimaan Vokasi dan Kelas Internasional (nama lain Talent Scouting) hanya untuk skeolah yang diundang.

Offline

#145 27 Oct 2011 20:46

Vier
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Oct 2011
Posts: 3

Re: jalur masuk ui

dinar_astrid wrote:

Penerimaan Mahasiswa 2012

Berdasarkan berita yang saya baca di Kompas, Pemerintah merencanakan akan menghapus jalur mandiri yang ada di seluruh PTN. Dan hanya akan ada satu jalur seleksi masuk di tahun 2012 untuk memasuki S1 Reguler UI yaitu melalui SNMPTN saja dengan kuota 100%.

Dan selanjutnya untuk SIMAK UI tahun 2012 kemungkinan tetap diadakan, namun hanya untuk seleksi masuk program paralel, vokasi, dan kelas internasional saja.

berarti tahun 2012 jalur masuk ui s1 reguler cuma snmptn aja?
terus kalo gitu pembagian kuotanya antara yang undangan sam tertulis gima kak ?

Offline

#146 27 Oct 2011 22:12

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: jalur masuk ui

Vier wrote:

berarti tahun 2012 jalur masuk ui s1 reguler cuma snmptn aja?
terus kalo gitu pembagian kuotanya antara yang undangan sam tertulis gima kak ?

Itu semua kan baru wacana. Keputusan akhirnya belum pasti.
Pembagian kuota antara undangan dan tertulis juga belum ada kepastian.
Harap sabar, informasi pada Januari 2012.

Offline

#147 28 Oct 2011 14:09

Vier
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Oct 2011
Posts: 3

Re: jalur masuk ui

dudulalalala

oh gitu
aduh jadi ga sabar...

Offline

#148 30 Oct 2011 01:16

Mitra Timang
Member
From: Indonesia
Registered: 30 Oct 2011
Posts: 1

Re: jalur masuk ui

Hai kak.... Salam kenal... Aku Mitra Timang lulusan SMA tahun 2011 dari SMA Negeri 01 Fakfak Papua Barat....
Gini, aku sempat baca kalau UI membuka jalur masuk bagi mereka yang pernah ikut Olimpiade... Nah saat kelas 1 SMA aku udah mulai ikut Olimpiade Sains Matematika... Bahkan sampai aku kelas 3 SMA.... Aku pernah 2 kali menjuarai Olimpiade Sains Matematika tingkat Kabupaten dan Juara 1 di Tingkat Provinsi. Tahun 2010 lalu aku juga berhasil ikut Olimpiade Sains Matematika tingkat Nasional di Medan. Yang mau aku tanyakan adalah apakah aku masih bisa ikut jalur Prestasi Olimpiade ini untuk mendaftar masuk di UI tahun 2012 nanti??
Aku tunggu infonya segera... Makasih banyak yah.... grin.gif wink.gif

Offline

#149 31 Oct 2011 08:45

sherly dien
Member
From: Jakarta
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 149

Re: jalur masuk ui

Mitra Timang

jalur masuk ui melalui prestasi mengikuti olimpiade sains memerlukan persyaratan sbb:

   1. Juara olimpiade sains di bidang Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, Komputer, atau Ekonomi yang diselenggarakan oleh DEPDIKNAS dan dikirim oleh DEPDIKNAS.
   2. Lulus pada tahun penerimaan, dan rapor kelas 1--3 dengan nilai rata-rata 7.

http://simak.ui.ac.id/program-olimpiade-sains

Offline

#150 01 Nov 2011 21:12

Pendekar
Member
From: Indonesia
Registered: 01 Nov 2011
Posts: 2

Re: jalur masuk ui

Kak, numpang tanya katanya pemegang medali emas OSN langsung diterima di UI ya? Itu bagaimana sistemnya dan dimana dapat infonya? Terus, masalah yang dikirim oleh DEPDIKNAS maksudnya bagaimana? Thx sebelumnya kak. Informasi tambahan saya pemenang OSN bidang ekonomi 2011 di manado.

Offline

Board footer

Powered by FluxBB