SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#176 20 Dec 2011 20:31

asyrofmuzakki
Member
From: kalideres
Registered: 20 Dec 2011
Posts: 5

Re: tanya soal jurusan

oya satu lagi,,,,kira2,,,ada gak biar dapet beasiswa pas masuknya? nthanks!

Offline

#177 21 Dec 2011 08:52

sherly dien
Member
From: Jakarta
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 149

Re: tanya soal jurusan

asyrofmuzakki

walaikumsalam..
mmm klo mau masuk kedokteran UI, ikhtiarnya mesti kenceng tuh,, ehhe ga kedokteran aja sih. tapi semua prodi. tpi emang bener si, krn keodkteran UI itu yg pling diminati untuk rumpun IPA. jadi tingkat daya saingnya tinggi.

bnyk berlatih soal2 SIMAK atau SNMPTN yg tahun2 lalu. bnyakin berdoa dan mungkin bisa disupport dgn ikut bimbel.

oya, klo masih 2 thun lagi... persiapkan untuk kenaikan kelas 3 dulu aja. karena klo latihn soal2 SIMAK n SNMPTN mah masih kejauhan. jadi mantepin pelajaran2 dari SMA. untuk bisa survive nti kuiliah di UI, harus memperbaiki diri dalam hal metode beljar yang efektif buat diri sendiri, karena stiap org beda2.
oya 1 lagi, mantabkan pilihan prodi bedasarkan tujuan hidup. supaya enjoy dunia akhirat.. heheh

semangt !!!

Offline

#178 21 Dec 2011 10:14

asyrofmuzakki
Member
From: kalideres
Registered: 20 Dec 2011
Posts: 5

Re: tanya soal jurusan

thanks ya sherly dien,,,,,,terus biar dapet beasiswa kedokteran gimana? oya,,,selain biologi,,,kalu mau masuk kedokteran bidang apa lagi yng harus diperdalam???
grin.gif

Offline

#179 21 Dec 2011 16:46

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: tanya soal jurusan

asyrofmuzakki wrote:

thanks ya sherly dien,,,,,,terus biar dapet beasiswa kedokteran gimana? oya,,,selain biologi,,,kalu mau masuk kedokteran bidang apa lagi yng harus diperdalam???

Kalau beasiswa kedokteran ada beasiswa Paripurna UI tiap tahun. Info bisa cek : http://mahasiswa.ui.ac.id/beasiswa/48-b … -untuk-ban gsa-bpub-untuk-calon-mahasiswa-fk-ui-angkatan-2011.html

Offline

#180 21 Dec 2011 19:38

asyrofmuzakki
Member
From: kalideres
Registered: 20 Dec 2011
Posts: 5

Re: tanya soal jurusan

mmmm,,,saya udah liat2 tuh di situs beasiswanya,,,,tapi, kalo misalnya latar belakang ekonomi saya,,bisa dibilang cukup mampu,,apakah bisa dapat beasiswa juga???

Offline

#181 21 Dec 2011 19:39

asyrofmuzakki
Member
From: kalideres
Registered: 20 Dec 2011
Posts: 5

Re: tanya soal jurusan

dan tiap tahun, berapa orang yang diterima mendapat beasiswa paripurna??

Offline

#182 22 Dec 2011 08:41

sherly dien
Member
From: Jakarta
Registered: 03 Oct 2011
Posts: 149

Re: tanya soal jurusan

asyrofmuzakki

jangan khawatir,, ada juga ko beasiswa karena berprestasi. atau tidak dilihat ketidakmampuan financial. yg saya tau ga banyk si cuma PPA dan tanoto foundation. tapi insyalloh pasti banyk beasiswa yg mempertimbangkan karena prestasi.

Offline

#183 02 Jan 2012 21:50

ajengputri
Member
From: Indonesia
Registered: 02 Jan 2012
Posts: 2

Re: tanya soal jurusan

ka mau nanya kalo filsafat dibagi jadi berapa konsentrasi matakuliah?
misalkan kaya adm. niaga kan ada keuangan, SDM gitu nah kalo filsafat apa ka?
terus yang aku baca ada filsafat bisnis itu ada ka?
mohon jawabannya..grin.gif nodding.gif

Offline

#184 03 Jan 2012 09:24

reiskaoktaviani
Member
From: yogyakarta
Registered: 03 Jan 2012
Posts: 2

Re: tanya soal jurusan

konnichiwa.. maaf, mau tanya, SNMPTN kelompok IPC kira2 apa aja ya mapel tesnya? aq tertarik sama sastra jepang, tapi masih bingung kira2 peluangnya gimana ya kak?

Offline

#185 05 Jan 2012 09:03

sahaniharahap
Member
Registered: 30 Dec 2011
Posts: 4

Re: tanya soal jurusan

kaka kalo jadwal pendaftaran buat simak maupun jalur undangan biasanya mulai bulan apa? terus apakah sama saja jalur pendaftaran d3 maupun s1 nya?
mohon bantuannya ya kaka grin.gif

Offline

#186 05 Jan 2012 12:39

NisaLavigne
Member
From: Indonesia
Registered: 05 Jan 2012
Posts: 1

Re: tanya soal jurusan

kak , kalo pengen masuk jurusan ilmu keperawatan materi yang dikuasai saat ikut SIMAK UI dan SNMPTN Tulis apa aja ya ?
kira" masuk jurusan ini sulit nggak ya kak ?
reply plis , makasih kak grin.gif

Offline

#187 05 Jan 2012 13:26

dentisna
Member
From: bali
Registered: 29 Aug 2011
Posts: 7

Re: tanya soal jurusan

Kakk aku agk (* ̄ . ̄)a ambil HI atau komunikasi. Nah yg pengen aq tanya disini anak HI belajar apa aj? Apa semua anak HI bahasa asingnya udah kayak air?

Offline

#188 05 Jan 2012 20:54

ebien
Member
From: Indonesia
Registered: 27 Nov 2011
Posts: 4

Re: tanya soal jurusan

kak, jurusan teknik fisika nggak ada ya?

Offline

#189 05 Jan 2012 23:14

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: tanya soal jurusan

ebien wrote:

kak, jurusan teknik fisika nggak ada ya?

Di UI tidak ada jurusan teknik fisika. Mungkin bisa ke ITB atau UGM.

dentisna wrote:

Kakk aku agk (* ̄ . ̄)a ambil HI atau komunikasi. Nah yg pengen aq tanya disini anak HI belajar apa aj? Apa semua anak HI bahasa asingnya udah kayak air?

HI ga belajar bahasa asing. Kalau mau belajar bahasa asing pilihan yang tepat adalah jurusan sastra di FIB. Dijamin setelah lulus dari sana kamu bisa fasih ngomong dan lancar bahasa yang kamu pilih. #jempol

Di HI belajar Ilmu Politik dalam konteks global. Kalau kamu termasuk orang yang suka sekali membaca berita masalah politik baik skala nasional ataupun internasional dan suka menganalisis, mungkin cucok mengambil jurusna ini.

Di HI UI, terdapat 3 konsetrasi yang bisa kamu ambil:
1. Ekonomi Politik Internasional
2. Keamanan Internasional
3. Masyarakat Transnasional

Cek link : http://www.fisip.ui.ac.id/kurikulum/201 … 2010hi.pdf

Offline

#190 08 Jan 2012 20:03

danishra
Member
Registered: 08 Jan 2012
Posts: 1

Re: tanya soal jurusan

Kak, mau nanya ttg Fakultas Hukum nih. Kalo di hukum itu apa banyak debat-debatnya gitu dan harus pintar ngomong? Menurut kakak2 yang cocok di FH itu orang yang gimana aja? Terus kalo FH di UI itu kaya gimana, kak? Konsentrasi FH UI sendiri ada apa aja ya, kak? Mohon bantuannya ya kakak2.. makasih grin.gif

Offline

#191 08 Jan 2012 20:28

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: tanya soal jurusan

danishra wrote:

Kak, mau nanya ttg Fakultas Hukum nih. Kalo di hukum itu apa banyak debat-debatnya gitu dan harus pintar ngomong? Menurut kakak2 yang cocok di FH itu orang yang gimana aja? Terus kalo FH di UI itu kaya gimana, kak? Konsentrasi FH UI sendiri ada apa aja ya, kak? Mohon bantuannya ya kakak2.. makasih

Iya untuk beberapa mata kuliah memang pasti ada situasi dimana kita beradu argumentasi, tapi ga sampai gontok2an. Hal ini sah-sah saja di dunia perkuliahan. Ga cuman FH, hampir seluruh jurusan UI ada mata kuliah yang perkulaiahannya kita beradu argumentansi.

Buat yang ga terlalu jago ngomong, ga usah khawatir. Justru dari kuliah kita belajar bagaimana caranya beradu argumentansi. Kamu bisa belajar dengan teman kamu untuk bagaimana membangung communication skill. Kemampuan ini bisa dilatih sebenarnya tidak hanya di bangku kuliah, tetapi di organisasi kemahasiswaan.

Program Kekhususan di FH UI :
- Hukum Tentang Hubungan antara Sesama Anggota Masyarakat
- Hukum Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan
- Praktisi Hukum
- Hukum Tentang Kegiatan Ekonomi
- Hukum Tentang Hubungan Negara dan Masyarakat
- Hukum Tentang Hubungan Transnasional
- Hukum Tentang Kesejahteraan Masyarakat dan Masalah Sosial

Offline

#192 09 Jan 2012 21:37

virnaliesty
Member
From: Sukabumi
Registered: 09 Jan 2012
Posts: 8

Re: tanya soal jurusan

Hy kaak...grin.gif
sy lulusan SMA th 2010 jrsn IPA,stlh llus,sy krj di bgian adm,n skrg sy pngeen bngt kuliah..
mnrt kk,sy lbh baik ambil jurusn apa y k??yg ssuai m profesi sy nantinya,n biaya'a jg bs trnjgkau olh sy sndri..
apa mnkin vokasi yg lbh tepat??tp jrusan apa?? bngung sad.gif

Offline

#193 10 Jan 2012 13:18

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: tanya soal jurusan

@virna
kalau kamu pilih Vokasi justru tidak ada keringanan biaya, tapi sebaiknya pilih program S1 Reguler. Kalau yg sesuai dgn pekerjaanmu itu (adm atau administrasi) kamu bisa pilih semua jurusan yg berbau administrasi atau FE.
Tapi tesnya IPS.
.
Kamu masih berkesempatan masuk UI program S1 Reguler. Dan penerimaan mahasiswa baru tahun ajar 2012/13 atau tahun ini menjadi kesempatan terakhir kamu untuk masuk UI program S1 Reguler.
Kenapa harus Reguler?
Karena biaya kuliahnya bisa diminimalisir.
.
Semoga menjawab.

Offline

#194 10 Jan 2012 17:14

virnaliesty
Member
From: Sukabumi
Registered: 09 Jan 2012
Posts: 8

Re: tanya soal jurusan

owh bgtu,jd pling tdak sy hrs mempelajari soal" test (IPS)  thun" yg sblumnya y kak??
tp dmna sy bs dptkan soal" it ??apakh di perjual belikan dlm bntuk buku??
dimna sy dpt membelinya kak?
S1 Reguler dpt d minimalisir?bkan'a biaya'a it lbh bsar dr vokasi y kak??
mslhnya sy biaya sndiri,krn org tua sy blm tntu dpt membantusad.gif

Offline

#195 10 Jan 2012 18:57

nasya
Member
From: Indonesia
Registered: 10 Jan 2012
Posts: 2

Re: tanya soal jurusan

kak mau tanya
1.  kalo saya dari jurusan ipa dan mau kuliah jurusan di ips (melewati ipc), kira2 peluangnya gimana ya kak? apakah sulit?
2. bimbel yang ada jaminan (garansi) masuk ptn favorit itu bener ga sih kak? temen aku ada yg sampe bayar puluhan juta lesnya,

makasih ya kak grin.gif

Offline

#196 10 Jan 2012 19:18

alyahaz
Member
From: Indonesia
Registered: 05 Jan 2012
Posts: 5

Re: tanya soal jurusan

kak mau tanya  , kalau kesehatan msyarakat kira2 peluang kerjanya bgm ? dan profesinya apa ? terimakasih grin.gif

Offline

#197 11 Jan 2012 18:41

virnaliesty
Member
From: Sukabumi
Registered: 09 Jan 2012
Posts: 8

Re: tanya soal jurusan

kak,klo program S1 reguler,lbh cndrung k teori y??sdgkn vokasi lbh cndrg prktk'a??
sy sdh liat rincian" biaya kuliahnya kak,untuk vokasi apkh nantinya akan ada biaya yg lain,msalnya biaya praktik ato yg lainnya,,?

Offline

#198 11 Jan 2012 21:11

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: tanya soal jurusan

virnaliesty wrote:

owh bgtu,jd pling tdak sy hrs mempelajari soal" test (IPS) thun" yg sblumnya y kak??
tp dmna sy bs dptkan soal" it ??apakh di perjual belikan dlm bntuk buku??
dimna sy dpt membelinya kak?
S1 Reguler dpt d minimalisir?bkan'a biaya'a it lbh bsar dr vokasi y kak??
mslhnya sy biaya sndiri,krn org tua sy blm tntu dpt membantu

Soal SNMPTN di toko buku banyak beredar seperti Gramedia. Soal-soal  tersebut sudah ada pembahasan dan dijual dengan berbagai macam jenis dan judul. Mulai dari buku SNMPTN yang pake CD Software, ada yang menjual soalnya saja, ada yang disusun berdasarkan materi dulu, ada yang disusun berdasarkan tahun dan sebagainya. Karena saking banyaknya buku SNMPTN dari berbagai penerbit, pilih dimana menurut kamu buku tersebut mengerti dan pahami.

Iya, biasa kuliah di S1 Reguler menggunakan sistem berkeadilan yaitu dimana biaya pendidikan ditentukan berdasarkan penanggung jawab biaya pendidikan kamu. Penanggung jawab biaya pendidikan bisa orang tua atau kamu sendiri. Adapun sistem berkeadilan yang dimaksud :
1. Membayar secara penuh
2. Membayar secara penuh namun dicicil
3. Dikurangi biayanya dan/atau dicicil biayanya

Untuk opsi kedua atau ketiga, diperlukan persyaratan yang ketat untuk mengajukannya seperti slip gaji, jumlah tanggungan, tagihan listrik, air, telepon, dan sebagainya.

nasya wrote:

kak mau tanya
1. kalo saya dari jurusan ipa dan mau kuliah jurusan di ips (melewati ipc), kira2 peluangnya gimana ya kak? apakah sulit?
2. bimbel yang ada jaminan (garansi) masuk ptn favorit itu bener ga sih kak? temen aku ada yg sampe bayar puluhan juta lesnya,

makasih ya kak

1. Kamu dari jurusan IPA, tidak harus pake IPC. Kamu bisa ambil IPS langsung jika program studi kamu semuanya IPS. Namun, jika salah satu program studi yang kamu pilih ada unsur IPA-nya maka kamu wajib ambil IPC.
- Misalnya kamu memilih jurusan : Akuntansi + Ilmu Hukum = maka ujiannya IPS saja, walaupun kamu berasal dari SMA kamu IPA.
- Kalau pilihan jurusan kamu seperti ini : Teknik Elektro + Ilmu Politik = maka ujiannya IPC.

2. Yang jelas UI tidak bekerja sama dengan lembaga bimbel manapun.

Bimbel dengan model seperti itu (jaminan dan garansi) sebenarnya hanya strategi pemasaran saja supaya orang tertarik untuk bimbel di sana dan hal tersebut sah-sah saja. Mungkin tujuannya dengan diasramakan atau diintensifkan belajarnya, mereka lebih fokus dan lebih bisa menghadapi ujian daripada belajar sendiri (banyak godaan).

Yang jelas, kalau kamu merasa belajar ga fokus--maen melulu, atau belajarnya masih santai-santai, dan tergolong cukup mampu untuk bimbel seperti itu. Yah, boleh-boleh saja, tetapi ingat sekali lagi UI tidak berkerja sama dengan lembaga bimbel manapun dan waspadai terhadap pihak-pihak yang meminta sejumlah uang dan memberikan kemudahan dalam kelulusan (baca : penipuan seperti menyogok atau joki).

virnaliesty wrote:

kak,klo program S1 reguler,lbh cndrung k teori y??sdgkn vokasi lbh cndrg prktk'a??
sy sdh liat rincian" biaya kuliahnya kak,untuk vokasi apkh nantinya akan ada biaya yg lain,msalnya biaya praktik ato yg lainnya,,?

Iya, S1 lebih banyak teori dan Vokasi cenderung praktek yang dominan.

Ke depannya, Vokasi UI akan membuka jenjang S1 Terapan/D4, S2 Terapan, dan S3 Terapan (jika UU Perguruan Tinggi disahkan). Diharapkan dengan adanya jenjang vokasi dapat menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja.

Iya, biaya kuliah di situ sudah all in one, tidak ada biaya lain.
(kecuali buku yak tongue.gif)

Offline

#199 12 Jan 2012 19:28

Nabilla
Member
From: Indonesia
Registered: 12 Jan 2012
Posts: 2

Re: tanya soal jurusan

kak, kalo mau liat jurusan apa aja yang ada di ui program ipa liat di mana ya? aku sampe sekarang masih bingung kak nentuin jurusan. sad.gif

Offline

#200 12 Jan 2012 21:51

mhala
Member
From: jakarta
Registered: 12 Jan 2012
Posts: 1

Re: tanya soal jurusan

mau tanya donk ka ?
ada jurusan management ?

Offline

Board footer

Powered by FluxBB