SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 30 Jan 2012 14:57

Alfi Farkhati
Member
From: Indonesia
Registered: 30 Jan 2012
Posts: 1

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

kak , klo snmptn undangan mau msuk akuntansi itu biasanya berapa ya rata2nya yg keterima ?grin.gif makasih kak . bls ya girl.gif

Offline

#2 31 Jan 2012 09:23

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

Alfi Farkhati
Yang keterima di Akuntansi UI dari Undangan SNMPTN liat di : http://www.snmptn.ac.id/i_prodi_undanga … d=daftar_p  rodi

Offline

#3 31 Jan 2012 15:06

ardirahmansyah
Member
Registered: 26 Jan 2012
Posts: 3

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

Kak, nilai rata2 rapor minimal biar bisa masuk Farmasi lwt undangan brapa yah? kalo 85 masih bisa ga? *thanks

Offline

#4 31 Jan 2012 16:32

Inggrid
Member
From: Indonesia
Registered: 31 Jan 2012
Posts: 1
Website

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

Kak, kalo untuk Jalur undangan buat kedokteran, minimalnya brp ya?

Offline

#5 31 Jan 2012 17:36

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

Wah, kalau nanya nilai rapot minimal itu susah yah. Sekali lagi ga ada patokan rapot di undangan bagaimana supaya diterima. Lagipula nilai rapot bukanlah satu-satunya pertimbangan seleksi.

Karena :
- Setiap sekolah profilnya beda-beda. Maksudnya siswa yang rapotnya 85 yang berasal dari sekolah akreditasi A belum tentu sama yang nilai rapot 85 yang berasal dari sekolah akreditasi B atau C.
- Lagipula faktor penentu lainnya, alumni sekolah kamu yang diterima di PTN
- Terus alumni sekolah kamu yang udah lulus dari PTN lalu IPK-nya berapa
- Faktor non-akademis lainnya juga memengaruhi

Yang jelas peluang diterima jauh lebih besar jika :

Faktor Sekolah
- Siswa berasal dari sekolah yang alumninya banyak keterima masuk PTN (buat yang sekolahnya yang sedikit keterima di PTN, jangan patah semangat karena penilaian asal sekolah hanya sepersekian persen)
- Alumni sekolah tersebut yang diterima di PTN tidak putus studi/dikeluarkan karena kasus tertentu
- Alumni sekolah setelah lulus dari PT lulus dengan IPK yang sangat memuaskan (>3,00)
- Alumni sekolah tersebut tidak menyia-yiakan kesempatakan ketika diterima di salah satu PTN melalui SNMPTN Undangan (maksudnya diambil bukan malah ikut seleksi lagi)

Faktor Siswa
- Siswa memiliki nilai stabil atau cenderung naik nilainya (apapun mata pelajarannya)
- Siswa memiliki prestasi akademis ataupun non-akademis
- Siswa memiliki piagam penghargaan lainnya (penghargaan yang masih relevan dengan program studi yang dipilih)
- Siswa memiliki motivasi dan semangat tinggi untuk maju
- Siswa merupakan salah satu siswa terbaik di sekolahnya
- Siswa memilih jurusan tepat yang sesuai kemampuannya dan memilih PTN yang tepat sesuai kapasitasnya

Faktor Lainnya
- Doa
- Ikhtiar
- Keberuntungan
- Lain-lainnya

Offline

#6 01 Feb 2012 17:24

Fitrop
Member
From: Indonesia
Registered: 26 Jan 2012
Posts: 3

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

Kalau belum ada alumni sama sekali di UI gimana?

Offline

#7 01 Feb 2012 17:46

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

Fitrop

Fitrop wrote:

Kalau belum ada alumni sama sekali di UI gimana?

ga gimana-gimana. daftar aja walau tak satupun alumni yg masuk UI. tetap ada peluang kok.

Offline

#8 03 Feb 2012 16:49

sania
Member
From: Indonesia
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 2

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

kak aku baru lulus tahun kemaren, tapi post pone dulu lanjut ke kuliah, rencananya tahun ini mau masuk kuliah, maunya dih Sasbel, kira2 peminatnya banyak ga ya? dan rat2 nilainya berapa yah? please reply ya kak

thx

Offline

#9 03 Feb 2012 19:40

david lawrence
Member
From: Indonesia
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 2

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

kak, apakah kriteria undangan hanya di dasarkan nilai rapot yg di-un kan untuk smt 3,4,5 saja? truz banyak skolah lain yang menurut saya nilainya tergolong sangat tinggi (skitar 90 an ke atas ), sedangkan di skolah saya yang nilai paling tingginya cuma 85-88, padahal sekolah kami akreditasinya A, dan secara kualitas saya rasa tak terlalu jauh, lagipula sekolah tsbt bkan sekolah unggulan.thx kak.......

Offline

#10 03 Feb 2012 22:18

Ferry Fhrans
Member
From: Indonesia
Registered: 06 Jan 2012
Posts: 24

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

mau nanya nih, bedaya jalur undangan ama PPKB apaan ya?

Offline

#11 03 Feb 2012 22:23

Ferry Fhrans
Member
From: Indonesia
Registered: 06 Jan 2012
Posts: 24

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

mau nanya nih, bedanya jalur undangan ama PPKB apaan ya?

Offline

#12 04 Feb 2012 15:55

risma_yp
Member
From: Indonesia
Registered: 04 Feb 2012
Posts: 1
Website

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

ka, sertifikat2 itu berpengaruh ga? klo berpengaruh, berarti kita harus ngeupload sertifikat itu?
tapi kebanyakan yg sya punya itu sertifikat keaktifan sya dlm berorganisasi. apa itu jadi sebuah pertimbangan ka?

reply ya ka,
oia, peluang masuk farmasi UI besar ga ka?
satu lagi, bedanya PPKB sama jalur undangan apa?
makasih grin.gif grin.gif

Offline

#13 04 Feb 2012 19:53

cmf
Member
From: Indonesia
Registered: 29 Jan 2012
Posts: 6

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

kak, aku siswa dari Aceh dan Insya Allah bakal nembak ilmu psikologi di snmptn undangan nnti (doain lulus ya,amin!)

aku punya bbrpa prtnyaan ttg snmptn undngan, mohon penjelasan'a y kak!

1. mksd dari 'nilai stabil' itu gimana? nilai per mata pelajaran un semstr 3, 4,5 atau nilai totalnya? trus kalo nilainya mata pelajarannya smpt turun tapi enggak signifikan ttp dianggap stabil atau enggak?

2. td aku bca kalo sertifikat yg qta lampirkan sbaiknya pnya hubngn sma jurusan yg kita pilih, trus kalo jurusan psikologi kira2 sertifikat apa yang brhubungan? ak punya bbrpa srtifikat prov maupun nasional d bidang debat bhs inggris, olimpiade komputer, essay, dan cerdas cermat, kira2 ada hubungan'a gak sama psikologi?

mohon jwbnnya ya kakak2
terimakasih grin.gif

Offline

#14 05 Feb 2012 07:16

riario
Member
From: batam
Registered: 05 Feb 2012
Posts: 16

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

kak nilai ekonomi saya presentasenya utk smst 5 turun 4 angka.. kalo mau ambil manajemen UI msh bisa ngga ya? trus mapel yg bersangkutan apa aja.

Offline

#15 05 Feb 2012 11:26

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

nuraulia

nuraulia wrote:

ak, sy ada menang lomba dan lomba tersebut gak ada nyambungnya dengan jurusan yg sy inginkan...
bgaimna yah ka? pdhl, sy berharap sertifikat itu bs membantu

ya sertakan saja. "you never know till you have tried". Semua kemungkinan berlaku untukl setiap orang yang optimis.
.
sania

sania wrote:

kak aku baru lulus tahun kemaren, tapi post pone dulu lanjut ke kuliah, rencananya tahun ini mau masuk kuliah, maunya dih Sasbel, kira2 peminatnya banyak ga ya? dan rat2 nilainya berapa yah? please reply ya kak

ini daftar peminat sastra belanda di SNMPTN Undangan:
http://www.snmptn.ac.id/i_prodi_undanga … d=daftar_p rodi
ini di jalur SNMPTN Tulis:
http://www.snmptn.ac.id/i_prodi_utul.ph … ftar_prodi
peminat Sastra Belanda dari tahun ke tahun tidak terlalu banyak kok, peluangnya menurut saya sangat besar (untuk mereka yang mau berusaha).
sukses ya.
.
david lawrence

david lawrence wrote:

kak, apakah kriteria undangan hanya di dasarkan nilai rapot yg di-un kan untuk smt 3,4,5 saja? truz banyak skolah lain yang menurut saya nilainya tergolong sangat tinggi (skitar 90 an ke atas ), sedangkan di skolah saya yang nilai paling tingginya cuma 85-88, padahal sekolah kami akreditasinya A, dan secara kualitas saya rasa tak terlalu jauh, lagipula sekolah tsbt bkan sekolah unggulan.thx kak.......

ya, selain nilai rapor, sertifikat-sertifikat juga diperhitungkan. Jangan berpikir negatif tentang hal-hal seperti itu, percayalah apa pun yang terjadi kamu akan tetap lolos. Keyakinanmu yang akan membawamu sukses.
.
Ferry Fhrans

Ferry Fhrans wrote:

mau nanya nih, bedaya jalur undangan ama PPKB apaan ya?

sudah dijawab di thread sebelah ya.
.
risma_yp

risma_yp wrote:

ka, sertifikat2 itu berpengaruh ga? klo berpengaruh, berarti kita harus ngeupload sertifikat itu?
tapi kebanyakan yg sya punya itu sertifikat keaktifan sya dlm berorganisasi. apa itu jadi sebuah pertimbangan ka?

sertakan saja. semuanya pasti dinilai kok.

risma_yp wrote:

oia, peluang masuk farmasi UI besar ga ka?

tergantung usaha dan doamu.

risma_yp wrote:

satu lagi, bedanya PPKB sama jalur undangan apa?

ppkb itu jalur masuk UI, yang menyelenggarakan UI dan hanya untuk program D3 Vokasi dan S1 paralel, sedangkan jalur Undangan yang menyelenggarakan pemerintah dan menerima mahasiswa S1 reguler untuk masuk PTN di seluruh Indonesia.
.
cmf

cmf wrote:

kak, aku siswa dari Aceh dan Insya Allah bakal nembak ilmu psikologi di snmptn undangan nnti (doain lulus ya,amin!)

ya, amin

cmf wrote:

1. mksd dari 'nilai stabil' itu gimana? nilai per mata pelajaran un semstr 3, 4,5 atau nilai totalnya? trus kalo nilainya mata pelajarannya smpt turun tapi enggak signifikan ttp dianggap stabil atau enggak?

stabil yang dimaksud yaitu nilainya konsisten baik di semua mata pelajaran yang di-UN-kan.
kalau turunnya masih di belakang koma, masih dianggap stabil kok.

cmf wrote:

2. td aku bca kalo sertifikat yg qta lampirkan sbaiknya pnya hubngn sma jurusan yg kita pilih, trus kalo jurusan psikologi kira2 sertifikat apa yang brhubungan? ak punya bbrpa srtifikat prov maupun nasional d bidang debat bhs inggris, olimpiade komputer, essay, dan cerdas cermat, kira2 ada hubungan'a gak sama psikologi?

ya tidak harus berhubungan horizontal begitu, ada sertifikat lomba debat bahasa Inggris juga sudah bagus. sertakan saja.
.
riario

riario wrote:

kak nilai ekonomi saya presentasenya utk smst 5 turun 4 angka.. kalo mau ambil manajemen UI msh bisa ngga ya? trus mapel yg bersangkutan apa aja.

menurut saya, manajemen UI itu peminatnya sangat banyak artinya persaingannya sangat ketat. Jadi kalau nilai kamu turun signifikan, lebih baik kamu pilihy jurusan alternatifnya, atau persiapkan saja tes tertulisnya (SIMAK atau SNMPTN Tulis). tapi kamu daftar saja SNMPTN Undangan, karena kalau tidak dicoba tidak akan tahu hasilnya.

Offline

#16 05 Feb 2012 14:01

Putri Nuzulil
Member
From: Indonesia
Registered: 13 Sep 2011
Posts: 7
Website

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

kak, aku mau nanya, UI buat jalur apa aja untuk seleksi mahasswa baru ? trims...grin.gif

Offline

#17 05 Feb 2012 21:34

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

Putri Nuzulil

Putri Nuzulil wrote:

kak, aku mau nanya, UI buat jalur apa aja untuk seleksi mahasswa baru ? trims...

nih jalur masuknya:
Jalur Masuk UI 2012/2013
Hot News
Universitas Indonesia menerima mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat melalui beberapa jalur masuk. Tahun 2012 jalur masuk yang ada adalah jalur Undangan dan jalur Ujian Tulis.

- Jalur Undangan dahulu dikenal sebagai PMDK dan di UI disebut PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar).
1. Jalur undangan untuk S1 Reguler adalah SNMPTN Undangan. Sejak TA 2011 PPKB S1 Reguler diintegrasikan dalam SNMPTN Undangan, sehingga peraturan pendaftaran mengikuti ketentuan SNMPTN Undangan.
2. jalur Undangan untuk Vokasi (D3) melalui PPKB Vokasi (D3)
3. jalur undangan S1 Paralel melalui PPKB S1 Paralel
4. jalur undangan S1 Kelas Internasional melalui Talentscouting.
Jalur Undangan merupakan seleksi prestasi akademik (raport) dan tanpa ujian tulis. Peserta adalah lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun yang sama saat mendaftar (contoh: PPKB 2012 untuk lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat 2012). Hanya sekolah yang mendapat undangan yang dapat merekomendasikan siswanya di jalur ini.
- Jalur Ujian tulis yakni SNMPTN Tulis dan SIMAK UI. Perbedaan SNMPTN Tulis dengan SIMAK UI adalah pihak penyelenggara dan pilihan program pendidikan. SNMPTN Tulis diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Program pendidikan yang dapat dipilih dalam SNMPTN Tulis hanya S1 Reguler. pendaftaran SNMPTN melalui website resmi SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id. Sedangkan SIMAK UI diselenggarakan oleh UI dengan pilihan program pendidikan meliputi Vokasi (D3), S1 reguler, S1 paralel dan S1 Kelas Internasional. Peserta dapat memilih Vokasi (D3), S1 Reguler dan S1 Paralel sekaligus, hanya dengan 1x ujian. Sedangkan ujian S1 Kelas Internasional diselenggarakan terpisah, karena tes tulis menggunakan pengantar bahasa inggris. Pendaftaran SIMAK UI online di website http://penerimaan.ui.ac.id.

Program pendidikan Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas internasional menerima lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tanpa batasan usia ijasah. Sedangkan S1 Reguler hanya menerima lulusan SMA/SMK/MA /Sederajat maksimal 3 tahun terakhir (contoh: pendaftaran 2012 untuk lulusan SMA/Sederajat 2012, 2011, 2010). Persyaratan tambahan bagi pendaftar Kelas Internasional adalah memiliki TOEFL Institusional (ITP) min.500 atau iBT min.61 atau CBT min.173 atau IELTS min.5.5.

Biaya Pendidikan untuk S1 Reguler SNMPTN Undangan = S1 Reguler SNMPTN Tulis = S1 Reguler SIMAK. Cek biaya pendidikan S1 Reguler disini.
Bagi mahasiswa S1 Reguler terdapat Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan dan beasiswa uang pangkal, yakni biaya pendidikan dan uang pangkal disesuaikan dengan kemampuan orang tua/wali yang menanggung biaya pendidikan.

Offline

#18 06 Feb 2012 19:16

riario
Member
From: batam
Registered: 05 Feb 2012
Posts: 16

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

wah, trimakasih atas sarannya, tp nilai saya masih turun diblkg koma. terus bagaimana bila saya ambil sastra inggris dgn nilai smst 3-5 misalnya : 90-88-88. msh bisakah itu dibilang konsisten?

Offline

#19 06 Feb 2012 19:25

Hbomb
Member
From: Indonesia
Registered: 06 Feb 2012
Posts: 2

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

halo admin, saya ingin bertanya
manakah prodi yang harus saya utamakan antara KG dan Farmasi untuk menjadi pilihan 1 melalui jalur SNMPTN undangan tahun ini?
Trims

Offline

#20 07 Feb 2012 17:39

Aii aini
Member
From: Indonesia
Registered: 06 Feb 2012
Posts: 31

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

untuk peluang masuk sastra arab lewat jalur undangan itu bagaimana kak?

Offline

#21 07 Feb 2012 18:14

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

riario

riario wrote:

wah, trimakasih atas sarannya, tp nilai saya masih turun diblkg koma. terus bagaimana bila saya ambil sastra inggris dgn nilai smst 3-5 misalnya : 90-88-88. msh bisakah itu dibilang konsisten?

ya, itu bukan konsisten tapi masih dalam taraf nilai yg baiklah.
.
Hbomb

Hbomb wrote:

halo admin, saya ingin bertanya
manakah prodi yang harus saya utamakan antara KG dan Farmasi untuk menjadi pilihan 1 melalui jalur SNMPTN undangan tahun ini?
Trims

utamakan yang kamu minati, atau kalau keduanya sama-sama minat, artinya 50-50, lebih baik dahulukan farmasi.
.
Aii aini

Aii aini wrote:

untuk peluang masuk sastra arab lewat jalur undangan itu bagaimana kak?

kalau nilai kamu konsisten sedikt saja, maka masuk sastra arab UI bukan hal yg mustahil, karena peminat sastra arab tidak terlalu besar dari tahun ke tahun.

Offline

#22 07 Feb 2012 19:02

diego013
Member
From: Indonesia
Registered: 07 Feb 2012
Posts: 2

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

kak kalau nilai ku hanya mtk saja yg menurun disemester 4,, gini ni 82 truz 80 kemudian 91,, truz nilai lain ada yang tetap misalnya 78 naik 80 truz 80 lagi,, gimana tuh?? apakah masih dibilang stabil?

Offline

#23 07 Feb 2012 20:11

riario
Member
From: batam
Registered: 05 Feb 2012
Posts: 16

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

sebenarnya minat saya di akuntansi, manajemen ato sastra inggris. tapi melihat peminatnya yang banyak sekali saya jd berpikir dua kali utk memilih antara akuntansi dan manajemen yg hampir sebanding peminatnya. admin, misalnya nilai ekonomi smst 3-5 saya 84-93-89. smntra nilai sosio saya mslnya : 80-90-84. itu msh dapat dikatakan konsisten?
nilai yg dikatakan konsisten itu sbnrny bgaimana ya?

maaf pertanyaan saya banyak, semoga admin tdk keberatan utk menjawab grin.gif

Offline

#24 08 Feb 2012 09:26

adie
Member
From: jakarta
Registered: 29 Oct 2010
Posts: 1,519

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

@diego
yang dikatakan stabil yaitu seperti ini,
misal,
1. rata-rata nilai siswa A semester 3-5 (mata pelajaran yg di-UN-kan):
85, 82, 88
rata-rata nilai siswa B semester 3-5 (mata pelajaran yg di-UN-kan):
82, 85, 88
.
Dilihat dari kedua nilai siswa tersebut, manakah nilai yg dianggap stabil baik?
Tentu jawabannya nilai siswa B.
Karena nilainya masih dalam angka 8 koma dan nilainya terus mengalami peningkatan.
.
Lalu apakah nilai siswa A tidak stabil?
Tidak juga, nilai "cukup" stabil, dan hal ini berpengaruhnya justru pada pertimbangan penyeleksi - bagaimana mereka (tim penyeleksi) melihat nilai bukan hanya berdarkan jumlah keseluruhan nilai, tapi juga tingkat perbaikan nilai dari semestar ke semester.
.
Analogikan saja penilaian SNMPTN Undangan dengan pemeringkatan klasmen pada kompetisi sepak bola. Dalam kompetisi sepak bola, pemeringkatan dilakukan bukan hanya sebatas menghitung poin, namun produktivitas gol, kemasukan gol, "head to head", juga diperhitungkan.
.
Jadi jelas ya, nilai kamu itu termasuk "si siswa A" tadi.
.
@riario
ga usah takut untuk memilih jurusan yg kamu minati, toh ini baru jalur undangan. Kan masih ada ujian tulis dan simak.
Untuk penjelasan nilai yg konsisten atau stabil, lihat jawaban di atas kamu ini^.

Offline

#25 08 Feb 2012 13:42

diego013
Member
From: Indonesia
Registered: 07 Feb 2012
Posts: 2

Re: nilai rata rata SNMPTN undangan

ok terimakasih atas jwabannya kk.. grin.gif

Offline

Board footer

Powered by FluxBB