SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#26 20 Nov 2012 21:05

akuntansi
Member
Registered: 20 Nov 2012
Posts: 5

Re: kapan SIMAK UI 2013

lulusan tahun 2011 masih bisa ikut SIMAK UI gak teman ?

Offline

#27 20 Nov 2012 21:54

miyantirahma
Member
Registered: 12 Nov 2012
Posts: 3

Re: kapan SIMAK UI 2013

oh gitu..
okedeh.. makasih ka infonya..

Offline

#28 21 Nov 2012 09:09

olalaboomboom
Member
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 520

Re: kapan SIMAK UI 2013

akuntansi


Masih bisa smile

Offline

#29 21 Nov 2012 16:11

akuntansi
Member
Registered: 20 Nov 2012
Posts: 5

Re: kapan SIMAK UI 2013

olalaboomboom wrote:

akuntansi


Masih bisa smile


makasi

Offline

#30 03 Dec 2012 19:16

Agatha Dessy
Member
Registered: 03 Dec 2012
Posts: 2

Re: kapan SIMAK UI 2013

salam kenal kak smile

saya dessy
kalau kita dari jurusan IPA trus ngambil IPS kan ikutnya IPC , nah yang saya ingin tanyakan , klo IPC nanti kita mengerjakan soal Kemampuan IPA kemudian IPS ?
atau
kita mengerjakan soal yang sekaligus digabung kemampuan kedua-duanya ?

Offline

#31 04 Dec 2012 01:38

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: kapan SIMAK UI 2013

Agatha Dessy wrote:

salam kenal kak smile

saya dessy
kalau kita dari jurusan IPA trus ngambil IPS kan ikutnya IPC , nah yang saya ingin tanyakan , klo IPC nanti kita mengerjakan soal Kemampuan IPA kemudian IPS ?
atau
kita mengerjakan soal yang sekaligus digabung kemampuan kedua-duanya ?

Jurusan IPS apa dulu yang kamu minati?

Jika jurusan yang kamu ambil seluruhnya adalah IPS, maka kamu ambil kelompok ujian IPS (walaupun kamu SMA-nya IPA) -- tetap jatuhnya IPS.
Contoh : Jurusan yang kamu pilih misalnya Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Sastra Inggris, Antropologi Sosial, Bahasa dan Kebudayaan Korea, dan sebagainya.

Jika jurusan yang kamu ambil ada jurusan IPA-nya dan sebagian jurusan lain adalah IPS, baru namanya itu kamu ambil kelompok ujian IPC.
Contoh : Jurusan yang kamu pilih misalnya Teknik Elektro, Akuntansi, Kedokteran Gigi, Farmasi, Sosiologi, Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu Gizi, dan sebagainya.

Kalau kamu ambil IPC:
Kamu mengerjakan seluruh soal yang diujikan : Kemampuan Dasar + Kemampuan IPA + Kemampuan IPS

Last edited by dudulalalala (04 Dec 2012 01:38)

Offline

#32 12 Dec 2012 11:04

lydiaelvinaa
Member
Registered: 12 Dec 2012
Posts: 1

Re: kapan SIMAK UI 2013

Kak mau nanya apa bedanya simak ui s1 paralel sama reguler ya? itu pendaftarannya mulai kapan ? kalau lulusan tahun 2012 masih bisa ikutan ? mohon balasannya makasih

Offline

#33 12 Dec 2012 15:13

olalaboomboom
Member
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 520

Re: kapan SIMAK UI 2013

lydiaelvinaa


S1 Reguler: lulusan 3 tahun terakhir 2011,2012,2013 Biaya kuliah bisa dicicil dan banyak beasiswa, saingan lebih ketat, perkuliahan pagi dari jam 08:00-13:00
S1 Paralel : tidak ada batasan usia untuk mendaftar, Biaya kuliah tidak ada potongan atau keringanan, saingan tidak seketat S1 Reguler, perkuliahan siang dari jam 13:00-17:00

Untuk lulusan th 2012 masih bisa ikutan S1 Reguler dan paralel

Offline

#34 17 Dec 2012 21:44

Tyuuung
Member
Registered: 17 Dec 2012
Posts: 7

Re: kapan SIMAK UI 2013

Assalamualaikum. Saya berasal dari SMA jurusan IPA, dan berminat masuk UI jurusan IPS
Mau tanya:
1 . berapa besar chance seseorang buat masuk UI jurusan IPS yg SMA nya berasal dari program IPA melalui jalur Undangan(SNMPTN 2013)? Dalam hal ini rata2 rapor saya berkisar 83-84 namun akreditasi sekolah A.
2. Jika saya ikut SIMAK 2013, dan ingin mengambil jurusan IPS (seperti HI, Komunikasi atau Psikologi) apakah lebih baik saya mengambil tes IPS tanpa kemampuan IPA samasekali?

3. Jika saya mengikuti tes, apakah urutannya sudah benar?
1. HI
2. Komunikasi
3. Psikologi

4. Apakah benar jurusan HI UI lebih banyak menampung pelajar berdasarkan undangan?

Terimakasih banyak, setiap jawaban sangat membantu! smile

Offline

#35 28 Dec 2012 13:50

fathzone
Member
Registered: 28 Dec 2012
Posts: 1

Re: kapan SIMAK UI 2013

ka, mau tanya daya tampung untuk tahun 2013 ilmu admistrasi negara ama kesejahteraan sosial berapa ???

Offline

#36 28 Dec 2012 14:18

olalaboomboom
Member
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 520

Re: kapan SIMAK UI 2013

fathzone

Info daya tampung TA 2013/2014 belum ada tetapi untuk TA 2012/2013 bisa dilihat di http://simak.ui.ac.id/reguler.html

Offline

#37 04 Jan 2013 21:48

veda
Member
Registered: 04 Jan 2013
Posts: 1

Re: kapan SIMAK UI 2013

kak klo nilai nya ada yg trun bsa msuk ui gk kak?
psing nih

Offline

#38 04 Jan 2013 23:24

ceres
Member
Registered: 08 Mar 2012
Posts: 66

Re: kapan SIMAK UI 2013

kak statistik  peminat FT 2011/2012 dgn 2012/2013 naik gk? khususnya teknik  geologi/kimia/metalurgi thanks banget k.

Offline

#39 11 Jan 2013 14:37

reicici
Member
Registered: 11 Jan 2013
Posts: 2

Re: kapan SIMAK UI 2013

teman teman yg mau daftar SIMAK 2013, bener kan pendaftarannya belum dibuka dan baru dibuka sekitar bulan Juni? soalnya udah khawatir ketinggalan aja nih. sampe bikin 2 akun blm bisa daftar. hehe

Offline

#40 14 Jan 2013 09:54

Caca01
Member
Registered: 10 Jan 2013
Posts: 30

Re: kapan SIMAK UI 2013

SIMAK UI belum buka kok, pendaftran sekitar bulan Mei...

Offline

#41 19 Jan 2013 13:11

fahmialamsyah
Member
Registered: 19 Jan 2013
Posts: 1

Re: kapan SIMAK UI 2013

kapann doonngg simak UI yang benernya ?? smile

Offline

#42 19 Jan 2013 19:33

riyan_ozil10
Member
Registered: 19 Jan 2013
Posts: 2

Re: kapan SIMAK UI 2013

Assalamualaikum kakak2, saya riyan dari SMAN 78. saya mau tanya, saya tadi denger pembicaraan teman saya, katanya udah ada jadwal SIMAK UI ya??? emang bener tuh ka??? makasih. ^_^

Offline

#43 19 Jan 2013 19:37

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: kapan SIMAK UI 2013

riyan_ozil10 wrote:

Assalamualaikum kakak2, saya riyan dari SMAN 78. saya mau tanya, saya tadi denger pembicaraan teman saya, katanya udah ada jadwal SIMAK UI ya??? emang bener tuh ka??? makasih. ^_^

Pelaksanaan ujian tulis SIMAK diperkiraan 18 Juni 2013. Namun, jadwalnya masih belum pasti dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu.

Offline

#44 19 Jan 2013 19:42

riyan_ozil10
Member
Registered: 19 Jan 2013
Posts: 2

Re: kapan SIMAK UI 2013

@dudulalalala : makasih ka infonya, ^_^

Offline

#45 19 Jan 2013 21:06

Ruth_Marpaung
Member
Registered: 19 Jan 2013
Posts: 3

Re: kapan SIMAK UI 2013

Kak kasih tau dong berapa passing grade untuk FKM UI?

Offline

#46 19 Jan 2013 21:59

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: kapan SIMAK UI 2013

Ruth_Marpaung wrote:

Kak kasih tau dong berapa passing grade untuk FKM UI?

UI tidak menerapkan sistem passing grade dalam penerimaan.

Sistem seleksi berdasarkan alokasi daya tampung dari seluruh pelamar. Misalnya, S1 Kesehatan Masyarakat daya tampungnya 30 kursi sedangkan terdapat 3000 peminat yang berniat masuk jurusan tersebut, maka yang diambil 30 terbaik dari 3000 peminat tersebut.

Istilah passing grade adalah istilah bimbel. Bimbel memakai istilah PG berdasarkan informasi nilai siswa yang les di bimbel tersebut yang diterima di PTN pada tahun sebelumnya. Lalu dari data-data nilai siswa tadi yang ikut TO atau jawaban yang dia isi waktu SNMPTN, kemudian direkapitulasi dan diakumulasi datanya, lalu dapat nilai PG.

Last edited by dudulalalala (19 Jan 2013 22:01)

Offline

#47 25 Jan 2013 13:31

andreasatmaja
Member
Registered: 25 Jan 2013
Posts: 8

Re: kapan SIMAK UI 2013

kak mau tanya nih apakah simak ui hanya ada di jakarta ? berarti kalo saya orang semarang mau ikut simak, harus ke jakarta dulu gitu ya ?

Offline

#48 25 Jan 2013 15:31

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: kapan SIMAK UI 2013

andreasatmaja wrote:

kak mau tanya nih apakah simak ui hanya ada di jakarta ? berarti kalo saya orang semarang mau ikut simak, harus ke jakarta dulu gitu ya ?

Kota pelaksanaan SIMAK UI tidak hanya di Jakarta, tetapi nanti dilaksanakan di kota-kota besar lainnya. Kota pelaksanaan SIMAK UI 2013 belum dipastikan, namun sebagai gambaran, tahun 2012 SIMAK UI dilaksanakan di 10 kota:

Jawa --> Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya
Sumatera --> Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru
Sulawesi --> Makassar
Kalimantan --> Samarinda

Kalau kamu dari Semarang, kamu bisa ujian di kota terdekat dengan tempat ujian kamu yaitu Yogyakarta atau yang terdekat. Pemilihan kota ujian/lokasi ujian bukan kriteria kelulusan.

Last edited by dudulalalala (25 Jan 2013 15:51)

Offline

#49 28 Jan 2013 21:35

lelly_lelyko
Member
From: Jateng, Indonesia
Registered: 11 Jan 2013
Posts: 6
Website

Re: kapan SIMAK UI 2013

kak mau tanya dong smile
kalau mau ikut SBMPTN apakah harus buat account juga di penerimaan.ui.ac.id ?
terus kalau ikutan SIMAK apa bisa pilih S1 reguler?
makasiih

Offline

#50 28 Jan 2013 22:58

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: kapan SIMAK UI 2013

lelly_lelyko wrote:

kak mau tanya dong smile
kalau mau ikut SBMPTN apakah harus buat account juga di penerimaan.ui.ac.id ?
terus kalau ikutan SIMAK apa bisa pilih S1 reguler?
makasiih

Akun penerimaan UI hanya untuk pendaftaran SIMAK saja.
Iya, SIMAK UI juga ditawarkan seluruh S1 Reguler dan biaya yang lolos dari jalur masuk ini sama dengan yang dari SBMPTN ataupun SNMPTN.

Offline

Board footer

Powered by FluxBB