SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#76 23 Dec 2012 17:29

Tyuuung
Member
Registered: 17 Dec 2012
Posts: 7

Re: SNMPTN 2013

Oh ya kak, kalau lokasi tempat kita mengerjakan SBMPTN menentukan nilai akhir peserta tidak ?
Karena saya pernah dengar kalau dulu soal2 snmptn tulis tiap provinsi berbeda tingkat kesulitannya. Dan, misalnya ada peserta ingin mendaftar UI, si A mengerjakan di jakarta, dan si B mengerjakan di Surabaya, maka chance untuk mendapatkan kursi lebih besar didapat si A.. Apa benar?
Terimakasih untuk jawabannya smile

Offline

#77 23 Dec 2012 18:24

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SNMPTN 2013

Tyuuung wrote:

Assalamualaikum. Kak mau tanya:

1.apa benar Jika kita mendaftar Undangan, dan diterima, berkas tidak bisa dicabut?
2.apa benar yang diujikan di SBMPTN hanya TPA? Kemudian penilaian ditambah dengan nilai UN?
3.taun ini kuota SBMPTN dan simakUI masing2 berapa persen? Dan masing2 dimulai tanggal berapa?
Terimakasih..

Wa'alaikum salam,

  1. Maksudnya berkas gimana?

  2. Sejauh ini belum ada informasi mengenai SBMPTN.

  3. Jenis soal yang diujikan di SBMPTN belum diketahui saat ini. Penilaiannya pun juga belum diketahui seperti apa.

  4. Pelaksanaan ujian SBMPTN dan SIMAK dilaksanakan setelah pengumuman SNMPTN. Kuota untuk jalur tulis (SIMAK dan SBM PTN) adalah 50% untuk S1 Reguler.

Tyuuung wrote:

Oh ya kak, kalau lokasi tempat kita mengerjakan SBMPTN menentukan nilai akhir peserta tidak ?
Karena saya pernah dengar kalau dulu soal2 snmptn tulis tiap provinsi berbeda tingkat kesulitannya. Dan, misalnya ada peserta ingin mendaftar UI, si A mengerjakan di jakarta, dan si B mengerjakan di Surabaya, maka chance untuk mendapatkan kursi lebih besar didapat si A.. Apa benar?
Terimakasih untuk jawabannya smile

Lokasi tempat ujian bukan penentu kelulusan dan tidak pernah menjadi penentu kelulusan ujian tulis.  Peserta dapat memilih tempat ujian terdekat dikotanya. Isu ini sudah ada sejak lama, sebelum jamannya SNMPTN atau jaman dimana orang tua kamu ikut Proyek Perintis/SIPENMARU/UMPTN dan tidak terbukti kebenarannya.

Tingkat kesulitan soal setiap wilayah sebenarnya sama dan setara. Namun, apabila memang terjadi perbedaan tingkat kesulitan soal, hal itu akan terlihat dari nilai-nilai peserta di tiap wilayah di komputer pengoreksi yang berada di pusat. Jika hal itu terjadi, biasanya akan dilakukan semacam "normalisasi nilai" (saya pribadi nyebutnya begitu) dan secara stiatistik akan dianggep adil.

Last edited by dudulalalala (24 Dec 2012 01:04)

Offline

#78 23 Dec 2012 20:46

Tyuuung
Member
Registered: 17 Dec 2012
Posts: 7

Re: SNMPTN 2013

Maaf, maksud saya, jika diterima, maka jurusan di universitas tersebut wajib diambil dan tidak boleh mencoba sbmptn?

Offline

#79 24 Dec 2012 01:03

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SNMPTN 2013

Tyuuung wrote:

Maaf, maksud saya, jika diterima, maka jurusan di universitas tersebut wajib diambil dan tidak boleh mencoba sbmptn?

  • Jika keterima melalui SNMPTN, kamu berhak untuk tidak mengambil di jurusan tersebut dan dipersilahkan untuk mengikuti SBM PTN dan/atau SIMAK.

  • Namun, biasanya sekolah kamu akan dievaluasi oleh pihak PTN bersangkutan pada SNMPTN tahun berikutnya

Last edited by dudulalalala (24 Dec 2012 01:05)

Offline

#80 25 Dec 2012 19:14

adilah layung santini
Member
From: Bekasi
Registered: 30 Oct 2012
Posts: 12
Website

Re: SNMPTN 2013

kak, dipersyaratan bidik misi adalah kalimat
"Kirimkan formulir (asli) beserta berkas berkas pendukung (copy) ke perguruan tinggi yang didaftar sesuai dengan ketentuan masing masing perguruan tinggi".
ketentuan yang dimaksud bagaimana ya ka?  ditunggu jawabannya

Offline

#81 25 Dec 2012 20:58

fitrianar
Member
Registered: 11 Dec 2012
Posts: 6

Re: SNMPTN 2013

Oiya ka, mau nanya, kenapa sih tahun ini ujian SBMPTN itu harus mencantumkan Universitas yang berasal dari asal sekolah SMA (jika memilih 2 universitas)?
Kira-kira kakak tau ga? Maaf pertanyaannya agak sedikit keluar dari tema.
Terimakasih

Offline

#82 25 Dec 2012 21:10

alfathbpei
Member
Registered: 23 Dec 2012
Posts: 25

Re: SNMPTN 2013

Assalamua'laikum wr.wb
Saya sekolah di smk negeri 26 jkt yg memiliki program belajar 4th. Secara rumpun, sekolah saya adalah termasuk sekolah rumpun teknologi dan rekayasa.
untuk snmptn tahun depan, penilaian dinilai dari nilai raport kelas 1-5, nilai un2 dan prestasi2 lain. Saat ini sy sudah duduk di kelas 4, UN telah saya lalui, hasil raport pun dari semester 1-6 sudah saya terima. dan setelah saya amati, nilai raport siswa di sekolah saya itu sulit yg konsisten, sbagai contoh: byk yg peringkatnya masuk 10 besar tp selalu bertukar posisi dan nilainya pun kadang naik kadang turun, yg ingin saya tanyakan penilaian snmpt itu dilihat dr yg terbaik di sekolahnya saja atau diadu langsung dg nilai siswa dr skolah lain. saya ingin sekali masuk UI, mungkin secara nilai raport, siswa smk kalah dg siswa sma, tp seandainya nilai un saya tinggi dan saya memiliki beberapa prestasi ektrakurikuler yg lumayan itu kira2 masih bisa bersaing tidak dg siswa sma yg nilai kkm nya saja diatas byk 85? terima kasih smile

Offline

#83 26 Dec 2012 10:16

putri ch
Member
Registered: 26 Dec 2012
Posts: 1

Re: SNMPTN 2013

mau tanya skrg ini saya kuliah d3 kebidanan semester1 apa bisa di senester 2 nanti saya pindah ke s1 keperawatan? mohon infonya yaa terima kasih

Offline

#84 27 Dec 2012 06:08

asri
Member
Registered: 27 Dec 2012
Posts: 2

Re: SNMPTN 2013

maaf ka mau tanya,,kalau nilai rapot rata-rata saya 81,83,84,85,87. kira-kira peluang masuk fakultas ilmu keperawatan UI besar gak ya? pengen banget masuk UI. Trus kalau FIK UI itu dibagi dalam beberapa jurusan lagi gak? mn yg harus di pilih duluan Fakultas Kesehatan Masyarakat ataukah Fakultas Ilmu Keperawatan?

Offline

#85 27 Dec 2012 09:08

olalaboomboom
Member
Registered: 03 Feb 2012
Posts: 520

Re: SNMPTN 2013

putri ch


UI tidak menerima siswa pindahan, jadi kalau kamu mau kuliah S1 Keperawatan harus ikut tes seleksi masuk dan kuliah dari semester 1 smile

Offline

#86 27 Dec 2012 09:46

Febri SA
Member
Registered: 17 Dec 2012
Posts: 2

Re: SNMPTN 2013

katanya SNMPTN undangan nilai rapornya harus stabil . .
Misal kalo ada salah satu nilai turun itu gimana? Masih bisa dpat SNMPTN undgan atau gak bisa?

Offline

#87 27 Dec 2012 10:34

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SNMPTN 2013

Febri SA wrote:

katanya SNMPTN undangan nilai rapornya harus stabil . .
Misal kalo ada salah satu nilai turun itu gimana? Masih bisa dpat SNMPTN undgan atau gak bisa?

Tetep Febri SA dapat mengikuti SNMPTN Undangan karena terbuka bagi seluruh siswa SMA atau sederajat yang akan menempuh UN. wink

Offline

#88 27 Dec 2012 10:52

fitrianar
Member
Registered: 11 Dec 2012
Posts: 6

Re: SNMPTN 2013

ka, pertanyaan aku blm dijawab sad

Offline

#89 07 Jan 2013 22:44

fujifm
Member
Registered: 07 Jan 2013
Posts: 1

Re: SNMPTN 2013

assalamualaikum.

kakak aku mau tanya2 boleh ya?
aku kan anak ipa tapi aku mau ambil sastra indonesia sama sastra korea UI lewat jalur undangan. apa itu bisa?
soalnya aku nanya sama guru bk dan kakak bta, kalau anak ipa tidak diperbolehkan memilih jurusan sastra lewat jalur undangan. tolong jawab ya kakak smile terimakasih..

Offline

#90 08 Jan 2013 15:52

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SNMPTN 2013

fitrianar wrote:

Oiya ka, mau nanya, kenapa sih tahun ini ujian SBMPTN itu harus mencantumkan Universitas yang berasal dari asal sekolah SMA (jika memilih 2 universitas)?
Kira-kira kakak tau ga? Maaf pertanyaannya agak sedikit keluar dari tema.
Terimakasih

Halo Fitrianar,
Alasan yang logis mengenai hal tersebut supaya jumlah peserta tidak numpuk di salah satu PTN favorit yang notabenenya kebanyakan di Pulau Jawa.

Kalau tidak ada pembatasan hal itu, PTN-PTN yang kurang favorit akan kekurangan mahasiswa. Padahal, pembukaan PTN-PTN di masing-masing provinsi tujuannya untuk pemerataan kesempatan belajar. Oleh karena itu, supaya mahasiswa gak numpuk di PTN favorit Yah, dibuatlah kebijakan demikian.

Offline

#91 08 Jan 2013 15:54

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SNMPTN 2013

fujifm wrote:

assalamualaikum.

kakak aku mau tanya2 boleh ya?
aku kan anak ipa tapi aku mau ambil sastra indonesia sama sastra korea UI lewat jalur undangan. apa itu bisa?
soalnya aku nanya sama guru bk dan kakak bta, kalau anak ipa tidak diperbolehkan memilih jurusan sastra lewat jalur undangan. tolong jawab ya kakak smile terimakasih..

Siswa IPA boleh ambil jurusan IPS melalui jalur undangan (SNMPTN) kalau di UI. Cuman peluang diterimanya tidak sama dengan yang berasal dari jurusan Bahasa. Dengan kata lain, siswa dari jurusan Bahasa yang akan diprioritaskan dahulu untuk diterima, baru kemudian IPS, dan terakhir IPA.

Offline

#92 08 Jan 2013 20:45

tneknuri
Member
From: Jambi-Padang
Registered: 01 Jan 2013
Posts: 3

Re: SNMPTN 2013

kakak, biar berpeluang besar lulus fk ui, nilai rapor mesti di atas 9 ya kak? kalau gitu, potensi untuk 'mark up' bisa tinggi dong kak.. mungkin kakak UI khususnya kedokteran bisa jelasin gambaran kriteria yang diminta agar diterima undangan fk ui,
trimakasih kakak..

Offline

#93 08 Jan 2013 22:57

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SNMPTN 2013

tneknuri wrote:

kakak, biar berpeluang besar lulus fk ui, nilai rapor mesti di atas 9 ya kak? kalau gitu, potensi untuk 'mark up' bisa tinggi dong kak.. mungkin kakak UI khususnya kedokteran bisa jelasin gambaran kriteria yang diminta agar diterima undangan fk ui,
trimakasih kakak..

Mark up nilai akan terdeteksi karena kepala sekolah harus melaporkan seluruh nilai rapot setiap tahun setiap sekolah. Jadi, nilai yang dilaporkan di SNMPTN bukan hanya kelas XII, tetapi juga nilai seluruh siswa kelas XI, dan X. Jadi, kalau ternyata siswa kelas XI ketika naik kelas XII, kemudian terjadi perubahan nilai yang signifikan antara data tahun 2012 dengan 2013 hal tersebut akan terlihat dan dapat diindikasikan manipulasi nilai. Kalau ketahuan, sekolah tersebut akan masuk ke dalam daftar hitam SNMPTN.

Selain itu, setiap sekolah dan peserta memiliki nomor induk nasional sehingga tidak mungkin ada siswa yang memiliki data ganda. Jadi, tingkat manipulasi nilai akan dapat diminimalisir sedini mungkin.

Walaupun demikian, hal tersebut tidak menjamin, makanya ada indikator penilaian tambahan lain seperti alumni sekolah bersangkutan, prestasi perlombaan yang pernah diikuti, dan reputasi lain. Jika sekolah tersebut bener-bener bagus, pasti sekolah tersebut banyak siswanya yang berprestasi. Prestasi-prestasi demikian tidak bisa dimanipulasi oleh rapot.

Last edited by dudulalalala (08 Jan 2013 22:57)

Offline

#94 09 Jan 2013 18:00

yulia ferdicnad
Member
Registered: 09 Jan 2013
Posts: 1

Re: SNMPTN 2013

kaka-kaka mau tanya dong aku kan anak ipa ka apa bisa ngambil jurusan ips melalui jalur undangan ?
aku udah pernah tanya ke guru BK tapi kata beliau tergantung universitasnya cara kita cari tau univ yang ngebolehin ipa ke ips gimana yah ka ?

Offline

#95 09 Jan 2013 18:37

Denanissa
Member
Registered: 09 Jan 2013
Posts: 1

Re: SNMPTN 2013

hallo kakak-kakak penghuni yellow jacket, wanna ask something nih.. daya tampung untuk jurusan hubungan internasional & FE-Akun tahun ini berapa besar ya kak? I beg you answer my questions. thx btw:)

Offline

#96 09 Jan 2013 19:48

dilla maryanda
Member
Registered: 09 Jan 2013
Posts: 2

Re: SNMPTN 2013

kak pengen nanya ne ,,
jurusan apa ya yg bgs untuk SNMPTN undangan di UI kalau nilai rata2 rapor sekitar 85 ???

Offline

#97 09 Jan 2013 20:58

angga prayuda
Member
Registered: 09 Jan 2013
Posts: 1

Re: SNMPTN 2013

ka mau tanya , jurusan apa aja yang kira2 kurang peminatnya saya dari jurusan ipa ?

Offline

#98 09 Jan 2013 21:54

dudulalalala
Member
From: Depok
Registered: 19 Jan 2011
Posts: 2,494

Re: SNMPTN 2013

angga prayuda wrote:

ka mau tanya , jurusan apa aja yang kira2 kurang peminatnya saya dari jurusan ipa ?

Semua jurusan UI laku keras. B-)
Kalau mau tingkat persaingan tahun lalu dapat dilihat di : http://simak.ui.ac.id/reguler.html

dilla maryanda wrote:

kak pengen nanya ne ,,
jurusan apa ya yg bgs untuk SNMPTN undangan di UI kalau nilai rata2 rapor sekitar 85 ???

Pilih yang sesuai dengan cita-citamu big_smile

yulia ferdicnad wrote:

kaka-kaka mau tanya dong aku kan anak ipa ka apa bisa ngambil jurusan ips melalui jalur undangan ?
aku udah pernah tanya ke guru BK tapi kata beliau tergantung universitasnya cara kita cari tau univ yang ngebolehin ipa ke ips gimana yah ka ?

Kalau UI, anak IPA boleh ambil jurusan IPS untuk undangan.
Kalau mau tahu kebijakan masing-masing PTN, silahkan kunjungi situs web resmi PTN yang kamu incar atau gak kamu dapat mengeceknya melalui laman resmi SNMPTN (http://snmptn.ac.id), cek ke bagian alamat call center SNMPTN lalu silahkan hubungi nomor atau email panitia yang tertera di sana.

Denanissa wrote:

hallo kakak-kakak penghuni yellow jacket, wanna ask something nih.. daya tampung untuk jurusan hubungan internasional & FE-Akun tahun ini berapa besar ya kak? I beg you answer my questions. thx btw:)

Untuk daya tampung kelas internasional tahun ini, kamu dapat melihat pada saat pendaftaran SIMAK Kelas Internasional dibuka, untuk saat ini belum ada informasi mengenai hal tersebut.

Last edited by dudulalalala (09 Jan 2013 21:55)

Offline

#99 10 Jan 2013 01:08

alfathbpei
Member
Registered: 23 Dec 2012
Posts: 25

Re: SNMPTN 2013

kaka dudulalala , pertanyaan saya belum dijawan sad

Assalamua'laikum wr.wb
Saya sekolah di smk negeri 26 jkt yg memiliki program belajar 4th. Secara rumpun, sekolah saya adalah termasuk sekolah rumpun teknologi dan rekayasa.
untuk snmptn tahun depan, penilaian dinilai dari nilai raport kelas 1-5, nilai un2 dan prestasi2 lain. Saat ini sy sudah duduk di kelas 4, UN telah saya lalui, hasil raport pun dari semester 1-6 sudah saya terima. dan setelah saya amati, nilai raport siswa di sekolah saya itu sulit yg konsisten, sbagai contoh: byk yg peringkatnya masuk 10 besar tp selalu bertukar posisi dan nilainya pun kadang naik kadang turun, yg ingin saya tanyakan penilaian snmpt itu dilihat dr yg terbaik di sekolahnya saja atau diadu langsung dg nilai siswa dr skolah lain. saya ingin sekali masuk UI, mungkin secara nilai raport, siswa smk kalah dg siswa sma, tp seandainya nilai un saya tinggi dan saya memiliki beberapa prestasi ektrakurikuler yg lumayan itu kira2 masih bisa bersaing tidak dg siswa sma yg nilai kkm nya saja diatas byk 85? terima kasih smile

Offline

#100 10 Jan 2013 17:13

piqri
Member
Registered: 10 Jan 2013
Posts: 2

Re: SNMPTN 2013

kak saya mau nanya
kan snmptn undangan itu kita pilih 2 ptn dan dri 2 ptn itu kita pilih 2 jurusan, brarti kita bisa pilih 4 jurusan bener ga? apa bisa lebih ?

1. apa bener salah satu ptn itu harus ada yg sedaerah dengan sekolah kita ?
2. dari 4 jurusan itu bebas kan (pilh jurusan apa aja) saya ipa

heheh maap kak klu pusing bacanya
tp balees ya kak smile

Offline

Board footer

Powered by FluxBB