SIMAK-UI

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia http://penerimaan.ui.ac.id/

You are not logged in.

#1 23 Oct 2009 12:51

hazardaen
Member
From: Indonesia
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

kalau untuk kesempatan bagi SMK negeri masih bisa nggak ya ??? Terus apakah jurusan yang dipilih harus disesuaikan dengan jurusan di SMK ??

Offline

#2 23 Oct 2009 13:50

rukti
Administrator
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 235

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

bisa dong...
yang penting kan lulusan SMA atau sederajat.

Jurusan yang dipilih terserah aja, ga harus mnyesuaikan ma jurusan waktu sekolah..

Offline

#3 23 Oct 2009 13:54

andre123
Member
From: Depok
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 431

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

sma,smk,smea,stm ga masalah asal lulus tesnya. jurusan yang dipilih biasanya disesuaikan dengan jenis tes yang kita ambil apakah IPA, IPS atau IPC..........

Offline

#4 24 Oct 2009 11:36

laurenlidya
Member
From: Indonesia
Registered: 24 Oct 2009
Posts: 2

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

Tapi masalahnya soal SIMAK or SNMPTN dsb suka diambil dari plajaran SMA . kan SMK plajrannya beda ama SMA . SMK = kejuruan IPS di SMA
contoh di SMK ga dplajarin sejarah, dan geo kyk dSMA. . untuk mat n ekonomi masih sdkit sama. brati  anak SMK harus bimbel dong?

Offline

#5 24 Oct 2009 13:15

dinggul
Member
From: Indonesia
Registered: 24 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

Bener banged kata lauren..

Kadang aku ampe nyesel, kenapa dulu masuk SMK. =.='

SMK jurusan Telkomunikasi spertiku kan ga mengenal biologi..
MTK juga cman terapan.. Kimia dikasi yg gampang"... ::hammer::

Skarang jadi ikud bimbel buad nyamain SMA.. =P
Moga taun dpan jadi mahasiswa UI..

Offline

#6 25 Oct 2009 03:24

dudulalala
Member
From: Jakarta
Registered: 19 Oct 2009
Posts: 469
Website

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

^
Amin! big_smile
Saya tunggu di UI yah! ^o^

Offline

#7 27 Oct 2009 14:52

hazardaen
Member
From: Indonesia
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

alhamdulillah sih aku masuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, masih ada Fisika dan Kimia. Nah masalahnya biologi itu tidak ada.

Ada yang tahu tidak, les cepat materi IPA sampai SIMAK berlangsung ? masalahnya kimia yang dikenalkan itu masih dasar, dan biologi sama sekali tidak dipelajari di SMK.

aku pengen banget masuk jurusan Matematika,,
di mohon informasinya..

Offline

#8 28 Oct 2009 10:19

dinggul
Member
From: Indonesia
Registered: 24 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

Kalo les untuk SIMAK kaya'e susah..
SIMAK kan awal maret..

Kalo UMPTN, try Nurul Fikri gan.. big_smile

Offline

#9 29 Oct 2009 11:55

hazardaen
Member
From: Indonesia
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

jadi harus ikut UMPTN gitu, lah kalo ikut SIMAK sulit banget gitu.. Apa ikut SIMAK harus sesuai jurusan sekolah ya ???

trus aku masih sekolah nih, baru tahun 2010 kelulusannya diterima dari sekolah. Untuk tahun depan, SIMAK belum dibuka kan ???

ikut SIMAK harus punya ijazah dulu ya ???
aduh kok repot ya ??

Offline

#10 29 Oct 2009 16:16

rukti
Administrator
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 235

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

@ hazardaen : kayaknya banyak bimbel nyedian paket yang kejar tayang deh, kamsud is paket intensif big_smile
coba tanya aja bimbelnya...

Apa ikut SIMAK harus sesuai jurusan sekolah ya ??? ---> baca #2

Untuk tahun depan, SIMAK belum dibuka kan ??? ----> baca http://penerimaan.ui.ac.id/id/announcement/view/761

ikut SIMAK harus punya ijazah dulu ya ??? ---> baca #5 http://penerimaan.ui.ac.id/forum/index. … 1&topic=45

Offline

#11 30 Oct 2009 17:54

dinggul
Member
From: Indonesia
Registered: 24 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

@hazarden:
sante om..
Aq anak SMK juga.. Taun lalu ikud simak ndak lulus..

Ndak pake ijazah alias ijazah bole nyusul.. Yg kudu ada itu tanda pengenal (KTP,SIM,dsb)

ikud bimbel yg paket super intensif.. Tapi biasanya, paket intensif ntu di tujukan bwad UMPTN.. jadi sama aja.. smile

mau berhasil?
Ikuti guru, ikut bimbel, kurangi ngegame(anak informatika biasane gamers), dan blajar giat di rumah..
Kalo pngen brhasil.. =P

tmenku, blajar biologi otodidak, tembus tuh UMPTN ke ITS..

U can, if u think u can!

Offline

#12 30 Oct 2009 21:48

dudulalala
Member
From: Jakarta
Registered: 19 Oct 2009
Posts: 469
Website

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

@all

Saran saya sih, cicil belajar aja dari sekarang, semakin baik persiapannya, semakin besar peluang anda diterima. Pemilihan kelompok IPA, IPS, dan IPC itu tidak berdasarkan jurusan asal sekolahnya. Anak IPS boleh ambil jurusan kelompok IPA, begitupula sebaliknya.

Soal SIMAK itu sama seperti soal2 ujian masuk lain, yang ditanyakan pasti teori dasarnya. Soal SIMAK ataupun soal ujian masuk lain bebeda dengan soal UN. Klo UN biasanya materi soal yang keluar akan lebih banyak pada kelas XII dibandingkan kelas X. Klo soal SIMAK itu materi soal justru banyak keluar dari kelas X dibandingkan XII. Klo diprosentasi porsi soalnya seperti ini 40% kelas X, 35% kelas XI, 25% kelas XII. Jadi, bagi yg dari SMK, jangan kecil hati, rata2 soal yg keluar itu dari tingkatan dasar.

Offline

#13 06 Nov 2009 08:23

hazardaen
Member
From: Indonesia
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

ujian SIMAK itu, pilihan ganda kan ???

Offline

#14 07 Nov 2009 10:00

dudulalala
Member
From: Jakarta
Registered: 19 Oct 2009
Posts: 469
Website

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

iyo, pilihan ganda
tapi sistem penilainnya minus, setiap jawaban yang salah akan dikurangi satu poin, benar tambah empat poin, dan tidak diisi nol poin. big_smile

Offline

#15 07 Nov 2009 14:27

dinggul
Member
From: Indonesia
Registered: 24 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

model soal persis kaya' SNMPTN.. yg paling ogah tu yg ada hubungan sebab akibat.. bikin pu'ing.. =P

Offline

#16 17 Nov 2009 14:34

hazardaen
Member
From: Indonesia
Registered: 23 Oct 2009
Posts: 6

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

maksudnya sebab akibat apa ya ???

Offline

#17 17 Nov 2009 15:28

bagus
Member
From: Indonesia
Registered: 17 Nov 2009
Posts: 4

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

kalau dari smk itu untuk menghadapi simak itu belajar mata pelajaran apa ya?

Offline

#18 17 Nov 2009 16:03

admin
Administrator
Registered: 08 Sep 2009
Posts: 1,202

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

untuk mengetahui materi yang di ujikan dalam SIMAK UI, silahkan lihat di http://penerimaan.ui.ac.id/get/PenerimaanUI2010.pdf

Offline

#19 19 Jan 2010 18:32

admin
Administrator
Registered: 08 Sep 2009
Posts: 1,202

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

Christovani wrote:

hmm..slmt sore semuanya..

saya mau tanya, apakah kalau dari sekolah menengah farmasi (SMK) bisa mendaftar juga??

ambil paketnya yang ipa ips atau ipc?? thx..

Sekolah menengah farmasi dapat mendaftar untuk SIMAK UI. Mengingat mata pelajarannya secara keseluruhan cenderung kajian IPA, maka anda termasuk berasal dari kelas IPA.
Meskipun berasal dari kelas IPA anda diperkenankan untuk mendaftar sluruh program studi IPA, seluruh program studi IPS, atau memilih bebrapa program studi IPA dan IPS sekaligus (IPC).
Ketentuan dan persyaratan pilihan program studi dapat dilihat di http://penerimaan.ui.ac.id/id/period/requirement/261

Offline

#20 24 Jan 2010 14:14

Ruruumyu
Member
From: Indonesia
Registered: 19 Jan 2010
Posts: 10
Website

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

anak SMK harus belajar 2x lipet lagi dari anak SMA..
aku anak SMK, yang harus puter otak gimana caranya belajar materi ips SMA selama 3 tahun, dalam 3 bulan...

Offline

#21 28 Jan 2010 08:58

atul
Member
Registered: 04 Jan 2010
Posts: 432

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

semangat...

Offline

#22 28 Jan 2010 19:24

irhaby
Member
Registered: 23 Jan 2010
Posts: 26

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

dear admin...

ane mo nnya ne...ane kan lulusan taon 2009 lah mo ikut test SIMAK-UI itu nantinya pas mau nyerahin berkas-berkas ijazah apakah hrus ijazah asli apa yg foto kopian ???????????

trus sma nilae kelulusan max brpa ???

syukron....

Offline

#23 29 Jan 2010 09:29

yuwakey
Member
From: Indonesia
Registered: 21 Jan 2010
Posts: 97

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

irhaby
irhaby,, sudah melakukan pendaftaran belum? ente nyerahin berkas2 ijazah tuh buat apa??
pendaftaran kan ga pake acara serah2an... yang perlu di upload buat mendaftar s1 itu cuma foto kok (kecuali KKI yang juga harus menyertakan TOEFL).
masalah berkas2 itu nanti kalo ente udah diterima gan...
afwan....

Offline

#24 30 Jan 2010 07:39

irhaby
Member
Registered: 23 Jan 2010
Posts: 26

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

yuwakey....

oh gtu toh....suicide.gif tease.gif handshake.gif call.gif

Offline

#25 30 Jan 2010 09:44

aqu_puty
Member
From: Indonesia
Registered: 21 Jan 2010
Posts: 174

Re: apakah kesempatan untuk SMK negeri sama besarnya dengan SMA negeri

SEMANGAT BUAT NAK SMK...
meskipun pelajarannya gak sama kyk sma,,tp qta harus banting tulang buat BELAJAR...!!!!up.gif

Offline

Board footer

Powered by FluxBB